5 Crypto dengan Berita Potensial Saat Pasar Crypto Bergerak Positif

Naufal Muhammad

26th July, 2021

Pekan ini nampaknya pasar crypto dibuka dengan kondisi yang positif bersama dengan naiknya harga Bitcoin akibat banyaknya sentimen positif.

Setelah adanya sentimen positif dari acara “The B Word” saat ini mayoritas crypto bergerak naik lagi akibat adanya sentimen positif untuk Bitcoin dari Amazon.

Dalam kondisi positif ini terdapat beberapa crypto yang memiliki potensi sentimen positif dari sisi internalnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dituliskan lima crypto potensial yang memiliki kabar positif dan berpotensi mempengaruhi pergerakan harganya.

1. Ethereum (ETH)  

Pertama adalah Ethereum yang nampaknya masih mengalami sentimen positif akibat adanya acara Ethereum Community Conference atau EthCC.

Acara ini baru saja memberikan beberapa kejelasan mengenai kondisi komunitas dan ekosistem Ethereum dan bagaimana rencana ke depannya.

Dalam acara tersebut, juga terdapat konfirmasi mengenai London Hard Fork langsung dari Vitalik Buterin.

Ia mengatakan bahwa London Hard Fork akan tetap berjalan pada 4 Agustus 2021. Saat ini mayoritas developer utama masih memastikan semua berjalan lancar.

Kabar tersebut dapat menjadi sentimen positif untuk Ethereum menuju tanggal 4 Agustus 2021 sebab akan ada dorongan beli akibat dukungan pada Ethereum.

Selain itu, dengan banyaknya pernyataan positif di EthCC, terutama terhadap Sektor Decentralized Finance, ekosistem Ethereum nampaknya akan semakin besar.

Bersama dengan konfirmasi kabar mekanisme Burn pada London Hard Fork, kemungkinan besar ETH akan mengalami apresiasi cukup signifikan.

Dari sisi teknikal saat ini Ethereum sedang bergerak naik bersama mayoritas crypto lainnya, sehingga terdapat potensi koreksi sebelum naik lebih tinggi.

Hal ini disebabkan tekanan jual untuk mengambil keuntungan oleh para pedagang jangka pendek, sehingga kemungkinan terjadi koreksi kecil.

Grafik Harian ETHUSD

Untuk saat ini nampaknya Ethereum sedang menolak untuk naik lebih tinggi dan masuk ke zona batas atasnya.

Untuk menjaga apresiasi Ethereum harus menjaga batas bawah pada $2085 hingga $1768, karena jika ditembus, kemungkinan apresiasi akan berkurang.

Jika terus naik, kemungkinan besar Ethereum akan menuju daerah antara $2504 hingga $2879 sebelum naik lebih tinggi dan kembali pulih.

2. Helium (HNT)

Kedua adalah Helium yang dikabarkan akan melakukan pembaruan terhadap Helium Console yaitu aplikasi manajemen perangkat untuk developer berbasis internet.

Nantinya Helium Console ini akan berubah menjadi Helium Console 2.0 yang dapat menarik leih banyak developer pada jaringan Helium.

Semakin banyak developer berarti semakin tinggi kemungkinan naiknya jumlah proyek pada jaringan Helium, yang dapat meningkatkan volume pada jaringan.

Selain itu, Helium juga akan melakukan Halving untuk HNT yang dikabarkan akan terjadi dimulai dari 1 Agustus 2021.

Kemungkinan besar Halving ini akan membuat jumlah HNT lebih terbatas. Jika permintaannya terus naik, kemungkinan besar harganya juga akan naik.

Dari sisi teknikal, saat ini HNT sedang bergerak naik menuju zona batas atasnya yang menjadi tanda positif setelah harganya naik dari batas bawahnya.

Grafik Harian HNTUSD

Selama HNT dapat menjaga batas bawahnya sejak Maret 2021 yaitu pada $9 hingga $7 kemungkinan HNT dapat naik hingga $14.7.

Jika berhasil menembus harga tersebut, kemungkinan besar HNT dapat terus naik hingga $18.3 atau bahkan mencapai $21.4 dan bergerak pulih.

3. Fetch.ai (FET)

Ketiga adalah Fetch.ai salah satu proyek crypto yang mengedepankan perkembangan teknologi secara umum.

Salah satu kabar utama yang penting dari FET adalah pembaruan jaringan utama atau Mainnet-nya yang kemungkinan dapat menjadi sentimen positif.

Pembaruan tersebut akan membuat adanya ketertarikan yang meningkat kepada FET akibat jaringannya yang akan lebih efisien untuk menampung pertumbuhan teknologi.

FET saat ini fokus untuk beberapa perkembangan saat ini seperti Web 3.0, Machine Learning, dan Artificial Intelligence.

Sehingga dengan pembaruan jaringannya yang membuat lebih efisien dan juga adanya beberapa adopsi terbaru untuk sektor riil, kemungkinan harganya juga dapat naik.

Dari sisi teknikal, saat ini FET sedang bergerak turun setelah mengalami apresiasi yang cukup signifikan akibat terhenti oleh batas atas.

Grafik Harian FETUSD

Namun FET tetap berusaha naik menuju batas atas pergerakannya yang kemungkinan dapat menjadi penentu pergerakan selanjutnya.

Jika berhasil menembus batas atas pada $0.36 kemungkinan FET dapat naik hingga $0.44 atau bahkan menuju $0.62.

Namun jika kembali turun, kemungkinan besar tujuan selanjutnya adalah kembali pada batas bawah yaitu pada $0.27 hingga $0.18.

4. Flow (FLOW)

Keempat adalah Flow yang dikabarkan akan menjadi platform untuk penerbitan salah satu NFT atau Non Fungible Token berbasis seni utama di dunia olahraga.

Hari ini, 26 Juli 2021, Flow akan menjadi tempat terbitnya NFT NFT salah satu tim olahraga terbesar di dunia basket.

Tim tersebut adalah Chicago Bulls yang merupakan salah satu tim dengan pendukung terkuat yang kemungkinan dapat meramaikan jaringan Flow.

Dengan adanya peluncuran ini, kemungkinan akan ada peningkatan volume pada jaringan Flow akibat adanya publikasi melalui NFT ini.

Hal ini disebabkan Flow merupakan jaringan yang dikhususkan untuk membantu pertumbuhan NFT di segala sektor.

Saat ini Flow juga telah menjadi rekan utama untuk beberapa platform NFT seperti CryptoKitties, NBA Top Shot, dan beberapa platform NFT seni dan permainan.

Pertumbuhan ekosistem Flow juga terlihat terjadi dengan kecepatan yang cukup baik bersama dengan pertumbuhan sektor NFT saat ini.

Dari sisi teknikal, saat ini FLOW sedang terlihat turun setelah terhalang oleh batas atas pergerakannya.

Namun kabar baiknya FLOW masih berada di daerah batas atasnya yang masih menjadi kemungkinan untuk harganya naik kembali.

Grafik Harian FLOWUSD

Jika berhasil menjaga apresiasi dan tidak melewati $16.21 kemungkinan harganya dapat naik kembali menuju $25.36 hingga $29.55.

Namun apresiasi tersebut harus melewati $20 yang jika gagal ditembus dan terus bergerak turun, dapat membawa FLOW menuju $11.4 hingga $6.

5. Icon (ICX)

Terakhir adalah Icon yang dikabarkan akan meluncurkan jaringan kerja sama dengan beberapa perusahaan besar untuk meluncurkan paspor vaksin.

Paspor vaksin adalah tanda paspor untuk masyarakat yang ingin pergi keluar negeri yang wajib ditunjukkan dan akan disambungkan dengan status vaksinnya.

Sehingga paspor tersebut akan menunjukkan bahwa individu yang ingin pergi tersebut telah resmi divaksin dan terjaga dari penularan Covid-19.

Kabar ini dapat membuat kesadaran terhadap baiknya jaringan Icon dan dapat menjadi publikasi positif untuk mendorong harganya naik.

Dari sisi teknikal saat ini ICX sedang berusaha keluar dari zona batas bawahnya yang nampaknya baru akan mendorong apresiasi jika batas atas berhasil dilewati.

Grafik Harian ICXUSD

Batas atas yang harus dilewati terlihat berada pada $0.92 yang jika ditembus dapat membawanya menuju $1.3 hingga $1.6 dan mulai kembali pulih.

Namun untuk saat ini apresiasi harus terus menjaga batas bawahnya sejak awal Februari 2021 yaitu pada $0.69 untuk menjaga apresiasi.

*Disclaimer

Seluruh analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan resmi untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.