Mengenal Game NFT Lewat KAKA NFT World

Anisa Giovanny

16th July, 2021

Salah satu kegunaan blockchain yang mudah ditemukan adalah untuk game Blockchain.  Singkatnya, game blockchain, sebagai kombinasi dari teknologi blockchain dan industri game, juga merupakan skenario yang paling sesuai untuk penerapan teknologi blockchain selain mata uang dan keuangan. Di era ini ada pula NFT yang membuat game berlandaskan teknologi terdesentralisasi itu semakin di kenal.

Fitur-fitur yang melekat pada blockchain (misalnya, iterasi kontrak pintar dan sistem pengawasan blockchain) menghadirkan vitalitas baru bagi game, kini juga ada NFT namun sayangnya teknologi ini masih perlu dieksplor lebih jauh karena bisa dibilang belum “matang” walau begitu, potensi NFT tak terbatas dan menarik untuk diulik di masa depan.

Salah satu permainan yang menggunakan NFT  game Troland yang dibuat oleh KAKA NFT WORLD membangun eksperimen sosial dari metaverse. Ini menyatukan likuiditas, kesenangan, kemampuan finansial, dan utilitas nyata melalui pengembangan kartu permainan yang beragam secara fungsional.

Ada dua jenis kartu di Troland KAKA, kartu IP NFT dan kartu NFT 110 karakter Troland yang diterbitkan melalui kontrak ERC-721 dan ERC-1155.

Gamer NFT berpengalaman sudah familiar dengan kedua protokol tersebut. ERC-721 mengambil alih dunia dengan CryptoKitties sebagai aplikasi pertamanya.

Ini terbatas pada token yang tidak dapat dipertukarkan dan hanya mendukung transaksi satu token pada satu waktu. Ini berarti bahwa penerbitan setiap token baru memerlukan penerapan kontrak pintar baru (misalnya satu kontrak pintar untuk CryptoKitties, satu lagi untuk CryptoCuties, dan lain sebagainya.)

ERC721 dan ERC1155

ERC-1155, diusulkan oleh Enjin CTO Witek Radomski, adalah antarmuka standar yang mendefinisikan banyak entitas/token dalam satu kontrak pintar. Ini memungkinkan transaksi beberapa ID token sekaligus. Ini berarti bahwa satu kontrak pintar dapat menyimpan token yang tak terhitung jumlahnya.

Saat ini, KAKA yang berfokus pada platform agregator IP global, telah menerbitkan tiga koleksi kartu IP melalui kontrak ERC-721, yaitu sebagai berikut:

Kartu NFT edisi terbatas Marvel bekerja sama dengan DODO: kartu dari 11 karakter Marvel IP (Captain America, Iron Man, Black Widow, Venom, Spider-Man, War Machine, Hulk, Thor, Hawkeye, Ant-Man, dan Black Panther) dapat bergabung dengan kartu Marvel lainnya dan membuat kartu dengan level lebih tinggi atau dapat ditukar dengan kartu fisik resmi Marvel yang dilindungi pemalsuan;

KAKA bekerja sama dengan TheForce.Trade meluncurkan Lelang Kotak Misteri NFT Edisi Terbatas Paul Frank. 15 kartu Marvel NFT baru, 10 kartu di Paul Frank: Nine Sons of the Dragon Series, dan kartu naga edisi khusus ditawarkan. Kartu bisa menyatu; dan kartu Paul Frank dapat digunakan untuk membuka Kotak Misteri;

KAKA meluncurkan penjualan Kartu Disney Mickey NFT bersama dengan platform Treasureland. Masing-masing dua kartu dapat digabungkan dan dapat digunakan untuk membuka Kotak Misteri dan berkesempatan mendapatkan salah satu dari 19 cincin berlian edisi terbatas KAKA.

KAKA Gunakan Binance Smart Chain

Meskipun kartu KAKA NFT dikeluarkan melalui protokol ERC-721 dan ERC-1155, sebagian besar tidak berjalan di Ethereum tetapi di Binance Smart Chain (BSC).

Alasan KAKA memilih ini karena masalah dengan biaya gas yang sangat tinggi dan throughput jaringan di Ethereum sepertinya tidak pernah terselesaikan. BSC jauh lebih efisien dalam hal fungsionalitas dan biaya transaksi.

TPS Ethereum sekitar 15. Biayanya sekitar 30 Gwei per transaksi. BSC menawarkan sekitar 1.000 TPS. Biaya transaksinya sekitar 5 Gwei setiap kali. Kecepatan pembuatan blok BSC adalah sekitar 3 detik. Volume harian adalah 5 juta transaksi. Baru-baru ini, ada 1,3 juta alamat aktif di BSC yang merupakan 1,77 kali lipat dari Ethereum dalam periode waktu yang sama.

Selain itu, Binance dikenal menyukai pasar NFT. Oleh karena itu, BSC akan menjadi bidang ujinya.Pada 24 Juni, Binance meluncurkan NFT Marketplace yang akan secara aktif mendukung proyek dari ekosistem NFT di BSC, mengembangkan model NFT + DeFi yang inovatif, dan menciptakan infrastruktur berkinerja tinggi.

KAKA NFT World juga telah hadir. Itu disebut dalam daftar Binance’s Most Valuable Builder (MVB) di antara proyek fase 2 dan menjanjikan.

Landscape NFT di Binance Smart Chain

Pada 1 Juli, KAKA menyelesaikan beta pribadi untuk Troland dan mengungkapkan  jadwal untuk pengembangan di masa depanKAKA mendapat lisensi untuk Saint Seiya dan akan segera mengeluarkan kartu NFT edisi koleksinya.

KAKA telah meluncurkan pembelian kembali kartu di Pasar KAKA dan penjualan paket kartu Grade 1 hingga 5. Kotak Misteri IP akan datang ke Binance NFT Marketplace dan hal menarik lainnya yang akan segera di hadirkan oleh KAKA.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency