Amazon Dorong Harga Bitcoin Naik! Sentimen Positif Lanjutan Setelah The B Word

Naufal Muhammad

26th July, 2021

Amazon, salah satu perusahaan terbesar di dunia, dirumorkan akan segera mengadopsi Bitcoin dan beberapa crypto lainnya.

Rumor ini menyatakan Jeff Bezos, CEO Amazon, membuat pernyataan Amazon akan mengadopsi crypto dan bahkan akan membuat token sendiri.

Kabar ini menjadi sentimen positif yang nampaknya telah berhasil mendorong harga Bitcoin, melanjutkan sentimen positif dari acara “The B Word”.

Amazon Dorong Bitcoin Naik

Rumor yang beredar adalah salah satu “pihak dalam” yang menyebarkan informasi ini menyatakan bahwa Amazon akan memulai dengan adopsi Bitcoin.

Amazon sendiri dikabarkan telah mempelajari dan merancang rencana untuk masuk ke dunia crypto sejak Tahun 2019.

Oleh karena itu, untuk saat ini kabar yang beredar masih dapat dipercaya, dan melihat kondisi saat ini, nampaknya mayoritas investor terlihat positf dan percaya.

Sumber rumor ini masih belum dipublikasi namanya, namun ia menyebarkan kabar ini melalui Surat Kabar London bernama City A.M.

Kabar tersebut selanjutnya resmi disebarkan melalui City A.M. dengan pernyataan utama bahwa Amazon akan menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Dari kabar tersebut, dikatakan bahwa Amazon akan mulai menerima Bitcoin pada akhir Tahun 2021. Laporan City A.M. menyatakan,

“Rencana ini bukan rencana kecil yang berandai-andai untuk mengadopsi crypto. Namun, rencana ini adalah rencana besar yang telah dibicarakan secara matang dan akan menjadi bagian besar dari Amazon.”

Rumor lain yang beredar adalah adanya potensi adopsi beberapa crypto lainnya dimana Bitcoin ini hanya langkah pertama untuk masuk ke dunia crypto.

Sumber menyatakan bahwa semua pernyataan ini datang dari Jeff Bezos langsung, dimana ia juga menyatakan adanya potensi beberapa mata uang crypto lain.

Beberapa crypto tersebut adalah Ethereum (ETH), Cardano (ADA), dan Bitcoin Cash (BCH) sebagai alat pembayaran.

Sumber yang berbicara kepada City A.M. menyatakan bahwa semuanya sudah dalam rencana matang dengan adanya potensi penciptaan token oleh Amazon.

Amazon dirumorkan juga akan membuat crypto sendiri dan akan dipublikasi pada awal Tahun 2022, namun belum ada konfirmasi lanjutan.

Tambahan Sentimen Positif

Kabar rumor ini nampaknya telah berhasil membawa Bitcoin dan mayoritas crypto untuk naik cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Sentimen positif dari Amazon melanjutkan adanya kondisi positif di pasar crypto dengan baru saja adanya sentimen positif dari “The B Word”.

Acara tersebut telah berhasil membawa sentimen positif terutama dengan adanya keberadaan Elon Musk dan Hester Pierce.

Elon Musk, CEO dari Tesla dan Hester Pierce, Komisioner Securities and Exchange Commission, adalah dua tokoh umum yang dianggap tidak bias oleh pasar.

Hal ini disebabkan ranah kerjanya yang tidak berhubungan dengan crypto secara langsung yang membuat biasnya tetap terjaga.

Sehingga nampaknya pandangan positif pada acara “The B Word” telah berhasil membuat dorongan positif kepada pasar crypto.

Sekarang dengan adanya kabar dari Amazon, nampaknya sentimen negatif telah berhasil mulai diimbangi.

Kabar Amazon mengadopsi crypto ini sudah beredar cukup lama namun awalnya hanya berupa spekulasi setelah adanya lowongan kerja bagian mata uang digital dan produk blockchain.

Saat ini nampaknya spekulasi mulai terlihat lebih pasti dengan adanya kabar Amazon ini yang membawa harga mayoritas crypto naik.

Dari sisi teknikal, saat ini Bitcoin terlihat naik secara signifikan dan sedang berada di daerah batas atas pergerakan harga.

Grafik Harian BTCUSD

Saat ini Bitcoin berada di harga $38,129 atau Rp552.603.598 yang nampaknya telah koreksi kecil setelah apresiasi menuju sekitar $39,700 atau Rp575.221.240.

Daerah yang harus terjaga adalah pada daerah antara $37,500 atau Rp543.345.000 hingga $34,500 atau Rp499.877.400.

Untuk terus naik, Bitcoin harus melewati daerah $40,000 atau Rp579.568.000 hingga $44,000 atau Rp637.524.800.

Kemungkinan besar koreksi akan terjadi akibat adanya pengambilan keuntungan secara kecil. Namun jika sentimen positif terus berlanjut kemungkinan besar Bitcoin bisa mulai pulih.

*Disclaimer

Analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.