Event The B Word Bawa Sentimen Positif, Ini Beberapa Poin Pentingnya

Acara “The B Word” yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas pasar telah berhasil dilaksanakan dan terlihat membawa sentimen positif.

Hal ini disebabkan menuju acara tersebut, mayoritas aset crypto terlihat bergerak naik, dan setelah selesai, masih belum terlihat turun signifikan.

Kemungkinan pergerakan ini muncul akibat acara tersebut yang memberikan banyaknya sentimen positif terutama dari sesi utamanya.

Sesi utama tersebut adalah perbincangan antara Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square, Cathie Wood, CEO dan CIO dari Ark Invest, dan Elon Musk, CEO dari SpaceX dan Tesla.

Selain itu sesi yang ditunggu mayoritas pasar adalah sesi oleh Hester Pierce Komisioner dari Securities and Exchange Commission (SEC).

Semua berjalan dengan positif sesuai rencana awal, namun ada beberapa poin penting yang disampaikan pembicara yang perlu diketahui.

Pandangan Positif Sesuai Rencana Pada Sesi Utama

Acara “The B Word” ini adalah acara yang digelar untuk meyakinkan institusi dan juga masyarakat bahwa crypto merupakan sebuah inovasi masa depan.

Walau memiliki beberapa sesi, nampaknya perhatian pasar tertuju pada sesi utama yaitu dengan tiga pembicara, Jack Dorsey, Cathie Wood, dan Elon Musk.

Pernyataan Penting Elon Musk

Perhatian utama tertuju pada Elon Musk dimana ia memberikan beberapa pandangannya mengenai Bitcoin dan pasar crypto secara menyeluruh.

Ada beberapa pernyataan yang nampaknya diambil sebagai sentimen positif oleh investor terutama saat Elon Musk membahas mengenai Eropa.

Ia menyatakan bahwa rekening bank Tesla di Eropa saat ini mengalami penurunan akibat suku bunga yang sedang negatif.

Kondisi tersebut membuat dana perusahaannya dipindahkan kepada Bitcoin dan ia juga bersamaan mengaku bahwa ia, Tesla, dan SpaceX memiliki dana dalam Bitcoin.

Selain itu yang menarik perhatian pasar adalah pernyataannya mengenai portfolio pribadinya, dimana ia menyatakan bahwa di luar saham ia memiliki crypto.

Ia mengatakan memiliki tiga crypto yaitu Bitcoin (BTC) yang merupakan bagian terbesar dari portfolio cryptonya, diikuti dengan Dogecoin (DOGE) dan Ethereum (ETH).

Ia juga menyatakan percaya terhadap masa depan crypto dan ia tidak akan menjual dengan menyatakan bahwa,

“Saya mungkin mendorong harga naik, namun tidak akan mendorong harga turun dengan menjual”

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam mereferensikan reputasinya di sosial media setelah ditanya oleh moderator.

Poin penting lainnya adalah permasalahan energi yang nampaknya menjadi salah satu perbincangannya dengan Cathie Wood.

Elon Musk menyatakan bahwa saat ini ia akan mempertimbangkan untuk mengadopsi Bitcoin kembali untuk perusahaannya.

Namun hal itu akan terjadi jika energi ramah lingkungan yang memiliki persediaan cukup untuk menjaga alat penambangnya dirasa ada.

Jadi untuk saat ini dalam waktu dekat nampaknya belum akan diadopsi kembali namun Elon Musk meyakinkan bahwa ia mendukung dan tidak akan menjual.

Dukungan Penting Cathie Wood

Cathie Wood, CEO dari Ark Invest juga memberikan beberapa pandangan penting mengenai crypto dan Bitcoin.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Cathie Wood adalah salah satu pihak yang percaya terhadap masa depan crypto, sehingga mayoritas pernyataannya adalah dukungan.

Melihat latar belakang Cathie Wood yang merupakan seorang berpengalaman di bidang ekonomi moneter dan makroekonomi, seluruh pandangannya berputar pada hal tersebut.

Salah satu pernyataan yang ia sampaikan yang membuat banyak pihak tertarik adalah pandangannya terhadap Bitcoin.

Pandangan ini adalah pernyataannya mengenai Bitcoin yang dapat digunakan untuk melindungi kekayaan terhadap inflasi dan juga deflasi.

Sebelumnya mayoritas analis menyatakan bahwa Bitcoin hanya dapat melindungi kekayaan terhadap inflasi namun Cathie Wood memberikan pandangan berbeda.

Ia merasa bahwa karena sifat Bitcoin yang terbatas dan permintaannya yang akan terus naik, walau akan ada fluktuasi, nilainya akan terus baik.

Pernyataan ini juga datang kebetulan bersamaan dengan pembelian Ark Invest terhadap GBTC atau Reksadana Bitcoin Grayscale sebesar 140.000 lembar atau Rp47,95 Miliar.

Pembelian tersebut membuat pekan ini terjadi pembelian sebesar Rp145,33 Miliar dalam bentuk GBTC.

Pandangan pelindung deflasi ini muncul setelah Elon Musk membicarakan mengenai saldo rekening Tesla yang turun di Eropa.

Pernyataan menarik lainnya adalah mengenai penggunaan energi dan perbincangannya dengan Elon Musk yang nampaknya belum sepenuhnya dipahami oleh Elon Musk.

Ia menyatakan pandangannya melalui riset yang telah dibuat oleh Ark Invest dan Square mengenai penggunaan energi dalam crypto.

Pandangan tersebut nantinya akan dibahas pada konferensi lain yang juga akan terjadi di Juli 2021 menurut kabar yang beredar.

Jack Dorsey Relatif Positif Namun Netral

Terakhir adalah Jack Dorsey yang nampaknya sepanjang acara hanya memberikan pandangan sesuai apa yang ditanyakan oleh moderator dan panelis lain.

Walau bukan sentimen negatif, Jack Dorsey terlihat memberikan pandangan yang sesuai dengan topik dan tidak memberi pandangan lebih.

Tapi kabar baiknya Jack Dorsey juga terus mendukung potensi pertumbuhan Bitcoin terutama dengan pernyataannya terhadap komunitas dan ekosistem Bitcoin.

Ia menyatakan bahwa Bitcoin memiliki komunitas dan ekosistem yang kuat sehingga keberadaanya akan terus bertahan hingga jangka panjang.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa institusi akan mendapatkan banyak manfaat dari mengadopsi Bitcoin seperti yang telah ia lakukan pada perusahaannya sendiri.

Namun ada satu hal yang terlihat menjadi perhatian utama oleh pasar, yaitu diskusinya dengan Elon Musk.

Diskusi itu muncul saat ia ditanya apakah Twitter akan memperbolehkan pembayaran iklan dengan Bitcoin atau crypto.

Ia menjawab dengan cukup politis dan netral dengan menyatakan bahwa ia tidak akan menolak namun tidak terlihat langsung menjawab untuk menerima.

Tapi ia juga mempublikasi bahwa ia sedang membuat platform sosial media terdesentralisasi bernama Blue Sky.

Kabar tersebut juga menarik perhatian pasar yang berpotensi menjadi salah satu proyek dengan token sendiri dan berpotensi mengalami apresiasi.

Namun kenyataannya proyek ini adalah proyek yang sudah cukup lama, namun publikasi pernyataan tersebut dapat menjadi tanda bahwa peluncuran mulai dekat.

Hester Pierce Tetap Mendukung Crypto

Secara keseluruhan sesi utama tersebut membawa sentimen yang positif akibat mayoritas pernyataan terlihat mendukung masa depan Bitcoin dan crypto.

Tapi di luar sesi tersebut, pasar juga melihat sesi perbincangan dengan Hester Pierce, komisioner dari SEC.

Beberapa poin utama yang diambil dari Hester Pierce adalah pernyataannya mengenai regulasi crypto, mengenai regulasi ETF, dan mengenai dukungannya.

Pertama, poin pentingnya adalah klarifikasi mengenai fokus SEC terhadap crypto yang menurutnya masih sangat kurang.

Ia menyatakan bahwa crypto masih menjadi fokus kecil oleh SEC dan masih banyak pihak yang belum teredukasi secara mendalam.

Oleh karena itu, ia menganggap saat ini SEC perlu meningkatkan kualitasnya dalam meregulasi pasar crypto terutama dengan pertumbuhannya yang tinggi.

Pernyataan ini juga dilengkapi dengan pembahasan mengenai banyaknya pengajuan ETF atau reksadana indeks terkait Bitcoin kepada SEC.

Hester Pierce menyatakan bahwa SEC perlu mendalami lagi mengenai crypto untuk memberikan akses dan tidak menunda atau menolak perizinan. Ia menyatakan,

“Walau SEC bertugas untuk melindungi keamanan investor, menghalangi akses kepada produk tersebut juga bersifat tidak melindungi investor. Sehingga SEC perlu menciptakan kepahaman yang lebih dalam mengenai ETF Bitcoin.”

Terakhir poin utama yang dinyatakannya adalah perubahan jajaran baru terutama dengan adanya Gary Gensler akan membawa pengawasan yang lebih baik.

Saat ini ia menyatakan SEC akan terus berkembang untuk mempermudah pertumbuhan crypto di Amerika agar juga tidak tertinggal dengan negara lain.

Siaran ulang The B Word dapat diakses di sini.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.