Berita Bitcoin · 7 min read

BlackRock Ajukan ETF Bitcoin Spot, Bullish Bagi Bitcoin?

Blackrock ajukan ETF Bitcoin

Di tengah kegaduhan regulasi kripto di Amerika Serikat, BlackRock mengajukan mengajukan Exchange Traded Funds (ETF) spot Bitcoin kepada SEC pada 15 Juni 2023 waktu setempat. Jika disetujui, ini akan menjadi ETF spot Bitcoin legal pertama di AS.

Baca juga: Menilik Perbedaan Gugatan SEC ke Binance dan Coinbase

BlackRock Ajukan ETF Spot Bitcoin

BlackRock telah mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar dengan dana kelolaan US$10 triliun, dan jika mendapatkan persetujuan maka ETF spot Bitcoin ini akan menjadi yang pertama di Amerika Serikat.

Berdasarkan ajuan kepada bursa saham Nasdaq dengan SEC, Coinbase Custody Trust akan menjadi lembaga kustodian dari aset Bitcoin dalam dana tersebut.

Sementara Bank of New York Mellon akan menjadi lembaga kustodian untuk aset fiat. BlackRock’s iShares Bitcoin Trust akan diperdagangkan sebagai Commodity Based Trust Shares.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, SEC belum pernah menyetujui adanya ETF Bitcoin spot, meskipun telah ada banyak pihak yang mengajukan permohonan.

Grayscale sempat mengajukan ETF Bitcoin spot namun ditolak oleh SEC pada 30 Juni 2022. Perusahaan lain yang permohonan ETF Bitcoin spotnya ditolak antara lain: VanEck, Ark Investment, dan WisdomTree.

Seandainya permohonan ini diterima oleh SEC, maka bisa menjadi pertanda bagus bagi Bitcoin karena adanya likuiditas baru yang kemungkinan besar dari institusi yang membeli ETF. Selain itu dengan disetujuinya ETF, komunitas kripto berspekulasi bahwa AS masih sedikit terbuka kepada kripto meskipun akan terlihat tidak konsisten.

Baca juga: ETF Bitcoin Spot Grayscale Ditolak! SEC Beri Harapan Palsu

Reaksi Harga Bitcoin dan Kripto

Setelah berita ini muncul hingga per 16 Juni 2023 pukul 11.30 WIB, harga Bitcoin mengalami peningkatan sebesar +2,62% dari US$24.944 ke US$25.600.

Valuasi pasar kripto juga meningkat sebesar US$21,77 miliar atau +2,22% dari US$982,4 miliar ke US$1,004 triliun.

Gambar: Grafik harga Bitcoin
blackrock kripto
Gambar: Grafik valuasi market kripto

Keputusan persetujuan dari SEC terhadap pengajuan ETF ini kemungkinan besar menjadi acara yang ditunggu komunitas kripto. Jika disetujui maka akan menjadi sentiment bullish untuk Bitcoin dan kemungkinan kripto secara keseluruhan.

Namun jika tidak, kemungkinan market tetap sideways mengingat bahwa hubungan kripto dengan AS memang sedang tidak baik.

Baca juga: Harga Bitcoin dan BNB Anjlok Usai SEC Tuntut Binance

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.