Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Blockchain · 5 min read

Mengenal Polygon (MATIC) Blockhain dengan Gas Fee Murah

Polygon, sebelumnya dikenal dengan nama Matic Network adalah platform blockchain multi-chain yang kompatibel dengan Ethereum. Pada 2020 jaringan Polygon bernama Matic, kemudian berganti menjadi Polygon Network pada Februari 2021.

Blockchain ini bekerja dengan mekanisme konsensus proof of stake dalam memproses transaksi on-chain.

Polygon dapat memproses kecepatan 10.000 transaksi per detik hingga 65.000 transaksi per detik. Token utilitas Polygon adalah MATIC yang kompatibel dengan jaringan ERC-20.

Pendiri Polygon

Polygon didirikan di India pada 2017 oleh empat pendiri, Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, Anurag Arjun, dan Mihailo Bjelic. Namun, Kanani memutuskan mundur dari jabatannya sebagai CEO di tahun ini dengan alasan ingin mengeksplor hal baru.

Baca juga: 3 Eksekutif Resign, Polygon dalam Masalah?

Pada April 2019 di masa penawaran koin awal atau ICO, tim Polygon berhasil mengumpulkan 5,6 juta USD dalam ETH dengan menjual MATIC sebanyak 1,9 miliar keping dalam periode 20 hari.

Cara Kerja Polygon

Polygon dikenal juga sebagai internet pada blockchain Ethereum karena menciptakan ekosistem multi-chain yang mampu berkomunikasi satu sama lain di platform utama Ethereum.

Komunikasi tersebut memungkinkan berbagai kasus penggunaan baru, seperti aplikasi desentralisasi yang dapat dioperasikan (DApps) dan pertukaran nilai sederhana antara berbagai platform.

Secara arsitektur, Polygon terbagi emopat lapis yang terdiri dari lapisan Ethereum, lapisan keamanan, lapisan jaringan Polygon, dan lapisan eksekusi.

Lapisan Ethereum: Sekumpulan smart contract yang diimplementasikan di Ethereum. Smart contract ini menangani hal-hal seperti finalitas transaksi, staking, dan komunikasi antara Ethereum dan berbagai rantai Polygon.

Lapisan keamanan: Lapisan ini mengambil peran “validator sebagai layanan” yang memungkinkan rantai mendapatkan keuntungan dari lapisan keamanan tambahan.

Lapisan jaringan Polygon: Ekosistem jaringan blockchain yang dibangun di atas Polygon. Masing-masing memiliki komunitas sendiri dan bertanggung jawab untuk menangani konsensus lokal dan memproduksi blok.

Lapisan Eksekusi: Implementasi Ethereum Virtual Machine (EVM) Polygon yang digunakan untuk mengeksekusi kontrak pintar.

Tujuan Polygon

Tujuan jangka panjang Polygon adalah memungkinkan interaksi ke aplikasi terdesentralisasi lebih mudah dan membuat berbagai blockchain saling terhubung sekaligus mengatasi berbagai keterbatasan blockchain yang ada, seperti biaya tinggi, skalabilitas buruk, dan keamanan. 

Mengenal MATIC

MATIC adalah token utilitas Polygon yang dapat digunakan sebagai biaya transaksi dalam menggunakan jaringan tersebut. Jumlah MATIC terbatas pada sebanyak 10 miliar keping.

Dari sisi alokasinya, MATIC juga menjadi salah satu crypto yang relatif aman untuk dijadikan tempat untuk investasi jangka panjang. Hal ini disebabkan jumlah MATIC yang miliki oleh pihak tim dan penasehat proyek hanya sekitar 20% dari seluruh persediaan.

Sisa 80% lainnya tersebar yang pada akhirnya juga akan masuk ke pasar secara bertahap. Untuk saat ini persediaan yang sudah masuk ke pasar adalah sekitar 71% dari seluruh MATIC yang ada. Menurut publikasi dari Polygon, seluruh persediaan MATIC akan masuk ke pasar pada Desember 2022.

Kegunaan Matic

Biaya Transaksi

Token MATIC dapat digunakan untuk membayar biaya transaksi di jaringan Polygon. Jika kamu menggunakan aplikasi terdesentralisasi (dApps) atau berinteraksi dengan smart contract di Polygon,kamu memerlukan token MATIC untuk menutupi gas fee.

Staking dan Tata Kelola

Kamu dapat melakukan staking MATIC di jaringan Polygon untuk mendapatkan imbal hasil. Dengan berpartisipasi dalam mekanisme konsensus Proof-of-Stake jaringan, kamu dapat membantu mengamankan jaringan dan mendapatkan token MATIC tambahan sebagai insentif. Selain itu, sebagai pemegang token MATIC, kamu memiliki hak suara untuk keputusan tata kelola jaringan.

DeFi

Token MATIC dapat digunakan dalam berbagai protokol keuangan terdesentralisasi di jaringan Polygon. Kamu dapat meminjamkan atau meminjam token MATIC, menyediakan likuiditas ke bursa terdesentralisasi, atau berpartisipasi dalam yield farming untuk mendapatkan token tambahan.

NFT (Non-Fungible Tokens)

MATIC telah mendapatkan popularitas sebagai blockchain untuk NFT karena skalabilitasnya dan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan jaringan Ethereum.

Baca juga: 5 Blockchain NFT Populer

Transaksi Lintas Rantai

Token MATIC juga dapat digunakan untuk menjembatani aset antara jaringan blockchain yang berbeda. Polygon menyediakan jembatan untuk menghubungkan Ethereum dan jaringan lain yang kompatibel, memungkinkan pengguna untuk mentransfer aset di antara mereka menggunakan token MATIC.

Cara Membeli MATIC

MATIC dapat dibeli di platform perdagangan atau exchange yang tersentralisasi atau terdesentralisasi.

Beberapa platform lokal yang telah teregulasi seperti Pintu, Triv, Tokocrypto, dan Indodax menyediakan MATIC untuk dibeli dengan tukaran nilai USD atau IDR.

Baca juga: Mengenal IDR dan Bedanya dengan IDRT

Untuk melakukan pembelian MATIC di platform lokal, langkah yang perlu dilakukan hanya deposit ke platform tersebut dan melakukan pembelian.

Pembelian dapat dilakukan dengan memilih pasangan crypto yaitu MATIC/USDT, MATIC/BIDR. MATIC/IDRT, atau MATIC/BUSD.

Ketersediaan akan bergantung pada masing-masing bursa, namun yang terpenting adalah memilih crypto bertuliskan MATIC.

Cara lain untuk membeli MATIC adalah melalui bursa terdesentralisasi atau DeX seperti melalui Quickswap.

Quickswap adalah DeX yang bergerak langsung di Blockchain Polygon, blockchain asli dari koin MATIC.

Caranya adalah dengan masuk ke situs berikut dan menyambungkan wallet seperti Metamask ke dalam situs Quickswap.

Sebelum melakukan pembelian, pastikan pengguna sudah memiliki wallet metamask dan sudah melakukan deposit ke wallet tersebut.

Langkah yang dapat dilakukan adalah memilih crypto yang ingin digunakan untuk membeli dan memilih MATIC untuk dibeli seperti gambar di bawah.

Setelah itu, tuliskan jumlah crypto yang ingin digunakan dan klik “Approve” dan klik “Swap”.

MATIC akan secara langsung masuk ke wallet metamask yang digunakan untuk transaksi.

Kegunaan MATIC

Token MATIC merupakan bagian integral dari operasi, keamanan, tata kelola, dan pengembangan jaringan Polygon. Mereka memfasilitasi transaksi berbiaya rendah, memberi insentif pada partisipasi jaringan, dan memungkinkan peran Polygon sebagai solusi penskalaan untuk Ethereum, berkontribusi secara signifikan terhadap ekosistem blockchain dan DeFi yang lebih luas.

Polygon 2.0

Sementara itu, Polygon terus mengembangakan proyeknya dengan mengenalkan Polygon 2.0. Ini adalah peningkatan komprehensif pada jaringan Polygon yang ada, dengan fokus pada penskalaan, interoperabilitas, tata kelola terdesentralisasi, dan pengembangan ekosistem.

Peningkatan ini dirancang untuk memperkuat posisi Polygon sebagai platform terkemuka untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur.

Baca juga: Mengenal Polygon 2.0: Membentuk Masa Depan Skalabilitas Web3

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.