Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula

Felita Setiawan     Tuesday, December 25 2018

Buat kalian yang ingin berinvestasi didunia digital, bisa mencoba investasi mata uang kripto yang lagi naik daun. Bagaimana cara investasi bitcoin untuk pemula agar terhindar dari kerugian pembelian aset?

Ada banyak cara untuk mendapatkan bitcoin, salah satunya dengan menambang dan membeli di bursa kripto. Investasi ini tidak harus bernilai puluhan juta, sekarang bisa dimulai dari yang terkecil, 100 ribu rupiah.

bitcoin 02
Visualisasi Bitcoin

Bitcoin diciptakan untuk memudahkan transaksi pengiriman uang keseluruh penjuru dunia. Karena kecepatan data pengiriman dan tingkat kesulitan dalam membuat mata uang kripto, membuatnya bernilai tinggi.

Baca juga : Cara Beli Bitcoin Mudah Untuk Pemula

Bagi kalian yang ingin terjun kedalam dunia digital, ada dua cara investasi bitcoin untuk pemula yang paling mudah dilakukan. Berikut rekomendasi trik investasi Bitcoin yang bisa dicoba:

1. Cloud Mining Bitcoin

Bagi Anda yang tidak mengerti tentang teknik menambang, saat ini sudah ada cara investasi bitcoin paling praktis. Yaitu dengan membeli Cloud Mining, dimana seluruh operasional akan dikerjakan oleh operator penyedia layanan.

Biaya operasional akan langsung dipotong dari hasil penambangan. Rata-rata profit yang diperoleh berkisar 60 persen, dan 40 persen untuk biaya operasional.

Baca juga: Aplikasi Mining Bitcoin Android Penghasil Terbanyak

Bahkan saat ini sudah tersedia layanan ‘one time cost’, cukup sekali bayar dan tambang bitcoin Anda jalan sepanjang tahun tanpa henti.

Beberapa penyedia layanan Cloud Mining yang terpercaya bisa mendaftar disitusΒ Minergate.

Baca juga: Memilih Situs Terbaik Bitcoin untuk Cloud Mining

2. Trading Bitcoin

Jual beli bitcoin saat ini paling banyak diminati, sehingga sering membuat harga fluktuasi. Harga bitcoin terus melonjak, walaupun sesekali koreksi diharga terendah kemudian bangkit lagi.

Prinsip trading sederhana, yakni membeli diharga murah, menyimpannya selama beberapa hari dan menjualnya ketika harga naik.

Jika kamu belum punya Bitcoin, maka cara yang mudah untuk membelinya adalah beli di bursa. Di PINTU kamu bisa beli Bitcoin atau aset crypto lainnya mulai dari Rp50.000 saja.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang πŸ’°

Baca juga : Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula

Jika fokus di trading, profit dari jual beli bitcoin bisa mencapai 100-200 persen per bulan. Di Indonesia sudah ada bursa perdagangan bitcoin yang resmi sesuai dengan peraturan pemerintah dan Bank Indonesia.

Kamu bisa trading di berbagai bursa yang ada di Indonesia, prosesnya cukup mudah. Pertama melalui proses daftar dan verifikasi, deposit, dan kamu sudah bisa mulai trading atau jual beli Bitcoin.

Baca juga : Cara Daftar Bitcoin di Indodax

3. Mendapatkan Bitcoin Gratis

Anda juga bisa memulai investasi Bitcoin dengan tanpa modal, alias mendapatkannya secara gratis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin atau crypto gratis.

Baca juga : 15 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis.

Airdrop

Airdrop adalah sebuah strategi pemasaran dengan cara membagikan koin atau token gratis kepada para pengguna.

Airdrop biasa dilakukan oleh project/perusahaan baru yang sedang ingin memasuki pasar dan membutuhkan banyak pengguna untuk mendaftar dan mengetahui tentang project mereka.

Program Bounty

Hampir mirip seperti Airdrop, program bounty adalah strategi marketing dengan cara membagikan koin atau token kepada pengguna.

Perbedaannya adalah dalam bounty program, pengguna harus menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Faucet

Reward yang diberikan ini memang tidak banyak hanya berkisar seper seratus juta Bitcoin. Untuk menggunakan Faucet, anda hanya perlu mencari beberapa situs yang menyediakan layanan terpercaya.

Komparasi Faucet gratis

Strategi Investasi Cryptocurrency

Pertama-tama, jika kalian ingin melakukan investasi apa pun itu, maka kalian harus meriset baik-baik tentang apa yang akan kalian investasikan.

Di bawah ini adalah beberapa kiat sederhana namun terbukti bahwa setiap orang harus bekerja menggunakan strategi.

  1. Mempercepat untuk memperlambat: teliti terlebih dahulu setiap cryptocurrency sebelum membeli, setidaknya 1-2 minggu lamanya.
  2. Jangan membeli koin hanya karena harganya naik.
  3. Investasikan sebanyak yang Anda perlukan.

Yang paling penting adalah pikirakan baik-baik keputusan kalian saat memilih target investasi, kalian sendiri yang memegang kendali atas apa yang kalian pilih.

Taget ROI

Mayoritas investor baru rata-rata memiliki ekspektasi yang begitu tinggi dari apa yang mereka harapkan.

Mayoritas investor baru juga tidak pernah menggunakan uang mereka ke dalam bentuk aset keuangan apa pun. Hal itulah yang membuat ide untuk mendapatkan laba 5-10% atas investasi yang dilakukan menjadi membosankan.

Anda bisa memasang target pasar berdasarkan jumlah investasi yang kalian lakukan.

Anda juga dapat menetapkan target dalam hal pengembalian pasar atas investasi selama jangka waktu tertentu dan kemudian menambahkan atau mengurangi jumlah tersebut saat kalian menyesuaikan risiko yang kemungkinan kalian peroleh.

Bagaimana menghitung 2 tahun target ROI?

Sebagai contoh, mari bayangkan bahwa kalian berniat mempertahankan koin meningkatkan jumlahnya dua tahun dari sekarang.

Bagaimana kalian kemudian akan menetapkan target yang realistis?

Salah satu caranya adalah dengan melihat pengembalian cryptocurrency selama 2 tahun terakhir sebagai titik awal.

Idealnya, angka itu harus mirip selama periode pasar dengan apa yang kita alami sekarang. Akan lebih bijaksana untuk melihat 2 tahun belakangan antara 2015 dan 2014.

Memikirkan risiko

Setiap investasi yang kalian lakukan untuk cryptocurrency ada risikonya.

Risiko yang diperoleh dibagi menjadi 3 kategori, yaitu: Risiko minimum, risiko menengah dan tinggi risiko.  Kebanyakan dari apa yang dibeli dan dijual di kripto market harus mempertimbangkan risiko yang tinggi terlebih dahulu.

Baca juga: Minimalisir Kerugian Trading Bitcoin dengan Manajemen Risiko Trading

Cryptocurrency apa yang harus dipilih untuk investasi ?

Cryptocurrency dapat diuraikan sebagai berikut:
  • Core Holdings: BTC, Ethereum, Litecoin, dll.
  • Platform: Ethereum, NEO dll.
  • Privasi: Monero, ZCash, dll.
  • Keuangan: Riak, Stellar, dll.
  • Perusahaan Blockchain: Vechain, Walton dll.
  • Teknologi yang menjanjikan: NANO, Railblock, dll.

Penting juga untuk menyebarkan kepemilikan dan diversifikasi aset Anda – tapi terbatas untuk 12 crypto saja.

Memegang lebih dari 12 crypto sekaligus tidak memungkinkan untuk bisa menilai jumlah risiko yang kalian hadapi secara akurat.

Jika kalian memiliki lebih dari 20 crypto yang berbeda maka itu bisa menjadi ide yang baik untuk mengkonsolidasikannya ke orang lain yang kalian kenal dengan baik.


Nah, itulah cara investasi bitcoin dan tips untuk investasi bitcoin yang bisa dengan mudah dilakukan untuk pemula.

Kamu tidak membutuhkan keahlian khusus dibidang program dan tehnis komputer, cukup gunakan layanan yang ada dan praktis.

Satu lagi, tidak ada program yang benar-benar memberikan bitcoin gratis. Kalaupun ada, biasanya menjual iklan didalamnya.

Poin Penting
  • πŸ’Ž Mengapa Bitcoin sangat berharga?

    Bitcoin mempunyai persediaan yang terbatas, tidak seperti mata uang biasa yang persediaannya tidak terbatas dan seringkali diproduksi.

  • πŸ’° Bagaimana cara investasi bitcoin untuk pemula?

    Bisa dimulai dari mendapatkan Bitcoin gratis, Cloud mining, atau trading.

  • πŸ‘©β€πŸ’» Bagaimana cara mendapat untung dari trading?

    Mencari keuntungan dari trading tentu dengan memanfaatkan selisih harga jual dan beli. Selengkapnya baca Cara Trading Bitcoin

  • πŸ” Berapa jumlah minimal membeli Bitcoin?

    Tidak ada jumlah minimal membeli Bitcoin, namun beberapa Exchange memiliki nominal minimal deposit.

  • 🀝 Apa cara investasi Bitcoin yang paling aman dan terpercaya?

    Tentu dengan melakukan pembelian dan menjualnya di platform exchange.

  • πŸ”¨ Apakah mining bitcoin memberi keuntungan yang besar?

    Saat ini, dibutuhkan biaya puluhan juta untuk mendapatkan bitcoin dari penambangan. Itupun bisa diperoleh dalam beberapa bulan, atau bahkan lebih dari setahun karena tingkat kesulitan semakin tinggi.

  • πŸ“ˆ Apakah trading Bitcoin memberi keuntungan besar?

    Jika fokus di trading, profit dari jual beli bitcoin bisa mencapai 100-200 persen per bulan. Namun perlu diingat trading Bitcoin merupakan investasi high risk - high gain. Harus dilakukan dengan persiapan dan strategi matang.

  • πŸ’» Situs apa saja yang bisa digunakan untuk trading Bitcoin?

    Ada 12 situs trading Bitcoin. Selengkapnya bisa baca artikel Selengkapnya bisa baca artikel berikut .

Artikel Terkait

 Lihat Lebih