5

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Cara Investasi Cryptocurrency, Strategi, Risiko dan Manfaatnya

Jika dulu alat investasi populer hanya berkutat pada emas dan saham, kini masyarakat bisa memilih cryptocurrency sebagai alat investasi. 

Crypto bisa dijadikan investasi karena memiliki harga yang cukup menarik. Anda bisa memulai dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan yang besar karena aset kripto ini memiliki volatilitas yang besar.

Artikel ini akan memberikan informasi soal langkah investasi, strategi, manfaat, risiko, dan pilihan aset crypto untuk investasi.

Langkah Investasi Cryptocurrency

Memahami Pengetahuan tentang Cryptocurrency 

Langkah pertama untuk menjadi investor crypto adalah mencari informasi seputar cryptocurrency dan memahaminya. Anda harus mengerti cara kerja crypto dan memahami istilah-istilah yang ada di dunia crypto.

Hal ini akan berguna bagi Anda agar saat memutuskan untuk melakukan investasi atau kegiatan trading Anda tidak akan bingung.

Untuk belajar atau mendapatkan informasi soal crypto dapat diperoleh dari berita, trader ahli hingga menonton video edukasi seputar cryptocurrency. 

Baca juga: Cara Investasi Bitcoin

Terdaftar di Exchange

Selanjutnya, Anda terdaftar di exchange sebelum memulai investasi. Sebaiknya Anda terdaftar di exchange yang sudah terdaftar di Bappebti. Jika sudah memilih selesaikan proses pendaftarannya, dari mulai verifikasi hingga deposit.

Baca juga: Daftar Platform Bitcoin Legal di Indonesia

Melihat Market 

Jika Anda memilih investasi jangka pendek, tentu Anda harus senantiasa melihat pergerakan market.

Karena crypto mempunyai volatilitas yang tinggi, maka jika Anda kehilangan peluang belum tentu keuntungan yang ingin didapatkan akan kembali.

Untuk mengatasi ini, sebaiknya Anda juga mempelajari soal analisis teknikal dan fundamental agar bisa menentukan waktu yang tepat untuk open posisi dan melakukan transaksi.

Baca juga: Tips Memilih Aset Cryptocurrency yang Legit

Tentukan dalam sehari berapa kali Anda memantau market, jika Anda investasi jangka panjang maka Anda bisa melihat market dalam frekuensi lebih jarang, bisa satu minggu, satu bulan sekali tau lebih dari itu.

Jangan Fokus pada Satu Koin 

Sebaiknya Anda berinvestasi di beberapa koin, hal ini berguna untuk meminimalisir kerugian. Misal Bitcoin sedang buruk, maka Anda bisa melakukan transaksi dengan mata uang kripto lainnya.

Cara ini berguna salah satunya untuk jaga-jaga jika mata uang crypto ada yang kolaps, setidaknya Anda masih memiliki pilihan koin yang bisa dijadikan investasi untuk menutup kerugian dari koin lainnya.

Paling tidak belilah dua mata uang kripto yang Anda yakini bisa mendatangkan keuntungan dan pahami pergerakan harganya dengan analisis yang sesuai dengan Anda.

Mulai Investasi dengan Jumlah Kecil 

Anda bisa memulai investasi dengan modal yang tidak terlalu besar dulu, dan beli koin secukupnya disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Sebaiknya berinvestasi dengan uang yang tidak Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi memang uang yang Anda niatkan untuk modal investasi ke cryptocurrency.

Tentukan Strategi

Investasi Jangka Panjang

Investasi dalam jangka panjang ini maksudnya Anda bisa membeli cryptocurrency dan kemudian menyimpannya sesuai dengan periode waktu yang Anda inginkan. Anda bisa menyimpannya dalam periode bulanan atau tahunan.

Seperti yang diketahui, harga crypto terutama Bitcoin dari tahun ke tahun mengalami pergerakan yang cenderung baik.

Jadi jika Anda membelinya tahun ini dan menjualnya tahun depan bisa jadi Anda mendapatkan keuntungan berlipat ganda. 

Cara ini tidak rumit, tapi Anda harus bisa mengatur emosi dan manajemen risiko yang baik agar  tidak mudah terpengaruh perubahan harga Bitcoin atau mata uang digital lainnya.

Baca juga: Mau Trading Nyaman dan Tenang? Ikuti Langkah Psikologi Trading Ini

Investasi Jangka Pendek 

Kebalikan dari investasi jangka panjang, maka investasi jangka pendek dilakukan dengan waktu yang lebih pendek. Orang yang memilih investasi ini bisa mengambil waktu dalam hitungan detik, menit hari atau beberapa bulan saja.

Baca juga: 7 Tips Investasi Buat Kamu yang Bergaji UMR!

Contoh sederhana, misal Anda membeli BTC di harga $9.000 pada pukul 13.00 WIB. Kemudian pukul 13.10 WIB BTC mengalami kenaikan menjadi $9.200, dan Anda menjual BTC yang Anda beli 10 menit lalu untuk mendapatkan keuntungan senilai $200.

Cara ini biasanya digunakan bagi pengguna yang ingin mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu besar namun cepat dan konsisten. 

Keuntungan investasi ini adalah Anda tentu bisa merasakan profit dalam waktu singkat, namun untuk memilih jenis strategi ini dibutuhkan waktu, keahlian untuk membaca market agar Anda bisa masuk ke market di waktu yang tepat untuk mendapatkan profit.

Baca juga: 5 Cara Untung dari Trading Futures

Manfaat Investasi Cryptocurrency

Manfaat investasi cryptocurrency
Manfaat investasi cryptocurrency

Beberapa keuntungan dari investasi aset digital atau aset kripto adalah sebagai berikut.

High Return

Investasi crypto termasuk investasi dengan pengembalian yang tinggi, harganya bisa naik puluhan bahkan ratusan persen hanya dalam hitungan minggu atau bulan. Namun perlu diingat karena ia high return maka ia juga high risk.

Cepat dan Mudah

Beli aset crypto dan menyimpannya sangat mudah bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan menggunakan smart phone dan mengunduh platform jual beli crypto. Prosesnya pun cepat tidak sampai satu jam dari proses daftar pengguna sudah bisa berinvestasi crypto.

Aman dan Transparan

Seluruh transaksi aset crypto tercatat di blockchain yang tidak bisa diubah dan dipalsukan. Selain itu transaksi crypto menggunakan identitas pesudonim di mana identitas pengguna hanya berupa huruf dan angka, sehingga identitas pengguna pun bisa lebih aman.

Setiap pengguna cryptocurrency bisa melihat semua transaksi yang sudah pernah dilakukan.

Namun, tentunya pengguna tetap tidak akan bisa mengetahui transaksi tersebut dilakukan oleh siapa karena hanya dalam bentuk angka tanpa identitas.

Crypto memiliki status legalitas yang jelas di Indonesia dan tercatat sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Sudah banyak platform yang terdaftar di Bappebti sehingga pengguna di Indonesia bisa berinvestasi denga naman dan nyaman.

Pahami Risiko

Seperti yang sudah dituliskan meski investasi crypto dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi sama halnya dengan risiko yang diberikan. Beberapa risiko investasi crypto adalah sebagai berikut.

Fluktuatif

Aset crypto memiliki harga yang sangat cepat berubah dan sulit diprediksi, hal ini membuat penurunan harga dan kerugian bisa berlangsung secara tioba-tiba dengan jumlah yang besar.

Untuk meminimalisir sifatnya yang fluktutif ini perlu dilakukan manajemen risiko yang tepat.

Rawan Peretasan

Apabila kamu menggunakan wallet yang senantias terhubung ke internet, maka risiko lainnya adalah rawan peretasan. Jika tidak mengamankan crypto dengan baik, crypto bisa saja hilang dan tidak ad acara mengembalikannya.

Untuk mengatasi hal ini, maka pengguna bisa memilih wallet yang saman dan memiliki asurasi penggantian ganti rugi apabila kasus peretasan terjadi.

Baca juga: 9 Tips Memilih Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin) Terbaik

Pilihan Investasi Cryptocurrency

Sebaiknya untuk investasi crypto pilihlah aset yang masuk ke dalam 10 besar kapitalisasi pasar, yang bisa dilihat di Coinmarketcap.

Beberapa aset yang masuk ke dalam katergosi tersebut umumnya memiliki fundamental yang bagus, dimiliki oleh banyak investor, dan telah teruji dalam berbagai kondisi pasar.

Selain itu aset yang masuk ke peringkat 10 besar umumnya akan mengalami kenaikan setelah mengalami penurunan, sehingga lebih aman dijadikan investasi.

Aset-aset yang memiliki kapitalisasi besar di antaranya adalah Bitcoin, Ethereum, Ripple, Cardano, Solana, Terra, dan sebagainya.


Berinvestasi dengan cryptocurrency akan menguntungkan jika Anda memahami cara kerjanya. Selain itu investasi dengan crypto ini termasuk jenis investasi yang high risk dan high gain oleh karena itu sebelum Anda terjun ke dunia ini sebaiknya Anda sudah memahami crypto dan mengetahui risikonya.

Selamat berinvestasi!

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

🔎 Apa strategi investasi cryptocurrency ?

Ada strategi jangka panjang dan jangka pendek

📝 Apa yang dimaksud investasi jangka pendek ?

Investasi ini melakukan kegiatan jual beli lebih sering untuk mendapatkan profit yang sedikit tapi cepat dan terus menerus

🔎 Apa yang dimaksud investasi jangka panjang ?

Investasi ini menaham aset crypto dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan harga yang ingin dicapai

💰 Apa saja langkah-langkah untuk memulai investasi ?

belajar mengenai cryptocurrency, terdaftar di exchange, pilih strategi, belajar melihat market dan lainnya

📌 Di mana bisa mendapatkan aset crypto ?

Anda bisa mendapatkannya di exchange atau bursa cryptocurrency

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin