Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Altcoin Season dan Cara Mengetahuinya

Altcoin season adalah istilah yang mengacu ketika mayoritas altcoin di pasar crypto bersikap bullish atau mengalami kenaikan.

Altcoin di sini mengacu kepada aset selain Bitcoin, misalnya ETH, DOT, LINK, ADA, XRP, SOL, dan lain-lain.

Siklus ini umum terjadi di pasar crypto dan seringkali membawa keuntungan bagi para investor yang telah memiliki banyak altcoin.

Siklus altcoin ini menjadi penting bagi berjalannya dunia crypto, apa alasan terjadi alt season, kenapa ia penting, bagamana mengetahui waktu musim altcoin berikutnya, dan cara memanfaatkannya. Selengkapnya akan dibahas di artikel berikut.

Baca juga: Apa itu Altcoins?

Penyebab Altcoin Season

Harga Bitcoin tidak akan terus meroket, kadang ia akan mengalami koreksi, selain itu harga BTC saat ini tidak mengalami volatilitas dan fluktuasi yang terlalu besar.

Hal tersebut disebabkan karena Bitcoin sudah mendapatkan adopsi luas, didukung dengan perusahaan ternama yang memasukkan Bitcoin ke neracanya.

Karena ini tentu investor mencari alternatif lain untuk terus meraih keuntungan, dan pilihan pun jatuh kepada altcoin yang masih belum stabil. Jadi, ketika ia untung nilainya bisa naik ratusan persen, tetapi ini juga sepadan dengan risiko yang diberikan.

Baca juga: Altseason Kembali, Analis Cuan Banyak dari 7 Altcoin Ini!

Umumnya ketika altcoin dengan volume market yang besar naik, maka akan diikuti dengan crypto-crypto di bawahnya dan memunculkan efek domino yang membuat mayoritas market altcoin berwarna hijau dan terjadilah altcoin season.

Proses terjadinya Altseason

Proses terjadinya alt season. Sumber: Snoozap

Proses terjadinya musim altcoin ini umumnya dibarengi dengan Bitcoin Dominance yang menurun. Alt season sebelumnya terjadi ketika dominasi Bitcoin di 50%.

Melihat ini investor akan menjual Bitcoin yang mereka miliki dan menukarnya dengan fiat atau stablecoin seperti USDT atau USDC.

Semakin banyak penjualan Bitcoin ke stablecoin yang terdeteksi maka akan menciptakan FOMO untuk investor lainnya, dan akan membuat gelombang penukaran BTC untuk dibelanjakan ke altcoin lain terjadi, dari sini market altcoin akan naik dan terjadilah altcoin season.

Kapan Terjadinya Altcoin Season?

Tidak ada yang tahu pasti kapan altseason terjadi, tetapi ada beberapa indikator yang bisa membantu memprediksi altseason.

Misalnya melihat Bitcoin Dominance, apabila nilainya turun, dan marketcap altcoin naik bisa jadi altseason akan segera atau sedang berlangsung. Kedua melihat altcoin season index yang dikeluarkan Blockchaircenter.

Index altcoin season. Sumber: Blockchaincenter.

Dari gambar ini menunjukan  bahwa altcoin season belum tiba karena nilinya masih 27, apabila nilanya terus naik melebihi 75 artinya musim altcoin sedang terjadi.

Selain kedua indikator itu, kamu juga bisa megikuti kabar-kabar terbaru dari altcoin favoritmu dan memantau investor besar yang terlibat dalam perkembangan sebuah altcoin.

Dengan begitu, setidaknya kamu bisa memprediksi ke mana arah pasar bergerak.

Cara Memanfaatkan Altcoin Season

Beli Altcoin

Membeli altcoin ketika sedang bullish bisa dilakukan dengan metode DCA untuk proyek yang memiliki vis misi bagus jangka panjang.

Kamu juga bisa mempertimbangkan altcoin yang kapitalisasi pasarnya belum besar dan berpotensi ikut terdorong karena kondisi positif yang terjadi di market.

Untuk mendapatkan altcoin berkualitas kamu perlu melakukan riset dan mempertimbangka segala risiko yang ada.

Trading

Ya, momentum bullish kerap dimanfaatkan trader untuk trading altcoin karena perubahan harga aset ini masih sangat besar dan bisa menjadi peluang untuk meraih keuntungan.

Namun trading bukan untuk semua orang, kamu perlu melakukan analisa teknikal agar trading bisa menguntungkan dan bukan sebaliknya.

Baca juga: Trading Bitcoin dan Crypto? Panduan Lengkap untuk Pemula

Altcoin Populer

Ada berbagai altcoin yang diprediksi akan meroket begitu altcoin season tiba.

Di antaranya adalah altcoin dengan kapitalisasi pasar yang besar atau masuk ke top 10 di coinmarketcap, yaitu: ETH, BNB, ADA, XRP, SOL, DOT, LUNA, DOGE, USDT, dan USDC.

Kamu juga bisa memantau perkembangan altcoin yang erat kaitannya dengan DeFi, NFT, dan Metaverse yang kini sedang ramai diperbincangkan dan terus dikembangkan.

Baca juga: Prediksi Altcoin yang Akan Meroket 2022

Kesimpulan

Alt season adalah musim di mana altcoin naik secara serentak, periode ini umum terjadi ketika aliran dana lebih besar kepada altcoin daripada Bitcoin yang mendominasi crypto.

Ada berbagai penyebab dan indikator yang bisa dijadikan acuan terjadinya musim altcoin ini. Musim ini juga merupakan kesempatan bagi trader atau investor untuk mencari keuntungan dan medisversifikasikan portofolio crypto yang dimiliki.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin