10 Game Metaverse Terbaik 2022

Istilah metaverse semakin populer, semakin banyak bisnis yang mulai mempertimbangkan statusnya sebagai teknologi masa depan yang menguntungkan.

Salah satu industri yang mulai mengusung konsep dunia virtual itu adalah industri game.

Sudah ada beberapa game metaverse yang tersedia dan bisa dicoba para gamer.

Apa saja game metaverse yang bisa dicoba? Simak jawabannya di artikel berikut.

Sebelum bermain game metaverse, pemain perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil, pc atau perangkat seluler yang kompatibel untuk permainan, dan blockchain wallet jika ingin memainkan permainan game metaverse yang melibatkan penggunaan aset kripto atau NFT.

Berikut ini adalah game metaverse yang bisa kamu coba.

Iluvium

Game ini didasarkan pada blockchain Ethereum, dan ini adalah game RPG dunia terbuka. Konsep inti game ini adalah menjelajahi dunia maya.

Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mengumpulkan entitas berpengaruh yang dikenal sebagai “Illuvials” untuk keuntungan para pemain.

Illuvium memiliki kapitalisasi pasar $ 1 miliar dan berencana untuk diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022. Penggemar Metaverse memuji grafis dan gameplay Illuvium karena kualitasnya yang tinggi dan sifatnya yang imersif.

Second Life

Second Life adalah game Metaverse yang memberi pemain kesempatan untuk membuat avatar dan pada dasarnya memiliki kehidupan kedua di dunia digital.

Pengguna Second Life juga dikenal sebagai ‘Residents’ dan dapat dibuat menjadi seperti aslinya.

Selain itu, Second Life memungkinkan pemain untuk memiliki seluruh pengalaman Metaverse termasuk bertemu dengan pemain lain, menghadiri berbagai jenis acara, dan pada dasarnya menjalani kehidupan kedua di dunia maya.

Axie Infinity

Start-up Vietnam, Sky Mavis, merilis Axie Infinity pada tahun 2018. Terinspirasi oleh Pokemon, game ini menampilkan makhluk fantasi bernama Axies, yang dapat dibiakkan, dibesarkan, dikumpulkan, dan diperdagangkan oleh pemain.

Axies bisa berburu harta karun atau bertarung melawan Axies lain sehingga kamu bisa mendapatkan hadiah. Pemain juga dapat membeli tanah dan rumah untuk tempat tinggal Axies.

Hewan peliharaan virtual dan item lain dalam game ini memiliki nilai dalam bentuk non-fungible token (NFT) atau sertifikat kepemilikan digital yang diatur oleh teknologi blockchain.

Pemain juga dapat mendapatan keuntungan lain dengan menyewakan tiga Axis mereka sehingga mereka  ke orang lain dan mendapatkan keuntungan dari sana,. Mata uang utama gim ini disebut Axie Infinity Shards atau AXS.

Baca juga: Mengenal Game Axie Infinity yang Mendatangkan Cuan

My Neighbor Alice

Jika kamu pernah bermain Farmville, kurang lebih My Neighbor Alice mirip seperti itu. Hanya saja game ini menggunakan blockchain dan bisa menghasilkan NFT yang bisa diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan.

Di game ini pemain bisa bertani, mengembangbiakan hewan, menjual hasil tani, berinteraksi dengan pemain lain dan sebagainya.

Di permainan ini juga terdapat fitur lending NFT yang terintegrasi. Dengan ini pemain bisa meminjam atau meminjamkan NFT.

Pemberi pinjaman diberi imbalan berdasarkan pinjaman mereka dan dapat memperoleh hasil dari proses ini.

Pinjaman didukung oleh penggunaan kontrak pintar, sementara pengguna juga dapat menjual token ALICE dan NFT mereka di marketplace game.

Decentraland

Decantraland adalah gim Metaverse yang sepenuhnya terdesentralisasi, gim ini menawarkan , opsi kepada pemain untuk membangun lingkungan virtual mereka sendiri.

Gamer dapat memilih dari berbagai bagian real estat dan membelinya untuk disimpan sebagai milik mereka. Pemain bahkan dapat menjual tanah virtual mereka atau bahkan menyewakannya dengan imbalan crypto.

Selain itu, Decantraland memungkinkan memberi pemain opsi untuk menjelajahi dan mengunjungi properti lain untuk bersosialisasi dengan orang-orang. Gim ini juga mengadakan berbagai acara sepanjang

Baca juga: Apa itu Decentraland? Panduan untuk Pemula

The Sandbox

Sandbox pertama kali diluncurkan pada 2012 sebagai game seluler oleh salah satu pendiri Pixelowl, Arthur Madrid dan Sébastien Borget dari Prancis.

Ini adalah platform lain yang dibuat pengguna di mana pengguna, direpresentasikan sebagai avatar yang dapat disesuaikan seperti blok yang menjadi pemilik dari apa yang mereka buat melalui blockchain dan kontrak pintar.

Baca juga: Mengenal Game Metaverse The Sandbox (SAND)

Sandbox memiliki tiga produk utama. VoxEdit adalah alat pemodelan 3D tempat pemain dapat membuat avatar, kendaraan, tumbuhan, hewan, alat, dan objek lainnya.

Pemain pun dapat mengekspor kreasi mereka ke produk kedua Sandbox, Marketplace, tempat pemain dapat menjual barang-barang digital Produk akhir adalah Game Maker, dimana pengguna dapat mengembangkan game 3D tanpa menggunakan kode.

MOBOX

MOBOX adalah game crypto Metaverse ketiga paling populer di rantai BNB, MBOX adalah token asli pada platform yang digunakan sebagai aset utilitas utama. Diluncurkan pada April 2021.

MOBOX NFT Farmer memungkinkan pengguna menghasilkan keuntungan dengan MOBOX NFT mereka.

Gim ini menampilkan model play-to-earn yang memungkinkan pengguna mendapatkan hadiah karena berpartisipasi ekosistem.

MOBOX adalah platform GameFi yang berfokus pada komunitas yang dibangun di atas rantai BNB. Bersama dengan penghasil MOBOX NFT, ia juga menampilkan MOMOverse, yang berisi banyak game blockchain.

MOMOverse mencakup pasar NFT, game populer Block Brawler, dasbor untuk mempertaruhkan MBOX dan menghasilkan NFT, dan Moversity.

Alien Worlds

Alien Worlds adalah game crypto Metaverse yang dibangun di atas blockchain WAX dan terintegrasi dengan BNB chain. Gim ini merupakan permainan mining, di mana pemain bisa mining token game yang bernama Trilium (TLM).

Ada dua cara utama untuk menambang Trilium, termasuk menambang menggunakan alat NFT yang dapat dibeli dari AtomicHub, atau mempertaruhkan TLM BNB  untuk mendapatkan hadiah dan NFT langka yang belum tersedia di pasaran.

Bagian terbaik tentang Alien World adalah tidak diperlukan investasi untuk mulai bermain. Pengguna dapat membuat akun dan mulai menambang segera karena pemain menerima sekop gratis.

Namun, perlu diingat bahwa jika ingin mendapatkan imbalan yang besar, pemain perlu membeli alat dengan kualitas lebih baik yang akan memberikan peluang lebih tinggi untuk menghasilkan NFT yang bisa dijual kembali.

Sorare

Sorare adalah permainan sepak bola non-waralaba berdasarkan blockchain Ethereum. Selanjutnya, sekitar 180 klub sepak bola telah mendaftar.

Di Sorare, pemain dapat membeli kartu dan membuat tim fantasi mereka sendiri. Pemegang kartu dapat mencetak poin mengevaluasi kinerja pemain dalam pertandingan secara nyata yang diwakili kartu mereka.

Tim dengan poin terbanyak akan mendapatkan kesempatan untuk mendesain kartu baru seminggu sekali. Sorare adalah salah satu contoh game metaverse yang telah menerima investasi Serie B senilai $680 juta.

Pengguna dengan alamat email yang valid dapat mendaftar secara gratis dan mulai bermain game.

Pemain dapat menggunakan kartu pembayaran, serta transfer bank untuk membeli kartu Sorare NFT. Kartu Sorare NFT tersedia untuk dibeli di lebih dari 40 negara.

ULTRA

Ultra merupakan ekosistem blockchain pertama yang mendorong platform hiburan yang menawarkan layanan yang mendukung blockchain di berbagai game.

Sorotan utama Ultra sebagai permainan metaverse adalah kemampuan jaringan yang bisa memproses 12.000 transaksi setiap detik.

Pemain memperoleh akses ke berbagai layanan terpusat dan terdesentralisasi seperti menemukan, membeli, bermain, dan menjual game serta item dalam game.

Peserta juga dapat berinteraksi dengan influencer favorit mereka dan menonton feed streaming langsung dan  bersaing dalam turnamen dan kontes.  Ultra juga menampilkan token ERC-20 asli yang dikenal sebagai $UOS yang bisa di staking mendapatkan hadiah dalam bentuk NFT super-langka.

Baca juga: Apa itu Staking NFT? Panduan untuk Pemula

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin