Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Yuk! Mengenal Apa Itu Tron (TRX)

Apa Itu Tron (TRX)? 

Tron adalah proyek berbasis blockchain yang diluncurkan pada tahun 2017 silam. Peluncuran Tron cukup unik, karena pada saat itu pihak mereka tidak berusaha untuk mengiklankan kriptografi atau perbaikan terkait desain jaringan.

Blok bangunan dasar Tron, seperti aplikasi terdesentralisasi (dApps), smart contract, token, atau konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan, semuanya dipelopori oleh proyek lain. 

Beberapa oknum pun mengkritik jika mereka kekurangan inovasi dalam proyek. Namun memang banyak yang menyetujui penggunaan fitur yang sudah teruji daripada mencoba membangun sesuatu yang baru dengan segala cara. 

Beda Tron dan Crypto Lainnya

Tron adalah cryptocurrency yang sangat istimewa karena membawa perspektif dan tujuan yang berbeda ke pasar. 

Tidak adanya biaya transaksi untuk Tron, merupakan prestasi yang bisa dikatakan luar biasa. Selain itu, jaringan ini mampu mendukung 2000 transaksi setiap detiknya.

Lantas, apa itu keunikan Tron yang membuatnya berbeda?

Tron memiliki strategi pasar yang berbeda. Mereka lebih berfokus pada pasar Asia. Tron juga sangat bergantung pada publikasi pendiri dan penciptanya, Justin Sun. 

Dengan komunitas pendukung yang sangat aktif, tidak mengherankan bahwa Tron yang masih terdengar “futuristik” berhasil menarik minat investor.

Tron mendapatkan perhatian yang lebih besar sejak tahun 2018 silam. Saat itu perusahaan pengembangan nirlaba di belakang Tron adalah Tron Foundation dan mengakuisisi platform berbagi konten peer-to-peer BitTorrent.

Siapa Pendiri Tron?

Tron didirikan dan diciptakan oleh pengusaha Sun Yuchen (lebih dikenal sebagai Justin Sun). Ia disebut-sebut sebagai salah satu dari “30-Under-30” Forbes di Asia.

Sebelum membuat Tron, Sun telah mendirikan aplikasi konten audio Peiwo. Selain itu, ia bertindak sebagai perwakilan untuk Ripple pada tahun 2015 silam. 

Namun, Sun dikabarkan meninggalkan posisi itu setelah mendirikan Tron Foundation.

Latar belakang bisnis Sun menarik minat investor awal, termasuk pendiri Clash of Kings Tang Binsen, serta CEO startup berbagi sepeda OFO Dai Wei.

Bagaimana Tron (TRX) Bekerja?

Sementara itu, Tron telah menjadi koin terpisah untuk saat ini. Dulu, Tron merupakan bagian dari token ERC-20 berbasis Ethereum.

Jaringan Tronix bekerja berdasarkan beberapa prinsip. Yang pertama adalah desentralisasi. Dimana semua data di blockchain sepenuhnya gratis dan tidak dikendalikan oleh otoritas pusat mana pun. 

Pembuat konten dapat memperoleh token TRX sebagai hadiah untuk memposting konten mereka.

Hal ini juga memungkingkan bagi peminat mereka untuk membuat token mereka sendiri di jaringan Tron. 

Token ini kemudian dapat digunakan dalam aplikasi terdesentralisasi milik pengguna (dApps) di jaringan. Token yang baru dibuat ini didukung oleh token Tron utama.

Tahap akhir dari rencana pengembangan jaringan mencakup dukungan game di jaringan Tron. 

Game-game ini akan benar-benar terdesentralisasi dan pengguna dapat memberi penghargaan langsung kepada pembuatnya jika mereka menikmati game tersebut.

Tron bekerja pada mekanisme konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan. Dalam sistem ini, transaksi divalidasi oleh 27 super representative yang dipercaya untuk menjaga history transaksi. 

Perwakilan super dipilih setiap 6 jam, dan dapatkan koin TRX yang dihasilkan oleh mekanisme sebagai hadiah atas layanan mereka.

Blockchain Tron mendapat blok baru yang ditambahkan setiap 3 detik, dan mereka yang menambahkan blok akan mendapatkan 32 token TRX.

Apa Manfaat Tron?

Manfaat terbesar menggunakan Tron adalah kemampuan untuk membuat konten mereka dan membagikannya tanpa perlu khawatir tentang biaya transaksi yang melumpuhka.

Tron (TRX) baru-baru ini telah mengupgrade jaringan menjadi 4.0 yang mereka sebut dengan Great Journey.

Apa itu Great Journey dan kegunaannya pada Tron?

Great Journey jaringan berkelanjutan yang ditawarkan Tron. Jaringan tersebut menawarkan layanan transaksi yang aman dengan melindungi data penggunanya menggunakan fitur zero-knowledge.

Fitur ini merupakan sebuah fungsi cryptografik yang menawarkan solusi privasi kepada penggunannya dengan menutup alamat dan transaksi yang mereka lakukan.

Sebenarnya Tron masih menawarkan lebih banyak fitur selain privasi. Namun, biaya Tron yang lebih murah memberikan kontribusi terhadap tren mendatang secara bertahap.

Dari sudut pandang pengembang, Tron juga termasuk istimewa karena saat ini sedang dibangun untuk memungkinkan penggunaan bahasa tingkat tinggi untuk fitur smart contractnya. 

Pengembang di masa depan akan dapat menggunakan setiap dan setiap bahasa pemrograman untuk membangun di atas desain perangkat lunak terbuka milik Tron.

Bagaimana Cara Menggunakan Tron?

Jaringan Tron saat ini mampu mendukung berbagai aplikasi dan game. Selain kasus penggunaan utamanya sebagai platform untuk pembuat konten, Tron sering digunakan untuk bertransaksi, karena transaksi melalui Tron tidak dikenakan biaya apa pun.

Tron digunakan sebagai alat pembayaran oleh banyak perusahaan, termasuk Travala, SpendCard, Bitnovo, dan banyak lagi. Selain itu, Tether telah memindahkan stablecoinnya ke jaringan Tron yang disebut USDT-Tron.

Bagaimana Masa Depan Tron?

Visi jangka panjang Tron adalah meningkatnya popularitas konten digital dengan menjanjikan biaya yang lebih rendah serta akses di ruang blockchain.

Dengan banyaknya pengembang dari grup Alibaba yang bergabung dengan tim pengembangan pada akhir 2017, ada rumor bahwa kemitraan antara Tron dan Alibaba mungkin sedang dikerjakan. 

Akan menarik untuk melihat bagaimana platform ini dapat berevolusi untuk memenuhi visi yang telah dibuat.

Top exchange
TRIV
21 Ulasan
Daftar
Pintu
15 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

21 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

15 Ulasan
Daftar