Jaga Nilai TRX, Tron Cairkan Dana $185 Juta

Naufal Muhammad

17th June, 2022

TronDAO, Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang bertanggung jawab untuk menjaga nilai TRX dan USDD dikabarkan baru saja melakukan pencairan dana. 

Pencairan dana dikabarkan mencapai $185 Juta atau 3 Miliar TRX di harga $0.0617 saat ini, dan akan digunakan untuk menjaga nilai TRX dan USDD agar tidak turun lebih jauh. 

TronDAO Cairkan Dana $185 Juta dalam TRX

Tron melalui TronDAO mengabarkan bahwa mereka akan melaksanakan pencairan dana sebesar $185 Juta dalam bentuk 3 Miliar TRX dari beberapa platform.

Platform yang dimaksud adalah beberapa platform pinjaman crypto dengan teknologi Decentralized Finance atau DeFi seperti JustLend dan Centralized Finance atau CeFi seperti Binance. 

Tapi dalam pengumumannya ini, TronDAO tidak merincikan dari platform mana saja penarikan dana akan dilakukan. 

Akibatnya saat ini sentimen terhadap Tron sedang bergerak negatif akibat kurangnya transparansi dan kekhawatiran turunnya likuiditas di sektor DeFi dan CeFi terhadap TRX yang kemungkinan membuat tidak bisanya penarikan TRX oleh investor. 

Dalam pengumumannya tersebut, TronDAO menyatakan bahwa pencairan dana ini dilakukan untuk menjaga likuiditas dana perusahaan agar bisa menjaga nilai seluruh crypto dari proyeknya di pasar crypto. 

Tentu crypto yang dimaksud adalah TRX dan stablecoin baru dari Tron yaitu USDD yang hingga saat ini sayangnya masih bergerak turun. 

Sebelumnya TronDAO juga melakukan penarikan dana dari Binance dengan tujuan yang sama seperti saat ini. 

Penarikan dana tersebut ditambah penarikan terbaru saat ini akan membuat penarikan TRX oleh TronDAO bernilai total 5 Miliar TRX atau $308,5 Juta hanya dalam dua hari. 

Jelas bahwa strategi penarikan dana ini dilakukan untuk menjaga nilai cryptonya terutama mengingat banyaknya kasus crypto yang hancur saat ini. 

Selain itu, saat ini Tron juga memiliki token yang berisiko tinggi yaitu USDD atau stablecoin barunya. 

Sejak terbit, USDD terus disamakan dengan UST atau stablecoin dari Terra yang mengalami kehancuran akibat mekanismenya. 

Jadi TronDAO merasa bahwa langkah penarikan dana ini tepat untuk menjaga nilai USDD yang berujung juga menjaga sentimen positif terhadap TRX. 

Penarikan dana ini juga dilakukan untuk mengurangi likuiditas dari para trader yang membuka posisi short sehingga kemungkinan harga TRX turun lebih jauh menjadi lebih kecil. 

Tapi sayangnya penurunan harga TRX dan USDD masih tidak bisa dihindari dengan TRX yang turun 19,4% sejak 13 Juni 2022 dan USDD yang masih bergerak di bawah $1 saat ini. 

USDD Masih Bergerak di Bawah $1

Untuk saat ini USDD, stablecoin yang harusnya bergerak di $1 masih mengalami penurunan. 

Saat ini USDD berada di nilai $0.977 setelah turun lebih jauh sekitar dua hari yang lalu. 

Pada 15 Juni 2022 USDD bergerak di sekitar $0.96 bahkan mencapai $0.95 dalam waktu yang singkat. 

Jaga Nilai TRX, Tron Cairkan Dana $185 Juta
Grafik Harian USDDUSDT

Kondisi tersebut bertahan dua hari yaitu sejak 14 Juni 2022 hingga 15 Juni 2022 dan hingga saat ini masih belum bisa kembali ke $1 yang merupakan nilai seharusnya. 

Meski mengalami penurunan seperti saat ini, USDD tetap mengaku bahwa mereka adalah proyek yang dijamin dengan dana yang lebih atau over-collateralized. 

Melihat pergerakan saat ini, spekulasi bahwa pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar semakin marak di media sosial terutama Twitter. 

Menanggapi kondisi negatif terhadap TronDAO tetap memastikan bahwa proyeknya aman dan semua crypto yang terikat tidak akan hancur. 

Justin Sun, pendiri dari Tron juga memastikan bahwa saat ini sentimen negatif di sekitar Tron akan berakhir dan TronDAO akan terus menjaga nilai TRX serta USDD. 

Jaga Nilai TRX, Tron Cairkan Dana $185 Juta
Grafik Mingguan TRXUSD

Untuk TRX sayangnya saat ini terdapat kemungkinan pergerakan pola bearish flag dalam grafik mingguannya akibat pekan ini bergerak keluar dari zona apresiasinya. 

Bersama sentimen negatif yang beredar di pasar terkait Tron terdapat kemungkinan besar bahwa TRX dapat kembali jatuh ke harga awalnya di Tahun 2021 yaitu di sekitar $0.03 atau lebih rendah. 

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.