Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Vasil Hard Fork Cardano: Pengertian, Perubahan, dan Keuntungannya

Cardano akan segera melakukan pembaruan bernama vasil hardfork, jika tidak ada hambatan hal tersebut akan digulirkan pada 22 September 2022.

Berdasarkan unggahan dari developer Cardano pada 16 September 2022, vasil hardfork merupakan perubahan yang paling signifikan dan diharapkan akan membawa peningkatan kapasitas jaringan dengan biaya transaksi yang lebih rendah.

Apa itu vasil hardfork dan hal menarik lainnya seputar pengembangan ini? Simak penjelasannya di artikel berikut ini. 

Pengertian Vasil Hard Fork

Vasil hard fork adalah salah satu pembaruan dari Cardano setelah era Goguen atau smart contract pada peta jalan Cardano. Pembaruan ini berfokus pada peningkatan kapasitas jaringan Cardano dan menurunkan biaya transaksi serta mengoptimalkan Plutus (smart contract cardano) yang dibangun dengan pemrograman berbasis Haskell yang digunakan developer untuk membangun dApps di atas jaringan Cardano. 

“Upgrade juga akan membawa peningkatan pada Plutus untuk memungkinkan para pengembang membuat aplikasi berbasis blockchain yang lebih kuat dan efisien,” jelas akun twitter Input Output pada 2 September 2022. 

Pembaruan ini dilakukan karena Cardano memproyeksikan jaringan akan menjadi sibuk ketika banyak proyek yang membangun di Cardano, sehingga kapasitas jaringan perlu ditingkatkan.

Kemudian hadirnya Plutus juga diperlukan untuk membuat proses pembangunan dApps di blockchain tersebut mudah dilakukan. 

Baca juga: Apa itu Cardano? Panduan untuk Pemula

Apa yang Terjadi Sebelum Vasil Hard Fork?

Sebelum memasuki vasil hard fork, Cardano telah melakukan berbagai pengembangan yang dibagi ke dalam beberapa tahap. Pertama, landasan keamanan dan akurasi, setelah itu memperbaiki kemampuan, skalabilitas, dan ekspresif.

Dilanjutkan dengan era Byron dan reboot Byron yang membangun kembali platform inti diteruskan dengan upgrade Shelley pada musim panas 2020. 

Shelley mengubah Cardano menjadi platform proof-of-stake paling terdesentralisasi di dunia, dengan hampir 3.000 stake pool. Di Mei 2021, Cardano memperkenalkan upgrade Mary untuk memperkenalkan NFT dan kemampuan multi-aset, memicu penciptaan salah satu komunitas NFT paling dinamis di ruang blockchain dengan lebih dari 6 juta token asli yang berbeda yang dikeluarkan hingga saat ini.

Di musim gugur 2021 Cardano melakukan pembaruan Alonzo dengan menerapkan kemampuan kontrak pintar menggunakan bahasa skrip Plutus yang selanjutnya akan diterapkan secara penuh dalam vasil hardfork mendatang, membangun ekosistem yang sekarang melihat lebih dari 1.000 proyek dibangun di Cardano.

Peningkatan dari Hard Fork Cardano

Dalam peningkatan ini Cardano akan meningkatkan kemampuan smart contract melalui Plutusv2 yang menambahkan efisiensi yang lebih besar ke platform kontrak pintar yang sudah kuat.

Vasil memanfaatkan model EUTXO untuk mengaktifkan DApps yang lebih cepat dan lebih canggih. Tambahan lain yang dibawa dalam pembaruan ini adalah sebagi berikut.

CIP-31

CIP-31 dengan gagasan utama reference input memperkenalkan mekanisme input baru yang dapat melihat sumber output dari input saat ini tanpa perlu melakukan spent atau membuat UTxO baru.

Informasi sumber output ini dalam bentuk datum yang dimana dalam mengakses datum ini memerlukan setidaknya spent output datum yang bersangkutan. Hal ini mengakibatkan fee yang perlu dibayarkan dalam semua proses transaksi menjadi lebih mahal.

Tugas reference input ini adalah mengurangi spent output yang membuat akses informasi dalam datum hampir gratis. 

CIP-32

CIP-32 dengan gagasan utama inline datum. Pada dasarnya terdapat hash yang terlampir pada datum agar sebuah transaksi dapat tervalidasi. CIP-32 memungkinkan datum langsung terlampirkan pada output (inline datum) dan bisa tanpa menggunakan hash.

Hal ini dilakukan karena ukuran hash sendiri bisa lebih besar dari data itu sendiri. Jadi dengan inline datum dapat menghemat penggunaan memori.

Sederhananya, ketika dApps sudah banyak berkembang pada network Cardano, CIP-32 ini akan membuat jaringan Cardano lebih ringan digunakan.

CIP-33

CIP-33 dengan gagasan utama reference script. CIP ini akan sangat membantu CIP-31 dan 32 dimana dalam setiap transaksi input-output akan memerlukan kode script. Jadi setiap transaksi saat ini memerlukan script yang berbeda atau disebut dengan individual script.

Dengan adanya reference script, maka script disimpan on-chain yang dapat digunakan berulang-ulang. Jadi tiap transaksi dapat menggunakan script yang sama, yakni reference script.

Efek dari implementasi CIP-33 sangat signifikan dalam efisiensi jaringan Cardano yang bisa lebih cepat dan murah.  

CIP-40

CIP-40 dengan gagasan utama collateral output.

Pengguna wallet dalam menggunakan dApps mesti mendaftarkan collateral (jaminan). CIP-40 ini menawarkan proteksi DDoS kepada pengguna.

Biasanya jika suatu transaksi gagal, maka pengguna akan kehilangan beberapa collateral, maka dengan CIP-40 pengguna tidak akan kehilangan collateral tiap transaksi yang gagal.

Keuntungan dari Vasil Hardfork Cardano

Tim Harrison, wakil presiden Komunitas dan Ekosistem di Cardano builder Input Output, mengklaim bahwa hard fork Vasil yang akan datang akan “secara signifikan” meningkatkan kemampuan blockchain proof-of-stake. 

Baca juga: Mengenal Jenis Mekanisme Proof of Stake

Pembaruan akan dapat meningkatkan kemampuan kontrak pintar dengan bantuan skrip Plutus V2 yang akan memperkenalkan throughput yang lebih tinggi dan efisiensi yang lebih besar.

Pembaruan seperti itu akan berguna untuk oracle, menurut Harrison. Implementasi datum sebaris memungkinkan pengembang membuat skrip dan melampirkannya langsung ke output, sehingga menghilangkan kebutuhan akan hash. 

Vasil akan memperkenalkan skrip referensi yang memungkinkan pengembang untuk tidak menyertakan skrip dalam transaksi pengeluaran.

Pada saat yang sama, setelah hardfork ini, Cardano akan mengenalkan pipelining diffusion yang  akan memastikan propagasi blok yang lebih cepat, sehingga secara signifikan meningkatkan kinerja blockchain dengan memungkinkan throughput yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Vasil hardfork merupakan pembaruan yang dilakukan Cardano pada 22 September permbaruan ini diharapkan mampu memberikan ekosistem yang lebih baik bagi jaringan.

Dalam perjalanannya, Vasil hard fork telah mewakili kumpulan pekerjaan yang kompleks, dari beberapa perspektif dan pengujian.

Dalam perubahan ini juga ada pertimbangan yang dilakukan para pemangku kepetingan untuk memastikan setiap peningkatan aman dan terjamin. Namun perlu diingat dalam proses hardfork ini tidak akan menciptakan koin baru, sebab hard fork ini bertipe upgrade yang hanya melakukan peningkatan pada jaringan Cardano.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin