Waspada! Penipu Gunakan Airdrop LUNA 2.0 untuk Mencuri

Naufal Muhammad

28th May, 2022

Penipu terlihat bergerak cepat dengan skema terbarunya yaitu memanfaatkan peluncuran LUNA 2.0 atau versi terbaru Terra (LUNA) untuk mencuri uang. 

Tercatat bahwa beberapa penipu memulai rencana penipuan dengan cara melakukan airdrop atau pembagian crypto gratis secara palsu. 

Penipu Airdrop LUNA 2.0 untuk Mencuri 

PeckShield, sebuah perusahaan analisis dan keamanan blockchain, melaporkan bahwa saat ini terdapat kasus penipuan yang sedang bertumbuh pesat. 

Kasus penipuan ini adalah terkait adanya airdrop palsu dalam fenomena airdrop LUNA 2.0 yang telah diluncurkan pada 27 Mei 2022. 

Dalam rangka pemulihan jaringan, Terra telah membuat sebuah blockchain baru dengan koin LUNA baru atau yang akrab disebut investor sebagai LUNA 2.0. 

Peluncuran jaringan baru ini disandingkan dengan adanya airdrop koin baru kepada investor LUNA yang sebelumnya tidak menjual kepemilikannya. 

Sayangnya fenomena airdrop ini diisi dengan adanya penipuan dari beberapa pihak yang ingin memanfaatkan investor awam. 

PeckShield menjadi yang pertama menemukan kasus ini dengan membuat publikasi melalui Twitter resminya.   

Publikasi tersebut diluncurkan pada Kamis, 26 Mei 2022 yang memberi informasi baru kepada para investor. 

Tercatat bahwa para penipu terlihat mengirimkan token baru yang nampaknya dibuat sendiri bernama Wrapped LUNA 2.0. 

Token tersebut dikirimkan kepada beberapa validator utama Terra dimana pengirim menggunakan jaringan Ethereum. 

Target pengiriman ini diperkirakan melalui alamat walletnya sebagai tokoh-tokoh besar di dunia crypto seperti Vitalik Buterin, Andreesen Horowitz, dan Justin Sun.

Pengiriman ini dilakukan untuk memberikan kesan keaslian terhadap kondisi airdrop yang sedang dilakukan. Tujuannya adalah untuk membuat investor awam percaya bahwa yang sedang terjadi adalah airdrop asli. 

Berharap Mendapat UST dan LUNA Versi Lama 

Para penipu ini nampaknya juga mempublikasi secara jelas apa yang sedang mereka lakukan agar membuat lebih banyak investor awam percaya. 

Hal ini disebabkan mekanisme yang dilakukan oleh penipu dimana mereka meminta UST dan LUNA versi lama agar dikirim ke wallet Ethereum tersebut. 

Penipu mengiklankan dengan membuat kondisi dimana jika investor telah mengirim UST dan LUNA versi lama, maka mereka akan mendapatkan LUNA versi baru. 

Jelas yang digunakan dalam penipuan ini bukan LUNA versi baru, melainkan Wrapped LUNA 2.0 yang mereka buat sendiri. 

Tujuan akhirnya adalah berharap bahwa semakin banyak yang mengetahui maka semakin banyak investor yang mengirim LUNA versi lama dan UST ke wallet penipu. 

Semakin banyak yang mengirim maka penipu tidak perlu mengirim Wrapped LUNA 2.0 karena mereka bisa mengumpulkan banyak uang dan kemudian kabur. 

Meski harga UST dan LUNA versi lama telah turun drastis, jika penipu mendapat jumlah token dan koin tersebut secara besar, maka keuntungannya akan cukup besar. 

Sayangnya untuk saat ini telah terdapat beberapa korban terhadap penipuan ini, namun belum dipublikasi secara publik. 

Kasus seperti ini bukan kasus baru dikarenakan mekanisme ini adalah mekanisme penipuan yang pernah terjadi di pasar crypto. 

Waspada! Penipu Gunakan Airdrop LUNA 2.0 untuk Mencuri
Pengunduran LUNA 2.0

Jadi investor diharapkan waspada terkait penipuan ini karena pembagian LUNA versi baru hanya akan dilakukan tim Terra. 

Perlu diketahui bahwa LUNA 2.0 asli masih akan diundur dalam peluncurannya. Informasi terbaru menyatakan bahwa peluncuran akan diundur hingga 28 Mei 2022.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.