Vitalik Buterin Konfirmasi DOGE Bermigrasi ke PoS

Rossetti Syarief

5th February, 2022

Vitalik Buterin selaku pendiri Ethereum menyatakan dalam sebuah wawancaranya belum lama ini bahwa ia telah membantu Dogecoin Foundation memigrasikan metode konsensus DOGE ke Proof of stake (PoS).

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh pihak Dogecoin Foundation, organisasi yang bertanggung jawab atas pengembangan DOGE, yang mengatakan bahwa mereka memang mengandalkan bantuan Buterin untuk melakukan migrasi ini.

Menurut Buterin, migrasi dari PoW ke PoS ini adalah hal yang bagus dan semua ekosistem crypto sepertinya harus mulai ikut bermigrasi juga.

“Semua cryptocurrency utama kecuali satu memiliki rencana aktif untuk beralih ke Proof of Stake. Saya pikir argumen akan lebih mudah dibuat ketika mereka tahu bahwa Ethereum adalah Proof-of-Stake dan ketika yang lain juga tahu bahwa rencana Dogecoin dan rencana Zcash itu lebih maju.”

Manfaat PoS, Kenapa DOGE Bermigrasi?

Masih belum ada konsensus di komunitas crypto tentang model PoS yang lebih baik daripada PoW. Namun menurut beberapa pengguna dan nama terkenal di sektor, seperti Jack Dorsey, mengungkapkan bahwa metode baru ini tidak menawarkan keamanan jaringan sebanyak yang ditawarkan PoW.

Juga, tidak ada tanda bahwa Bitcoin (BTC) yang merupakan aset crypto raksasa, akan ikut bermigrasi juga ke sistem ini. 

Namun, seperti yang disoroti oleh Dogecoin Foundation, PoS dapat menawarkan hadiah kepada seluruh komunitas aktif yang ingin berpartisipasi dalam proses ini, bukan hanya penambang besar, seperti halnya BTC.

“Ini memungkinkan semua orang (pengguna dan token hodler), bukan hanya yang sudah besar, untuk berpartisipasi dengan cara membalas kontribusi mereka dalam menjalankan jaringan sambil memberikan kembali kepada seluruh komunitas melalui tujuan amal.”

Migrasi DOGE ke PoS tersebut tidak akan menjadi satu-satunya hal baru yang ingin dihadirkan Dogecoin kepada komunitasnya tahun ini. Seperti yang diungkapkan roadmap, ekosistem cryptocurrency akan berkembang lebih banyak lagi.

Baca Juga: Dogecoin Publikasi Roadmap Tahun 2022

Sementara itu, Dogecoin Foundation sendiri masih berniat untuk meluncurkan mata uang kripto baru, Libdogecoin, setelah migrasi ke PoS selesai.

Meskipun ada perubahan, DOGE terus dalam tren turun yang kuat. Saat ini, meme koin tersebut diperdagangkan pada $0,14, 80% di bawah rekor harga $0,73. Pada tahun 2022 saja, token mendevaluasi sekitar 20%, menurut CoinGecko.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.