Berita Altcoins · 7 min read

Pendiri Ethereum: Crypto Bubble Bisa Jadi Sudah Berakhir

Dalam wawancara CNN Business, Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, menyatakan pandangannya mengenai pasar crypto dan koreksi saat ini.

Pernyataan Vitalik Buterin dari Wawancara

Buterin, yang sebagian besar kekayaannya terhapus dalam koreksi beberapa hari terakhir menyatakan bahwa ia tidak khawatir.

Ia menyatakan bahwa ia tidak khawatir terhadap kondisi koreksi yang terjadi di pasar crypto akibat sebelumnya hal yang sama telah terjadi.

Setelah pernyataan tersebut, ia juga membahas apa yang terjadi dalam pasar crypto dan menjawab pernyataan “bubble” yang terikat dengannya.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, ia menyatakan bahwa kapan “bubble” ini akan pecah dan membuat semua harga turun.

Menurutnya, hal ini sangat sulit untuk diprediksi akibat tidak ada yang dapat memprediksi secara benar, Ia menyatakan,

“Menurut saya, hal ini sangat sulit bahkan mustahil diprediksi. Bisa jadi “bubble” ini telah berakhir, namun bisa jadi juga baru akan berakhir dalam beberapa bulan ke depan.”

Walaupun begitu, ia tetap tenang akibat ia juga merupakan salah satu veteran yang berada di dunia crypto. Ia juga menyatakan,

“Sebelumnya kita juga pernah merasakan kondisi “bubble” sebanyak tiga kali dalam sejarah keberadaan crypto. Umumnya, alasan “bubble” ini berhenti disebabkan oleh beberapa hal terjadi yang memperjelas masih belum ada teknologi untuk mengayomi pertumbuhan crypto.”

Alamat Wallet Ethereum Vitalik Buterin, saat ini memiliki sekitar 325.000 ETH bernilai sekitar $895 Juta atau Rp12,86 Triliun pada kondisi koreksi saat ini.

Crypto Bukan Sekedar “Permainan”

Setelah kondisi ini terjadi secara mendadak, Buterin memberikan pandangannya mengenai kondisi yang sama pada empat tahun yang lalu. Ia menyatakan,

“Rasanya seperti crypto siap untuk adopsi secara umum akibat tidak sama seperti empat tahun yang lalu. Saat ini berbeda, crypto bukan hanya sekedar mainan lagi.”

Untuk Ethereum sendiri, narasinya nampak telah berbeda dari empat tahun yang lalu dengan adopsi investor institusional yang mendorong harganya naik.

Tapi, Buterin sendiri tidak yakin bahwa ada kemungkinan Ethereum dapat menyamai atau bahkan mengalahkan Bitcoin dalam nilai pasarnya.

Saat ini kapitalisasi pasar Ethereum masih berada di sekitar 42,5% kapitalisasi pasar Bitcoin yang membuat keraguan Buterin juga semakin kuat.

Terkait dengan pengaruh Elon Musk, Vitalik Buterin menyatakan bahwa hal tersebut terlihat sebagai hal baru dimana satu pihak bisa mempengaruhi pasar.

Ia juga percaya bahwa lama-kelamaan efek dari Elon Musk sendiri juga akan hilang akibat tidak akan bertahan lama. Ia menyatakan,

“Elon Musk memberikan cuitan adalah hal  yang baru di dunia crypto dan wajar untuk melihat sedikit “kegilaan” menurut saya pribadi. Namun lama-kelamaan menurut saya dengan semakin teredukasinya investor crypto, pengaruh Elon akan hilang.”

Selain itu, terkait Dogecoin, Buterin menyatakan bahwa Elon Musk tidak memiliki niat jahat dibalik dorongannya terhadap harga DOGE.

Selain itu, terkait Dogecoin, Buterin menyatakan bahwa Elon Musk tidak memiliki niat jahat dibalik dorongannya terhadap harga DOGE.

Sehingga intinya ia percaya bahwa lama-kelamaan pengaruh Elon Musk akan mulai hilang di dunia crypto.

Untuk Ethereum saat ini harganya sudah mulai pulih bersama Bitcoin yang masih berkonsolidasi, namun untuk saat ini kondisi masih belum dapat dipastikan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.