Dogecoin Publikasi Roadmap Tahun 2022

Naufal Muhammad

2nd January, 2022

Dogecoin (DOGE) adalah salah satu crypto yang terlihat mengalami apresiasi signifikan dalam harga dan ketenaran di awal 2021.

Sayangnya fenomena tersebut mulai meredup dan membuat koin tersebut relatif hilang dari perbincangan dunia crypto.

Nampaknya saat ini ketenarannya akan kembali lagi dengan adanya publikasi roadmap atau rencana untuk Tahun 2022.

Dogecoin Luncurkan Roadmap Tahun 2022

Pada situs resmi Dogecoin Foundation, terlihat bahwa developer DOGE telah mempublikasi roadmap terbaru untuk Tahun 2022.

Roadmap ini adalah roadmap pertama sejak peluncuran blockchain dan proyek Dogecoin sekitar delapan tahun yang lalu.  

Selain peluncuran roadmap ini, Dogecoin melakukan beberapa pembaruan terhadap situsnya, termasuk adanya kolom jawaban pertanyaan atau FAQ.

Selain itu pembaruan yang akan dilakukan adalah pembentukan libdogecoin, sebuah tempat penyimpanan data untuk developer membangun proyek dan produk terkait DOGE.

Berikutnya adalah penciptaan Dogecoin Standard, yang akan mempermudah adopsi developer ke dalam Blockchain Dogecoin yang baru.

Nantinya gabungan antara libdogecoin dan Dogecoin Standard akan mempermudah developer melalui penyediaan kumpulan panduan dan “contekan” untuk menciptakan proyek dari beberapa bahasa pemrograman.

Dogecoin juga akan meluncurkan Dogecoin Keyring yang membantu libdogecoin dan Dogecoin Standard melalui API dan SDK atau kumpulan data mengenai instruksi pemrograman.

Berikutnya proyek yang akan meluncur di Blockchain Dogecoin adalah GigaWallet yang merupakan sebuah penyambung antara wallet dan platform pembayaran agar cocok dengan DOGE.

Menurut developer Dogecoin, proyek ini akan mempermudah adopsi DOGE sebagai alat pembayaran terutama di Tahun 2022. Ia menyatakan,

“Intinya, semakin tinggi kegunaannya, maka semakin berguna, sehingga adopsinya semakin luar. Jika adopsi meluas maka DOGE akan menjadi salah satu crypto yang perlu diperhatikan di Tahun 2022.”

Developer Dogecoin juga menyatakan bahwa akan ada beberapa proyek crypto lain yang nantinya akan dipublikasi lebih lanjut di Tahun 2022.

Proposal Proof of Stake dengan Vitalik Buterin

Dalam publikasi roadmap tersebut, terdapat pernyataan bahwa di Tahun 2022, Blockchain Dogecoin akan mengubah mekanisme konsensus menjadi Proof of Stake.

Nantinya para pemilik DOGE juga dapat melakukan staking sehingga bisa menghasilkan keuntungan secara pasif.

Proposal implementasi mekanisme proof of stake ini memiliki nama “Uniquely Doge Proposal” yang bertujuan memperluas adopsi, terutama untuk imbalan staking.

Menurut roadmap, proposal ini dikembangkan oleh developer Dogecoin bersama Vitalik Buterin, pencipta dari Blockchain Ethereum.

Ethereum sendiri juga memiliki rencana untuk mengubah mekanismenya dari Proof of Work menuju Proof of Stake.

Sehingga di Tahun 2022, ada kemungkinan Blockchain Dogecoin akan mengalami integrasi yang lebih tinggi dengan Blockchain Ethereum.

Kolaborasi dengan Vitalik Buterin ini dimulai di Bulan September 2021, dimana ia menjelaskan kerugian yang dialami DOGE dalam sistem Proof of Work.

Dikabarkan juga blockchain ini nantinya akan memiliki lapisan kedua atau layer-2 yang akan melengkapi skalabilitas DOGE.

Setelah kabar ini beredar, pendiri awal Dogecoin, yang saat ini telah menjauh dan tidak berkontribusi secara langsung memberikan pernyataan.

Pernyataan tersebut nampaknya adalah sebuah kekaguman kepada Dogecoin yang telah mempublikasi roadmap setelah delapan tahun berdiri.

Hal ini adalah sebuah kejutan, mengingat awalnya DOGE dibentuk hanya sebagai sebuah lelucon untuk membuat crypto berbasis meme.

Tapi melihat perkembangan ini, nampaknya Tahun 2022 adalah tahun yang dapat menjadi positif untuk DOGE.

Sehingga ada kemungkinan harga DOGE dapat kembali pulih, tidak di Tahun 2022 namun nampaknya akan berlanjut hingga semua proyek pengembangannya selesai.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.