Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 6 min read

Upgrade Shanghai Ethereum Ditunda Sampai April 2023

Upgrade Ethereum Shanghai Ditunda hingga April 2023

Pengembang Ethereum telah mengumumkan penundaan resmi untuk upgrade Shanghai yang sebelumnya dijadwalkan pada bulan Maret 2023. Rencananya, pemutakhiran tersebut akan diundur selama dua minggu dan dijadwalkan untuk dilakukan pada awal April 2023.

Pengumuman ini disampaikan dalam pertemuan antara para pengembang inti Ethereum pada Kamis (2/3).

Pertemuan pengembang inti Ethereum. Sumber: Youtube Ethereum.

Baca Juga: Memahami Ethereum Shanghai Upgrade Dan Fungsinya

Upgrade Shanghai Ethereum Setelah Testnet Goerli

Tim Beiko mengumumkan di akun Twitter-nya pada Kamis (2/3), pihaknya belum menyetujui tanggal pasti untuk peluncuran hard fork Shanghai di mainnet.

Namun, mereka mengatakan bahwa kemungkinan tanggal akan ditetapkan pada pertemuan pengembang berikutnya pada 16 Maret 2023, dengan asumsi semuanya berjalan lancar di testnet Goerli yang akan dilangsungkan pada 14 Maret 2023.

Tim Beiko juga mengatakan, biasanya implementasi mainnet akan diberikan jeda waktu setidaknya dua minggu setelah testnet terakhir.

“Jadi bayangkan, Goerli terjadi pada tanggal 14, semuanya berjalan dengan baik, pada tanggal 16 kami setuju untuk bergerak maju dengan mainnet, saya pikir yang paling awal yang menempatkan kami adalah seperti minggu pertama bulan April,” ungkap pihaknya.

Baca Juga: Shanghai Upgrade Masuki Tahap Testnet Sepolia

Testnet Goerli Jadi Tahap Terakhir

Upgrade Shanghai Capella (Shapella) pada testnet Goerli akan menjadi kesempatan terakhir bagi klien Ethereum dan penyedia layanan untuk memastikan bahwa hard fork Shanghai dapat berjalan dengan lancar saat diluncurkan di jaringan utama.

Apabila upgrade jaringan utama Shanghai sudah selesai, pengguna dapat melakukan penarikan Ethereum secara bertahap, khususnya yang di-staking dari Beacon Chain.

Agar jaringan tetap stabil dan aman, penarikan Ethereum akan disesuaikan secara dinamis tergantung pada jumlah validator yang keluar pada saat itu.

Validator harus melewati proses dua tahap yang melibatkan antrian keluar dan periode penarikan, sehingga penarikan akan terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu.

Pengaruh Model Proof of Stake bagi Ethereum

Sejak Ethereum mulai bertransisi ke proof-of-stake model, pengguna telah mengumpulkan hadiah untuk partisipasi jaringan mereka dalam bentuk ETH yang baru dihasilkan. 

Pada Desember 2020, ada 17,1 juta ETH yang dipertaruhkan di Beacon Chain. Saat ini, jumlah ETH yang disimpan di Ethereum mencapai US$28,7 miliar dan terus meningkat.

Jumlah tersebut mewakili sekitar 14,5% dari total Ethereum yang beredar. Namun saat ini dana dan hadiah belum dapat ditarik oleh pengguna, menunggu jaringan utama Shanghai rampung.

Baca Juga: Jelang Upgrade Shanghai, Jumlah Staking ETH Meningkat

Top 4 Penyedia Layanan Staking di Ethereum

Selain itu, upgrade Shanghai juga dianggap menguntungkan bagi penyedia layanan staking. Saat ini, penyedia layanan intermediary staking terbesar di Ethereum adalah Lido, Coinbase, Kraken, dan Binance. Keempat perusahaan ini mengumpulkan ETH dari pelanggan mereka untuk di-staking dan mendapatkan passive income.

Menurut Dune Analytics, keempat perusahaan tersebut saat ini menyumbang sekitar 56% dari semua ETH yang dipertaruhkan di jaringan.

Baca juga: Liquid Staking, Tren Kripto Terbaru di 2023!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.