Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 8 min read

Jelang Upgrade Shanghai, Jumlah Staking ETH Meningkat

Staking ETH dan Upgrade Shanghai

Mendekati tanggal unstaking Ethereum, token pendukung protokol liquid staking mengalami reli yang besar. Momentum ini dapat disaksikan dari token Lido Finance (LDO) dan Rocket Pool (RPL), merujuk data dari CoinGecko, kedua token tersebut telah mencapai profit signifikan dalam 24 jam terakhir.

Token LDO mencuri perhatian DEX dengan protokol liquid staking terbesar Ethereum, naik lebih dari 17,2% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan sekitar $1,88 pada 10 Januari 2023 siang hari.

Perdagangan intens yang melakukan liquid-staking telah memompa volume harian kripto derivatif di berbagai bursa menjadi $276 juta, melonjak 436% dari hari sebelumnya.

Dengan kapitalisasi pasar sedikit di atas $1,5 miliar, data CoinGecko menunjukkan LDO sekarang menjadi mata uang kripto terbesar ke-33. Menurut Coinglass, lebih dari $1,61 juta posisi LDO berjangka dilikuidasi selama 24 jam terakhir. Sebagian besar likuidasi berasal dari short trade yang meledak.

Awal Januari merupakan momen-momen paling menguntungkan bagi LDO. Lido Finance berhasil menjadi aplikasi terdesentralisasi terbesar berdasarkan total nilai terkunci (TVL), menggeser posisi proyek blockchain terlama Ethereum, yaitu DAI dan MakerDAO.

LDO juga berhasil mengungguli Bitcoin dari segi profit yang dihasilkan, yang mana LDO menghasilkan keuntungan sebesar 74,8% selama sepekan terakhir, sedangkan Bitcoin hanya sebesar 3,8% selama periode yang sama.

Menurut data CoinGecko, token pencairan staking Rocket Pool (RPL) juga menikmati keuntungan yang cukup besar sekitar 14,2% selama 24 jam terakhir pada 9 Januari 2023 siang hari.

Saat tulisan ini dibuat, RPL diperdagangkan di sekitar $26,13, dengan peningkatan volume perdagangan harian sebesar 802% menjadi $7,8 juta selama 24 jam terakhir.

Baca juga: Vitalik Buterin Umumkan Roadmap Ethereum Terbaru!

Ethereum, Shanghai Upgrade, dan Staking

Ethereum berhasil beralih ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) pada awal September 2022. ETH menghilangkan kebutuhan terhadap peralatan mining yang memakan energi, digantikan dengan mekanisme staking yang lebih ramping. Untuk menjadi validator pada jaringan ini, pengguna harus memasang 32 Ethereum terlebih dahulu.

Pengguna dapat memperoleh persentase jika staking dan validasi jaringan dilakukan dengan jujur. Sebaliknya, pengguna dapat dikenakan denda besar jika terdapat kecurangan dalam proses staking.

Terlepas dari seberapa besar keuntungan yang ditawarkan, pengguna dapat memperoleh profit hingga 4% dengan memasang 32 ETH, atau sekitar $42.000. Tentunya, ini akan meningkatkan permintaan staking pada pasar.

Layanan seperti Lido dan Rocket memungkinkan investor untuk mempertaruhkan Ethereum dalam jumlah berapa pun dan tetap mendapatkan imbalannya.

Namun, perlu menjadi catatan bagi pelanggan, dengan uang muka yang besar, setelah dana tersebut dipertaruhkan, dana tersebut tidak dapat dihapus, setidaknya sampai peningkatan Ethereum berikutnya.

Upgrade Shanghai sangat ditunggu oleh pengguna, karena setelah dieksekusi, perubahan ini akan memungkinkan pengguna menarik Ethereum yang dipertaruhkan. Versi upgrade Shanghai diperkirakan dapat dinikmati pada Maret 2023.

Meskipun pasar kripto tengah merayakan greenflag hari ini, RPL masih turun 56,6% dari rekor tertinggi sepanjang masa di $59,46. Selain pencairan token staking, Ethereum sendiri menikmati 4,4% profit harian dan 10% profit mingguan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.