5

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Beda Active Income vs Passive Income

Kesimpulan panduan

Jika kamu melakukan pekerjaan tertentu dan mendapatkan bayaran dari hal tersebut, itu sama dengan kamu sedang mendapatkan active income.

Sedangkan dana yang datang “tanpa” usaha tambahan dalam mendapatkannya. Dana tersebut sering disebut sebagai pendapatan pasif atau passive income.

Namun, apa sebenarnya perbedaan dari keduanya? Dan yang lebih penting, bagaimana cara mendapatkan keduanya?

Active Income 

Active income atau pendapatan aktif adalah pendapatan yang diterima oleh kamu dengan waktu tetap. Misalnya saja, jika kamu merupakan seorang karyawan, kamu akan mendapatkan penghasilan per hari, minggu, atau bulan dari perusahaan atau tempat kamu bekerja. Jika dilihat dari perspektif pengusaha, pendapatan aktif ini datang dari hasil mereka mengelola usahanya. 

Sederhananya, pendapatan aktif adalah uang yang kamu terima sebagai imbalan karena telah melakukan suatu layanan. Contohnya, upah per jam, gaji, komisi dan tip, pendapatan bersih usaha, dan lainnya. 

Biasanya pendapatan aktif ini digunakan untuk keperluan sehari-hari atau masa depan. Namun, di sisi lain, pendapatan aktif ini memiliki risiko yang juga besar.

Ketika kamu menjadi seorang karyawan, ada risiko bahwa faktor usia, sakit, perusahaan bangkrut, atau PHK membuat pendapatan aktif kamu terhenti. 

Lalu, apakah ini juga terjadi pada pendapatan pasif?

Passive Income

Passive income atau pendapatan pasif sendiri merupakan hasil yang didapatkan dari investasi dengan aset yang kamu miliki. Lalu, dari mana modal yang harus digunakan pada passive income

Untuk mendapatkan passive income, biasanya setiap individu sudah memiliki rencana, strategi, dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Maka dari itu, ketika kamu sudah memiliki pendapatan aktif, usahakan untuk terus mengonversi pendapatan tersebut ke aset tertentu, seperti Bitcoin, emas, atau saham.

Baca juga: Apa itu Bitcoin? Panduan Lengkap untuk Pemula

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Active Income?

Pendapatan aktif adalah uang yang kamu terima sebagai imbalan karena telah melakukan suatu layanan.

Apa itu Passive Income?

Passive income atau pendapatan pasif sendiri merupakan hasil yang didapatkan dari investasi dengan aset yang kamu miliki.

Apa itu Staking & Farming?

Keduanya sama-sama memberikan kesempatan bagi para pemilik aset crypto untuk mendapatkan passive income berupa mata uang crypto lainnya dengan modal aset crypto yang dimiliki.

Perbedaan Staking & Farming?

Staking dan Farming dilakukan menggunakan teknologi bernama Decentralized Finance atau keuangan desentralistik dengan sistem smart contract di dalam platform-platform DeFi.

Staking Farming & Deposito Bank?

Sistem ini sebenarnya memiliki konsep yang sama ketika kamu menanamkan modal berupa deposito di dalam bank atau sistem keuang biasa. Dari uang yang kamu miliki, kamu akan mendapatkan hasil berupa bunga dari bank.

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin