Uniswap Raih Volume Transaksi $100 Miliar! Ini Target Harga Selanjutnya

Naufal Muhammad

16th February, 2021

Uniswap (UNI), bursa terdesentralisasi (DeX) meraih pencapaian baru pada 15 Februari 2021.

Pencapaian diraih setelah berhasil menyentuh $100 Miliar dalam volume transaksi akumulatif sejak Agustus 2020.

DeX ini telah berhasil menjadi satu-satunya DeX di pasar crypto yang berhasil melewati $100 Miliar dalam volume transaksi akumulatifnya.

Uniswap $100 Miliar dalam Volume Transaksi Akumulatif

Saat ini Uniswap masih terlihat mendominasi akibat sekitar 54% keseluruhan transaksi pasar DeX terjadi di Uniswap.

Oleh karena itu, Uniswap saat ini berada jauh di atas SushiSwap dan Curve Finance dalam hal volume transaksi dalam bursa terdesentralisasi.

Dalam satu pekan, SushiSwap memiliki volume sekitar $2,9 Miliar dan Curve Finance sebesar $1 Miliar, sedangkan Uniswap berada di $7,3 Miliar.

Baca juga: Persaingan DeFi Memanas, Curve Lewati Uniswap dan SushiSwap

Uniswap juga mengalami apresiasi 25% dalam likuiditas mencapai $3,6 Miliar bersama dengan potensi adanya pengembangan dalam sistemnya.

Uniswap memiliki rencana pembaharuan berupa versi baru platformnya yaitu Uniswap v3 yang akan direalisasikan dalam beberapa bulan ke depan.

Kemungkinan besar dengan pembaharuan sistem ini, akan semakin banyak yang masuk ke Uniswap bersama apresiasi dalam sektor Decentralized Finance (DeFi).

Saat ini DeX menjadi salah satu perhatian utama dari sejak pertengahan 2020 akibat menjadi pusat untuk yield farming dan penyediaan likuiditas.

Namun, dengan pertumbuhan sektor DeFi yang mayoritas masih berada di dalam jaringan Ethereum, terdapat satu rintangan yaitu biaya gas.

Baca juga: Biaya Gas Ethereum Naik! Koin Ini Ikutan Terbang

Saat ini biaya gas yang merupakan bagian dari biaya transaksi telah naik secara signifikan, bahkan mencapai lebih dari $100.

Namun, solusi berbasis Layer-2 (L2) seperti Loopring memberikan alternatif yang sayangnya masih kalah dengan Uniswap dan SushiSwap dalam minat.

Tapi, adanya Ethereum 2.0 yang memiliki beberapa pembaharuan seperti proposal seperti EIP-1559 akan menjadi solusi dari masalah ini.

Target Jangka Pendek, Harga UNI $30

Sejak 1 Januari 2021, UNI telah berhasil naik sekitar 400%, salah satu apresiasi terbesar di Sektor DeFi.

Dengan banyaknya sentimen positif di sekitar Uniswap saat ini, kemungkinan besar harganya masih akan terus naik bahkan mencapai $30 dalam jangka pendek.

Target ke harga tersebut terlihat dari titik 161,8% Fibonacci yang saat ini nampaknya menjadi tujuan jika titik 100% pada $23,4 dapat dilewati.

Kemungkinan besar tujuan tersebut akan dicapai pada pekan ini melihat pergerakan yang sudah mulai membentuk pola apresiasi.

Potensi ini diperkuat oleh Indikator RSI dan MACD yang menandakan potensi apresiasi dan harga yang mulai bersilang dengan indikator MA Cross.

Baca juga: Uniswap Berjaya! Volume DeX Naik 1.100 Kali Lipat

Selain itu, saat ini tercipta pola bullish flag yang dimulai dengan pola morning doji star pada grafik pergerakan 4 Jam.

Saat ini batas bawah pengaman pergerakan berada di sekitar $20,5, $19,8, dan $18,9 yang jika ditembus nampaknya akan menggagalkan pergerakan apresiasi.

Oleh karena itu perhatian utama dapat ditujukan pada $21,5 dan $22 sebagai batas atas utama dan $20,5 dan $18,9 sebagai batas bawah utama.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.