Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Uniswap Berjaya! Volume DeX Naik 1.100 Kali Lipat

Naufal Muhammad     Wednesday, January 27 2021

Sektor Decentralized Finance (DeFi) telah memberikan beberapa koin baru di pasar crypto yang terlihat masih kuat hingga saat ini. Tetapi hanya beberapa dari koin tersebut yang memperlihatkan dominasi seperti kondisi Uniswap saat ini.

Tidak hanya bergerak positif secara signifikan, koin dari Uniswap (UNI) juga memiliki dominasi yang sangat kuat di sektor DeFi. Hingga saat ini, terlihat bahwa volume perdagangannya di bursa terdesentralisasi (DeX) telah naik sekitar 1.101 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Volume Perdagangan DeX UNI Naik 1.100 Kali Lipat

“Musim Panas DeFi” di 2020 membuat beberapa koin DeFi naik sehingga menjadi pemeran utama di pasar crypto. Saat itu, UNI melakukan penjualan perdana dan sejak itu harganya telah naik sekitar 700% dari harga terendahnya di November 2020.

Permintaan terhadap koin ini masih terlihat meningkat secara signifikan dan menandakan bahwa terjadi sesuatu yang membuat pergerakan ini terjadi.

Volume Perdagangan DeX Naik 1.101 Kali Lipat

Harganya yang naik juga diiringi oleh volume perdagangannya yang juga naik yang membuat keseluruhan bursa terdesentralisasi (DeX) mengalami apresiasi dalam volume.

Tercatat bahwa volume perdagangan di DeX mengalami peningkatan sekitar 1.100 kali lipat dari 39,5 Juta menuju 43,5 Miliar hanya dalam satu tahun menurut data dari Arcane Research.

Baca juga: Uniswap, DEX Nomor Satu dalam Ruang DeFi!

Mayoritas koin DeFi terlihat mengalami peningkatan dalam volume akibat ketertarikan yang meningkat terhadap pasar crypto. Namun, hanya beberapa yang mendominasi seperti Uniswap.

Jika melihat data perdagangan DeX, UNI menyumbang 46% dari keseluruhan volume perdagangan dengan nilai transaksi sebesar $20 Miliar. Sushiswap menjadi penyumbang kedua sebesar 22% diikuti Curve sebesar 12%, Rest 11%, dan 0X sebesar 9%.

Dominasi Uniswap Terus Meningkat

Platform DeX seperti Uniswap mempermudah investor untuk melakukan pertukaranantara satu koin dan lainnya melalui dompet privat berbasis Ethereum. Kekuatan dari beberapa faktor internal telah membuat apresiasi ini terjadi secara cepat.

Baca juga: Uniswap Lewati Volume Perdagangan Tertingginya! Darimana Transaksinya?

Uniswap sendiri dan fakta bahwa persepsi positif terhadap platformnya masih terus naik, telah membuat permintaan UNI terus meningkat. Saat ini, koin tersebut telah naik hingga mencapai daerah $13,5, apresiasi signifikan dari $1.

uniswap uni defi
Harga UNI Naik 700% Sejak November 2020

Sebelumnya, sebagai besar dari koin UNI terlihat dibagikan secara cuma-cuma melalui beberapa cara seperti airdrop. Saat itu, satu koin hanya bernilai $3 dan 400 UNI yang dibagikan secara gratis adalah salah satu stimulus oleh Uniswap.

Nampaknya stimulus itu telah berhasil akibat saat ini UNI telah menjadi salah satu koin utama di sektor DeFi. Volume perdagangannya di DeX telah naik sekitar 1.101 kali lipat dalam satu tahun adalah bukti nyata bahwa UNI telah berdampak dan masih akan terus naik.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini