TVL Capai $6 Miliar, Ethereum Layer-2 Tembus All Time High!

Rossetti Syarief

23rd November, 2021

Ethereum layer-2 kembali sentuh harga tertingginya sepanjang masa setelah gabungan nilai total yang terkunci (TVL) naik 13,26%. Hal ini menandakan kenaikan lebih dari dua kali lipat, hanya dalam rentan satu minggu.

Lonjakan tersebut kemudian mengikuti peningkatan besar-besaran dalam biaya gas di jaringan Ethereum. Karenanya, adopsi melalui protokol DeFi juga ikut meningkat.

Pada saat penulisan, TVL dalam jaringan Ethereum Layer-2 telah melonjak ke puncak $6,12 miliar.

Arbitrum dan dYdX Memimpin

Menurut data yang dilansir dari L2beat, gabungan nilai total sebesar $6,12 miliar yang terkunci dalam jaringan Ethereum layer-2, dipimpin oleh Arbitrum dan dYdX dengan masing-masing nilai $2,67B dan $975M.

Data tersebut L2beat kumpulkan pada periode 25 Agustus hingga 22 November 2021. Sementara itu, L2beat sendiri merupakan situs website analitik dan penelitian seputar penskalaan Ethereum Layer-2.

Gabungan Nilai Total yang Terkunci

Sebuah solusi dari sidechain yang menawarkan biaya gas lebih rendah dengan throughput yang lebih tinggi, merupakan faktor utama melonjaknya TVL pada jaringan Ethereum layer-2. 

Karena sebelum menghadirkan solusi sidechain, transaksi yang mahal dan throughput yang rendah, menjadi faktor sejumlah investor institusional berpindah ke jaringan lain seperti Solana (SOL) dan Avalanche (AVAX).

Selain itu, adopsi DeFi yang telah dipercepat juga menghasilkan lonjakan biaya gas. Seperti yang diketahui, Ethereum adalah pelopor protokol DeFi, dengan ratusan proyek dibangun di dalamnya.

Namun, beban kerja yang berat pada ekosistem ternyata memicu jaringan menjadi stuck, diikuti dengan kenaikan harga gas. 

Apa itu Solusi Layer-2?

Solusi Layer-2, yang juga disebut sidechains, adalah blockchain pihak ketiga terintegrasi di dalam jaringan Ethereum yang dirancang untuk mengurangi beban kerja pada platform ETH.

Sidechain hadir sebagai solusi penskalaan yang mengurangi biaya gas dan meningkatkan kecepatan transaksi. 

Solusi ini akan mengeksekusi transaksi Ethereum pada platform layer-2, diikuti penyimpanan data asli dari transaksi tersebut di dalam layer-1 (mainnet Ethereum). 

Semuanya dapat terealisasikan dengan baik karena adanya smart contract pada jaringan.

Dua jenis sidechains yang populer adalah optimistic rollups dan ZK rollup. Kedua teknologi ini sangat mirip, keduanya akan menyimpan data di luar chain untuk mengurangi beban kerja jaringan.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik