Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 8 min read

Tron Akan Luncurkan Stablecoin USDD pada 5 Mei Mendatang

Tron Akan Luncurkan Stablecoin USDD pada 5 Mei Mendatang

Pada Kamis kemarin (21/04), Justin Sun selaku pendiri Tron mengumumkan jika tim dalam perusahan tengah merancang stablecoin mereka sendiri yang disebut USDD. Stablecoin USDD akan diluncurkan minggu depan, atau sekitar tanggal 5 Mei 2022.

Stablecoin USDD ini tidak menyimpan Dollar dan aset lainnya di rekening bank sebagai cadangan, seperti yang dilakukan Tether (USDT) atau Circle’s USD Coin (USDC). 

Tron disini mengambil konsep ‘stablecoin algoritmik’ seperti milik TerraUSD (UST) dan Frax Finance (FRAX).

Menurut pengakuan Sun, USDD akan dirancang untuk mempertahankan pasaknya terhadap Dollar AS terlepas dari kondisi pasar.

“Ketika harga USDD lebih rendah dari 1 USD, pengguna dan arbitrase dapat mengirim 1 USDD ke sistem dan menerima TRX senilai 1 USD. Namun ketika harga USDD lebih tinggi dari 1 USD, pengguna dan arbitrase dapat mengirim TRX senilai 1 USD ke sistem terdesentralisasi dan menerima 1 USDD.”

Stablecoin USDD Memerlukan Dukungan $10 Miliar 

Organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) dalam jaringan yang disebut Tron DAO ditugaskan mengelola stablecoin dalam blockchain. Menurut Sun, Tron DAO akan mengelola cadangan dengan tingkat bunga 30%.

Tron DAO juga harus menyediakan cadangan penyimpanan senilai 10 miliar Dollar dalam aset yang begitu liquid ini sebagai dukungan agunan USDD. 

Lagi-lagi, hal ini mirip dengan rancangan Terraform Labs yang sebelumnya mengakuisisi $10 miliar Bitcoin untuk dijadikan cadangan bagi UST.

Baca Juga: Terraform Labs Serok 10 Miliar Dollar dalam Bitcoin untuk Cadangan

Sun tidak menyatakan aset mana yang akan dijadikan sebagai jaminan USDD, namun ia mengeklaim ‘mereka’ akan menjadi aset yang sangat likuid yang dikumpulkan dari penggagas industri blockchain. 

Sementara itu, menurut pengumuman Sun, USDD akan tersedia di Ethereum dan BNB Chain ketika diluncurkan melalui protokol cross-chain BitTorrent.

Sama seperti konsep stablecoin algoritmik lainnya, aset tersebut akan digunakan sebagai cadangan untuk membantu menjaga stablecoin USDD yang dipatok ke Dollar AS.

Sementara CEO Terraform Labs Do Kwon yang menanggapi pengumuman stablecoin Tron dengan baik.

Ia berkata, “Ekonomi yang terdesentralisasi layak mendapatkan uang yang terdesentralisasi. Pada gilirannya setiap blockchain akan segera berjalan pada mata uang stabil yang terdesentralisasi ini.”

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.