Tron Akan Luncurkan Stablecoin USDD pada 5 Mei Mendatang

Rossetti Syarief

22nd April, 2022

Pada Kamis kemarin (21/04), Justin Sun selaku pendiri Tron mengumumkan jika tim dalam perusahan tengah merancang stablecoin mereka sendiri yang disebut USDD. Stablecoin USDD akan diluncurkan minggu depan, atau sekitar tanggal 5 Mei 2022.

Stablecoin USDD ini tidak menyimpan Dollar dan aset lainnya di rekening bank sebagai cadangan, seperti yang dilakukan Tether (USDT) atau Circle’s USD Coin (USDC). 

Tron disini mengambil konsep ‘stablecoin algoritmik’ seperti milik TerraUSD (UST) dan Frax Finance (FRAX).

Menurut pengakuan Sun, USDD akan dirancang untuk mempertahankan pasaknya terhadap Dollar AS terlepas dari kondisi pasar.

“Ketika harga USDD lebih rendah dari 1 USD, pengguna dan arbitrase dapat mengirim 1 USDD ke sistem dan menerima TRX senilai 1 USD. Namun ketika harga USDD lebih tinggi dari 1 USD, pengguna dan arbitrase dapat mengirim TRX senilai 1 USD ke sistem terdesentralisasi dan menerima 1 USDD.”

Stablecoin USDD Memerlukan Dukungan $10 Miliar 

Organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) dalam jaringan yang disebut Tron DAO ditugaskan mengelola stablecoin dalam blockchain. Menurut Sun, Tron DAO akan mengelola cadangan dengan tingkat bunga 30%.

Tron DAO juga harus menyediakan cadangan penyimpanan senilai 10 miliar Dollar dalam aset yang begitu liquid ini sebagai dukungan agunan USDD. 

Lagi-lagi, hal ini mirip dengan rancangan Terraform Labs yang sebelumnya mengakuisisi $10 miliar Bitcoin untuk dijadikan cadangan bagi UST.

Baca Juga: Terraform Labs Serok 10 Miliar Dollar dalam Bitcoin untuk Cadangan

Sun tidak menyatakan aset mana yang akan dijadikan sebagai jaminan USDD, namun ia mengeklaim ‘mereka’ akan menjadi aset yang sangat likuid yang dikumpulkan dari penggagas industri blockchain. 

Sementara itu, menurut pengumuman Sun, USDD akan tersedia di Ethereum dan BNB Chain ketika diluncurkan melalui protokol cross-chain BitTorrent.

Sama seperti konsep stablecoin algoritmik lainnya, aset tersebut akan digunakan sebagai cadangan untuk membantu menjaga stablecoin USDD yang dipatok ke Dollar AS.

Sementara CEO Terraform Labs Do Kwon yang menanggapi pengumuman stablecoin Tron dengan baik.

Ia berkata, “Ekonomi yang terdesentralisasi layak mendapatkan uang yang terdesentralisasi. Pada gilirannya setiap blockchain akan segera berjalan pada mata uang stabil yang terdesentralisasi ini.”

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.