Terra Kumpulkan 1 Miliar Dollar untuk Cadangan Bitcoin Darurat

Rossetti Syarief

23rd February, 2022

Organisasi nirlaba yang berfokus pada jaringan stablecoin open-source di belakang Terra USD, Luna Foundation Guard, telah menutup kenaikan 1 miliar Dollar melalui penjualan token LUNA.

Dalam tweet yang ditulis Terra pada Selasa (22/02), Terra mengatakan Jump Crypto dan Three Arrows Capital memimpin putaran 1 miliar Dollar dengan partisipasi terbesar berasal dari DeFiance Capital, Republic Capital, GSR, dan Tribe Capital. 

Platform yang bersangkutan kemudian mengkonfirmasi bahwa hasil dari penjualan 1 miliar Dollar tersebut akan digunakan untuk membangun Cadangan Valas dalam mata uang Bitcoin untuk UST, yang mana merupakan sebuah stablecoin di ekosistem Terra.

Kesepakatan untuk 1 Milliar Dollar LUNA

Terra mengumumkan penjualan 1 miliar Dollarnya melalui akun Twitter-nya kemarin.

Kesepakatan itu adalah salah satu penjualan terbesar di industri crypto, menurut Terra. Beberapa kelompok venture capital yang berbeda terlibat dalam penjualan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Hasil dari penjualan akan digunakan untuk membentuk cadangan valas TerraUSD (UST) dalam mata uang Bitcoin (BTC). Cadangan ini bertujuan untuk mempertahankan patokan 1:1 antara stablecoin dan dolar AS.

Do Kwon selaku pendiri dan CEO Terra Labs mencatat bahwa dana cadangan sejalan dengan tujuan keseluruhan proyek: “Ekonomi yang terdesentralisasi membutuhkan uang yang terdesentralisasi. Dan uang yang terdesentralisasi membutuhkan cadangan yang terdesentralisasi.

Baca Juga: Nilai Transaksi Naik, LUNA Sentuh Harga Tertinggi

Informasi Tentang Terra

Tidak seperti centralized stablecoin seperti Tether (USDT) dan USDCoin (USDC), Terra adalah decentralized stablecoin yang tidak diterbitkan oleh entitas pusat, serta cadangannya yang juga tidak dikendalikan oleh entitas tersebut.

Terra juga dirancang sebagai stablecoin algoritmik dengan nilai berdasarkan arbitrase.

Ketika Terra berada di bawah harga $1,00, pengguna diberi insentif untuk membakar Terra dan mencetak LUNA, mata uang crypto cadangan terdesentralisasi dari proyek tersebut. Namun ketika Terra berada di atas harga $1,00, Terra dicetak dan LUNA dibakar.

Cadangan Terra telah ditempatkan untuk menghindari salah satu ancaman terbesar dalam stablecoin algoritmik, seperti ketika terjadi peristiwa black swan atau peristawa tak terduga yang mengganggu kestabilan harga koin dan menyebabkan harga anjlok.

Bitcoin dalam cadangan Terra akan memungkinkan pemegang UST untuk menutup arbitrase apa pun yang seharusnya diselesaikan dengan LUNA dan mengembalikan harga ke pasak yang semula dimaksudkan dengan dolar AS.

Meskipun cadangan hanya terdiri dari Bitcoin saja saat ini, tim tidak mengabaikan kemungkinan memasukkan aset lainnya.

Tim Terra mengatakan bahwa rincian lebih lanjut dari sistem cadangan terdesentralisasi akan diterbitkan dalam minggu-minggu berikutnya.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.