Berita Altcoins · 6 min read

Nilai Transaksi Naik, LUNA Sentuh Harga Tertinggi

LUNA selaku token asli Terra berhasil melawan koreksi market beberapa waktu lalu dengan menembus peringkat TOP-10 dan menduduki tahta ke 9 papan cryptocurrency.

Selain itu, LUNA juga berhasil tembus All Time High baru dengan harga $97,88 pada 22 Desember, kemarin.

Pada saat penulisan, LUNA alami sedikit penurunan sebesar 8% dengan menetapkan harga $86,4. Meski begitu, harga tersebut sudah jauh membaik dari tahun lalu dengan kenaikan 12.000%.

Penyebab Kenaikan Harga LUNA

Belum lama ini, sebuah platform analitik yang berfokus pada DeFi dan NFT, DeFi Llama, menunjukkan TVL dalam Terra yang berhasil ungguli Binance Smart Chain dan mengambil alih posisi kedua sebagai platform DeFi terbesar kedua.

DeFi Llama mencatat total nilai yang dikunci dalam Terra mencapai $19,32 miliar, dengan kenaikan lebih dari 36%.

Fenomena tersebut diduga kuat sebagai alasan utama kenaikan harga LUNA di level tertinggi yang baru.

Total Nilai yang Terkunci dalam Terra

Sementara itu, Terra merupakan jaringan dari gabungan beberapa stablecoin yang dipatok fiat yang digunakan sebagai pembayaran e-commerce dan layanan DeFi dengan mata uang cadangan LUNA yang menopang harga stablecoin.

Baca juga: Salip BSC, Terra Jadi Platform DeFi Terbesar Kedua

TVL dari blockchain atau protokol DeFi sendiri mewakili total modal yang dimiliki dalam smart contract masing-masing jaringan. 

TVL akan dihitung dengan mengalikan jumlah agunan yang dikunci ke dalam jaringan dengan nilai aset saat ini.

Kenaikan Terra ke tempat kedua terjadi hanya dua minggu setelah melampaui pesaing layer-1 Solana (SOL) dan Avalanche (AVAX) untuk mengambil tahta ke-3 TVL.

Kini, Binance Smart Chain saat ini berada di urutan ketiga dalam daftar, dengan total senilai $16,69 miliar, diikuti oleh AVAX dengan kisaran $12,64 miliar, dan Solana yang bernilai $11,82 miliar.

Sementara Ethereum, memang masih duduk manis di tahta teratas dengan $155,1 miliar di TVL.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.