$1,2 Miliar Stablecoin Masuk Exchange Saat Market Koreksi

Rossetti Syarief

22nd November, 2021

Di tengah koreksi masal belum lama ini di pasar kripto, lebih dari $1,2 miliar stablecoins ternyata didepositkan ke exchange.

Menurut data yang dilansir dari sebuah perusahaan analitik Blockchain, Santiment, sejumlah crypto exchange menerima pasokan transaksi stablecoin per jam terbesar mereka tahun ini karena fenomena koreksi masal tersebut.

Santiment kemudian memberi tahu lebih dari 110.000 pengikutnya di Twitter, jika crypto exchange telah menerima begitu banyak stablecoins avalanche yang berhasil memecahkan rekor dalam bentuk Tether (USDT) dan Circle’s USD Coin (USDC).

Dengan banyaknya stablecoins yang telah berpindah ke exchange, menunjukan inisiatif trader yang langsung memborong aset besar-besaran dikala penurunan harga.

Menurut data, terdapat lebih dari 777,6 juta USDT ditransfer ke exchange, dan berjarak 6 jam kemudian terdapat 454 juta USDC yang ikut menyusul.

Ini adalah Tether inflow terbesar dalam 1 jam, sekaligus yang tertinggi dalam 4 bulan terakhir.

Tether and USD Coin Exchange Inflow

Minat Trader Bergeser ke Altcoin

Menyusul koreksi Bitcoin dari $69.000 menjadi di bawah $56.000, Santiment mengatakan timnya sedang membahas masalah ini lebih dalam lagi secara online, dengan risiko yang jauh lebih rendah daripada ini sejak bulan Juni.

Sejak 5 bulan yang lalu, Bitcoin memang sedang membuat sekitar setengah dari tingkat diskusi di platform crypto.

Hal ini dilakukan, karena jika ditinjau Altcoin terlihat ‘lebih booming’ di sepanjang tahun 2021, bahkan jika dibandingkan dengan major volatility stretches-nya.

Pada saat penulisan, sudah terdapat 15% diskusi pada platform crypto terkait dengan BTC.

Bitcoin Social Dominace

Sandbox Melawan Tren Koreksi

Ngomong-ngomong soal Altcoin, perusahaan analitik crypto tersebut juga mengatakan bahwa ada perusahaan yang berhasil melawan tren koreksi crypto belum lama ini. 

Sandbox (SAND) jawabannya. Jaringan yang berfokus pada metaverse, berhasil naik hampir 50% pada minggu lalu, dan berlawanan dengan arah harga pasar sambil menunjukkan sinyal on-chain yang menjanjikan.

“Sandbox saat ini berada di $4,32, berlawanan arah dari sebagian besar koreksi pasar yang telah terjadi minggu ini. Laba dan rugi realisasi SAND mulai normal lagi dan secara historis menjadi indikator utama yang sangat akurat.”

Pergerakan Harga SAND

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik