Berita Altcoins · 6 min read

Binance Bakar Token BNB Senilai $792 Juta

Pada Senin, 17 Januari, Binance mengatakan bahwa mereka telah melakukan membakar lebih dari 1,68 juta token BNB, yang mana jumlah tersebut bernilai sekitar $792 juta dengan harga pasar saat ini.

Binance juga mengumumkan keputusan mereka yang akan berkomitmen untuk menghapus setengah dari total pasokan BNB yang beredar, atau 100 juta dari 200 juta token yang awalnya merupakan pasokan. 

Sementara BNB yang dibakar hari ini mewakili jumlah yang setara dengan 0,84% dari pasokan awal Binance.

Binance mengintervensi dari sisi suplai BNB dengan cara “membakar koin” demi menjaga suplai Binance Coin tetap stabil karena mekanisme coin burning ini tentu akan menjaga suplai BNB terus menipis, sehingga harganya pun tidak anjlok. 

Burning coin pada tahun ini merupakan pembakaran triwulanan ke-18 sejak Binance mulai melakukan praktik tersebut pada tahun 2017.

Mekanisme Auto-Burn BNB

Burning coin kuartal ini merupakan yang pertama menggunakan formula “Auto-Burn”, yang secara otomatis menghitung jumlah pembakaran pada harga pasar dan jumlah blok yang diproduksi oleh Binance Smart Chain.

Model baru ini diharapkan menjadi lebih objektif dari yang sebelumnya. Changpeng Zhao selaku CEO Binance mengatakan bahwa mekanisme auto-burn ini akan memberikan otonomi yang lebih besar, transparansi, dan prediktabilitas

Karena mekanisme tersebut telah dirancang berdasarkan hasil feedback dari hodler dan masyarakat luas.

Sebelumnya, pihak Binance mengatakan jika jumlah coin burning akan diputuskan berdasarkan penggunaan BNB dan pendapatan yang dihasilkan oleh Binance exchange. 

Bagaimana Harga BNB Dipengaruhi?

Hingga saat penulisan, berita yang menyelimuti coin burning Binance hanya memiliki efek moderat pada harga BNB

Harga BNB memang sempat naik menjadi $478 yang mewakili kenaikan harga sekitar 1,5%. Meski tidak banyak, tetap ada kemungkinan harga akan terpengaruh lebih signifikan dalam jangka panjang karena perdagangan terus berlangsung.

Sementara Binance Coin saat ini merupakan cryptocurrency terbesar ketiga di pasar, dengan kapitalisasi $78 miliar. Dan pada saat penulisan BNB menetapkan harga $471,63 setelah alami sedikit penurunan di angka 3,2%.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.