Berita Bitcoin · 5 min read

Indikator Supertrend Tunjukan Bitcoin Bakal Bullish +239%

Bitcoin derivatif

Bitcoin menunjukan harga di atas $20.000 selama empat hari beruntun sejak 14 Januari 2023. Berdasarkan indikator Supertrend menunjukan bahwa tren kenaikan ini akan tetap berlanjut melihat kejadian masa lalu pada tahun 2019.

Per 18 Januari 2023 pukul 10.30 WIB, Bitcoin diperdagangkan pada harga $21.320. Sejak awal tahun Bitcoin sudah mengalami kenaikan sebesar +29%.

Indikator Supertrend

Supertrend merupakan indikator yang menunjukan trend dari grafik harga dalam periode waktu tertentu. Indikator ini dapat dimodifikasi dengan penempatan sinyal buy dan sell.

Akun twitter analis kripto dengan 22,8 ribu follower, Titan of Crypto (@Washigorira), memaparkan tweet yang menyatakan indikator Supertrend dalam timeframe lima hari pada grafik harga Bitcoin menunjukan sinyal buy untuk pertama kalinya.

Dalam analisisnya, ia membandingkan dengan kejadian tahun 2019, dua tahun setelah bullrun 2017 yang di mana tahun 2023 juga dua tahun setelah bullrun 2021.

Pada tahun 2019, sinyal buy ini juga muncul pertama kalinya setelah Bitcoin mengalami bear market di 2018. Setelah sinyal ini muncul, harga Bitcoin mengalami kenaikan +239% hingga Juni 2019.

Jika kejadian ini terulang kembali dengan kenaikan persentase yang sama maka harga Bitcoin diharapkan bisa berada di level $57.600.

Baca juga: Harga Bitcoin 2023 Bakal Sentuh $32.000, Ini Analisanya!

Investor Lepas Dari Fear

Semenjak kasus FTX yang dimulai pada November 2022 lalu, indeks fear and greed index menunjukan ‘fear‘ yang berarti investor kripto masih dihantui kecemasan terhadap pergerakan harga kripto yang cenderung menurun tiga bulan terakhir, ditambah kebangkrutan FTX yang menyebabkan ketakutan semakin menjadi.

Akan tetapi selama awal tahun 2023, market kripto menunjukan perbaikan dengan Bitcoin mengalami kenaikan +29% dari awal tahun diikuti oleh altcoin yang sebagian besar juga mengalami kenaikan. Indeks fear and greed pun untuk pertama kalinya keluar dari ‘fear‘ menuju ‘neutral‘ semenjak kasus FTX dimulai.

supertrend
Gambar: Indeks fear and greed per 18 Januari 2023

Per 18 Januari 2023, indeks menunjukan angka 52 dengan arti ‘neutral‘ dimana pada seminggu dan bulan lalu menunjukan angka 26 dan 29 dengan arti ‘fear‘. Ini berarti investor mulai membangun kepercayaan kembali untuk masuk ke kripto.

Gambar: Grafik indeks fear and greed dalam 3 bulan terakhir

Baca juga: Bitcoin Reli Awal Tahun, Ini Temuan Menarik dari Glassnode!


Artikel ini hanya berupa informasi dan bukan ajakan atau saran trading maupun investasi. Semua keputusan investasi berada di tangan investor dengan mengetahui segala risiko yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.