5

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Apa itu Time Frame di Trading Crypto

Apa itu Time Frame dalam Trading 

Time frame (TF) atau jangka waktu adalah kerangka waktu pada grafik harga yang mencerminkan kondisi dan tren yang sedang berlangsung di pasar keuangan.

Kerangka waktu ini merupakan unsur penting untuk melakukan analisa harga, ia juga penting untuk membantu konfirmasi atau membantah pola harga atau grafik yang terbentuk hingga menunjukan pola yang kontradiktif dan tren yang simultan. 

Time frame umumnya terbagi menjadi beberapa waktu, di antaranya adalah, 5 Menit, 15 Menit, 1 Jam, 4 Jam, 1 Hari, 1 Pekan, dan 1 Bulan. Penggunaan kerangka waktu ini akan bergantung pada kebutuhan dan strategi trader masing-masing. 

Jenis Time Frame 

Jangka Waktu Panjang

Di jenis ini jangka waktu yang umum digunakan adalah dalam hitungan hari atau bulan dan digunakan untuk melakukan trading posisi dalam jangka panjang, sehingga ia akan jarang bertransaksi dan akan melihat tren lebih luas. 

Jangka Waktu Menengah 

Di jenis ini jangka waktu yang digunakan adalah harian atau dalam hitungan jam, time frame ini sering digunakan untuk trader yang ingin melakukan swing trading. 

Jangka Waktu Pendek 

Jangka waktu yang digunakan umumnya dalam hitungan jam atau menit, seperti 4 jam, satu jam, 15 menit, bahkan 5 menit. Time frame ini sering digunakan oleh para scalper yang ingin mendapatkan keuntungan kecil di berbagai volatilitas harga dalam waktu singkat. 

Multiple Frame Trading 

Ini merupakan gabungan dari berbagai jangka waktu  untuk melihat kesempatan terbaik dalam mengambil posisi. Dalam strategi ini, umumnya trader menggunakan strategi price action atau pergerakan harga murni yang digabungkan dengan support and resistance atau penentuan batas atas dan bawah yang disesuaikan dengan tipe preferensi jangka waktunya masing-masing. 

Baca juga: 5 Strategi Trading Crypto Harian, Pemula Wajib Tahu!

Time Frame di Candlestick

Timeframe di candlestick

Jangka waktu ini terlihat jelas dalam penggunaannya dengan grafik candlestick. Masing-masing candlestick mencerminkan jangka waktu grafik tersebut. Jika grafik yang digunakan adalah grafik 1 Jam, maka 1 candlestick mencerminkan 1 Jam tersebut.

Umumnya 1 candlestick 1 Jam akan terbentuk dari 2 candlestick 30 Menit atau 4 candlestick 15 Menit akibat anatomi dari candlestick

Nantinya, dari candlestick 1 Jam tersebut akan tercipta banyak candlestick saat waktu sudah bergerak 1 Jam berikutnya dimana contohnya Jam 11.00 WIB dan 12.00 WIB memiliki candlesticknya sendiri.

Sehingga jika waktu telah berubah 1 Jam umumnya candlestick akan bertambah yang kemudian bersandingan membentuk grafik.

Umumnya perbedaan candlestick dalam jangka waktu grafik yang berbeda, memiliki kesinambungan antar satu sama lain dan biasanya semakin tinggi jangka waktunya, semakin stabil pergerakannya.

Baca juga: 14 Pola Candlestick dan Artinya Lengkap! Panduan untuk Pemula

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Time Frame?

Time Frame atau jangka waktu merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis grafik.

Kapan Time Frame atau Jangka Waktu dalam Grafik Bitcoin?

Yaitu grafik 5 Menit, 15 Menit, 1 Jam, 4 Jam, 1 Hari, 1 Pekan, dan 1 Bulan

Jangka Waktu Menentukan Tipe Trader?

Terdapat empat jenis yang bisa digunakan yaitu scalpers, day traders, swing traders, dan juga position traders.

Strategi Multiple Time Frame Untuk Trading Bitcoin?

Jangka Waktu Pertama (Panjang), Jangka Waktu Kedua (Menengah), Jangka Waktu Ketiga (Pendek)

Kapan Para Trader Melakukan Strategi ini?

Strategi ini sering digunakan oleh mayoritas trader untuk memberikan analisis yang lebih dalam sebelum membuka posisi.

Dhila Rizqia

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin