Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

5 Strategi Trading Crypto Harian, Pemula Wajib Tahu!

Trading adalah salah satu metode yang bisa dimanfaatkan para pemillik aset untuk mendapatkan keuntungan dari aset crypto yang mereka miliki.

Salah satu cara trading paling terkenal dan diminati banyak trader adalah trading harian.

Apa itu dan bagaimana strateginya? Selengkapnya di artikel berikut.

Trading Harian

Trading harian adalah startegi masuk dan keluar posisi di hari yang sama, ini memanfaatkan volatilitas dan likuiditas yang ada di pasar crypto.

Umumnya trader bisa membuka dan menutup posisi berkali-kali dalam satu hari mengikuti pergerakan pasar agar bisa menghasilkan keuntungan.  

Ada berbagai startegi yang bisa diterapkan untuk melakukan trading ini.

Strategi Trading Crypto Harian

Manajemen Risiko

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan, dalam manajemen risiko kamu harus menentukan berapa jumlah aset yang ingin ditradingkan, berapa keuntungan yang ingin didapatkan, dan kerugian yang sanggup diterima.

Baca juga: Minimalisir Kerugian dengan Manajemen Risiko Trading

Analisis Teknis

Strategi selanjutnya adalah melakukan analisis teknis, di sini kamu perlu mengetahui pergerakan harga pasar akan ke mana, apakah naik atau turun berdasarkan pola-pola candlestick yang terbentuk.

Dengan ini kamu akan mengetahui posisi apa dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menahan posisi tersebut agar bisa mendapatkan keuntungan yang ditargetkan.

Lihat Berita dan Sentimen

Strategi ini memang kurang populer tetapi akan sangat berguna jika kamu bisa memanfaatkannya. Di sini kamu perlu mengikuti berita-berita terkait ekonomi makro, geopolitik, atau tokoh terkemuka.

Contoh jelasnya bisa dilihat dari berita-berita terkait Elon Musk yang memiliki sentimen positif terhadap Doge atau Shiba, ketika ada berita Musk dengan aset tersebut seringkali harga kedua aset favoritnya itu naik, dan ini bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan di trading harian.

Selain itu, kamu bisa melihat situs web yang mencoba melacak sentimen cryptocurrency, paling populer dengan menganalisis obrolan Twitter.

Lebih banyak tweet positif tentang crypto artinya lebih banyak sentimen bullish, sementara lebih banyak tweet negatif artinya lebih banyak sentimen bearish.

Range Trading

Range trading mengasumsikan bahwa harga cenderung bergerak dalam kisaran tertentu. Menggunakan strategi ini melibatkan grafik candlestick dan level support dan resistance.

Trader mungkin membeli saat harga mencapai level support dan menjual saat harga mencapai level resistance atau mereka mungkin melakukan short saat harga mencapai resistance dan menutup posisi short saat harga turun ke support.

Scalping

Strategi ini melibatkan usaha untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga yang sangat kecil selama periode yang singkat. Seringkali ini memanfaatkan spread dalam  bid-ask spread atau kesenjangan dalam likuiditas.

Baca juga: Apa Itu Scalping? Cara Cuan Jangka Pendek

Karena mereka bertujuan untuk mengambil keuntungan dari pergerakan harga kecil, trader sering berdagang menggunakan leverage seperti margin atau kontrak berjangka untuk memperkuat keuntungan mereka.

Namun, ini juga memperbesar potensi kerugian, jadi mengelola risiko sangat penting dengan strategi ini. Karena sifat scalping yang serba cepat dan berisiko tinggi, ini lebih cocok untuk trader berpengalaman.

Tips Hindari Kerugian di Trading Crypto Harian

Pasang Stop Loss

Trader pemula seringkali lupa memasang stop loss, karenanya ketika arah harga bergerak berlawanan justru rugi yang didapatkan.

Karena itu memasang stop loss sangat penting dilakukan, dengan menggunakan fitur ini, ketika harga bergerak berlawanan dan tidak sesuai prediksi, bursa akan menutup posisi trader secara paksa dan ini berfungsi untuk meminimalisir kerugian.

Rugi dengan menggunakan stop loss adalah kerugian yang bisa diterima, karena trader sudah menyesuaikan angka kerugian sebelum membuka posisi.

Hindari Trading di Akhir Pekan

Menurut Trader veteran Scott Melker, trading harian di akhir pekan kurang tepat. Sebab, harga seringkali berubah dan sangat tidak stabil, hal ini pada akhirnya akan membuat prediksi menjadi sulit.

Data dari Coinmarketcap juga memperlihatkan jika aset crypto seperti Bitcoin dan Ethereum sering alami penurunan saat akhir pekan.

Jangan Trading Berlebihan

Ya, apa pun yang berlebihan tidak baik. Hal ini juga berlaku di trading crypto, karena itu kamu perlu membuat manajemen risiko agar kondisi ini bisa dihindari.

Apabila sudah untung dan sesuai target kamu bisa menghentikan trading, dan apabila rugi sebaiknya istirahat lebih dulu dan bukan nekat melakukan trading demi menutup kerugian.

Biasanya jika terus trading ketika sudah rugi besar hasilnya tidak baik, karena melibatkan emosi yang membuat trader tidak berpikir jernih dan akhirnya rugi lebih banyak.


Itu dia penjelasan mengenai trading harian, startegi, dan tips menghindari risiko dari metode jual beli ini.

Trading ini bisa dijadikan salah satu cara meraih keuntungan, tetapi selalu pastikan kamu memiliki manajemen risiko, kemampuan yang memadai untuk melakukan trading harian, dan mengetahui segala risiko yang ada di baliknya.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin