Berita Altcoins · 6 min read

Solana VS Polkadot, Mana yang Jadi Primadona Investor?

Biasa disandingkan dengan Cardano, Solana kini ganti rival bersama Polkadot dan untuk bersaing menjadi primadona investor masing-masing. 

Fenomena ini terjadi setelah koin DOT mencatat keuntungan tinggi di kuartal 3 tahun ini. Dengan kenaikan 150% sepanjang Agustus dan September, minat institusional juga memuncak.

Solana VS Polkadot

Menurut data yang dilansir dari Messari, aset crypto yang paling sering dimiliki oleh investor sepanjang kuartal 3 tahun ini adalah Polkadot.

Aset Paling Umum Dimiliki Oleh Crypto Funds di Q3

Sedangkan jika ditinjau dari aset teratas yang diinvestasikan, Solana memiliki circulating market cap paling tinggi yang memimpin semua altcoin. 

Solana juga menunjukkan ROI v. USD yang tinggi sebesar 9837,50%, serta memiliki kinerja yang solid sepanjang tahun.

Sementara Polkadot sangat terbantu oleh lelang slot parachain-nya yang meningkatkan volume transaksi pada jaringan.

Koin DOT bahkan sempat sentuh harga tertingginya sepanjang masa karena pembaruan tersebut.

Selain itu, berita seperti DFG Group, yang mengendalikan $1 miliar di AUM, mengumumkan bahwa mereka menjanjikan 300.000 Polkadot senilai $12,65 juta untuk mendukung tawaran parachain Astar Network, juga berkontribusi.

Dan jika direkap, jaringan Solana dan Polkadot selama menjelang akhir tahun ini, sebenarnya telah mengumpulkan banyak minat institusional.

Namun, untuk saat ini Polkadot memang masih jauh di bawah Solana. Dengan catatan rekor dan inovasi yang terus berkembang, sepertinya DOT akan merangkak naik untuk menyandingi SOL dalam waktu dekat.

Sisi Buruknya…

Setelah Bitcoin koreksi besar pada 16 November, baik DOT maupun SOL tidak ada yang bertahan seperti yang diharapkan. Salah satu alasan dibalik hal tersebut tentu karena euforia ritel yang relatif lemah.

Harga Solana turun 12% selama seminggu terakhir, sementara DOT turun 17% selama periode yang sama.

Volume perdagangan DOT, terlepas dari ATH baru-baru ini, tidak sesuai dengan level prediksi yang di buat awal September lalu.

Kasus Solana juga tidak jauh berbeda. SOL tidak bisa mempertahankan harganya dan terus saling geser posisi dengan koin ADA untuk mempertahankan posisi TOP-5.

Namun pada saat penulisan, SOL masih lebih unggul dari ADA.

Disclaimer: Artikel ini merupakan berasal dari berbagai sumber dan pandangan penulis, artikel ini bukan ajakan untuk investasi. Semua keputusan ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala keuntungan dan resikonya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.