Real Madrid dan Barcelona Masuk ke Metaverse

Nabiila Putri Caesari

12th August, 2022

Metaverse menjadi trend terbaru di 2022, istilah ini menjadi magnet yang menarik bagi perusahaan dan merek-merek besar untuk menjelajahi dunia virtual yang masih abstrak itu.

Terbaru adalah Real Madrid dan Barcelona, dua klub sepak bola papan atas dunia itu diketahui masuk ke metaverse, yang menariknya mereka mengajukan aplikasi merek dagang cryptocurrency dan metaverse bersama, menurut pengacara merek dagang metaverse Mike Kondoudis yang berbagi berita di Twitter pada 11 Agustus

Baca juga: Mengenal Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Real Madrid dan Barcelona mengajukan merek dagang yang mencakup permainan realitas virtual, pakaian virtual yang tidak dapat diunduh, alas kaki, dan penutup kepala, perangkat lunak manajemen transaksi blockchain yang dapat diunduh, perangkat lunak dompet elektronik, dan banyak lagi. Permohonan merek dagang diajukan ke kantor United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Kedatangan Sepakbola ke Metaverse dan NFT

Sebelumnya, klub sepak bola Inggris Crystal Palace terlebih dahulu mengajukan merek dagang untuk lambangnya yang mencakup NFT, crypto, pakaian virtual, perlengkapan olahraga, dan lainnya. 

Selain itu, pemain sepak bola David Beckham juga merambah ke ruang NFT dengan mengajukan tiga merek dagang di April 2022, berupa token digital, pakaian, dan alas kaki virtual, serta acara virtual.

Pada awal Juni, Liga Premier Inggris (EPL) ikut serta mengajukan dua merek dagang dengan United States Patent dan Trademark Office (USPTO) untuk nama dan logo ‘kepala singa’, serta logo ‘trofi piala”. 

Atlet sepak bola lainnya juga ikut masuk ke ruang NFT, misalnya Cristiano Ronaldo yang menandatangani kemitraan NFT eksklusif dengan pertukaran crypto Binance untuk membuat beberapa produk NFT di platform.

Ronaldo bergabung dengan sejumlah atlet dan entitas olahraga secara global, yang mengikuti tren NFT dalam upaya untuk mempertahankan keterlibatan dengan penggemar. 

“Hubungan saya dengan para penggemar sangat penting bagi saya, jadi ide untuk menghadirkan pengalaman dan akses yang belum pernah ada sebelumnya melalui platform NFT ini adalah sesuatu yang saya ingin menjadi bagiannya. Saya tahu para penggemar akan menikmati koleksi ini sama seperti saya,” kata Ronaldo. 

Baca juga: Siap-siap Liga Sepak Bola Spanyol, LaLiga akan Luncurkan NFT

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.