Sipa-siap Liga Sepak Bola Spanyol, LaLiga akan Luncurkan NFT

Anisa Giovanny

11th September, 2021

Siap-siap bagi para penggemar sepak bola dan crypto, Liga sepak bola top Spanyol yakni LaLiga telah menandatangani kesepakatan kemitraan eksklusif dengan startup fantasy soccer game blockchain Prancis Sorare untuk mengeluarkan non fungible token NFT untuk semua pemainnya.

Kemitraan ini mencakup pemain dari LaLiga Santander (divisi utama) dan LaLiga Smartbank (divisi kedua).

Ini akan memungkinkan kolektor dan penggemar untuk bersaing langsung dengan tim yang terdiri dari lima orang di sejumlah turnamen sepak bola fantasi yang berbeda.

Klub LaLiga akan menerima royalti dari penjualan NFT, dan Sorare telah membayar liga jaminan minimum untuk memastikan eksklusivitas kesepakatan.

“Kemitraan dengan Sorare, proyek NFT olahraga paling menarik saat ini, memungkinkan kami untuk menjangkau audiens baru secara global dan memberikan cara tambahan kepada penggemar yang ada agar mereka dapat terlibat dengan para pemain dan klub yang mereka cintai,” kata YaJavier Tebas, presiden LaLiga.

LaLiga bukanlah klub sepak bola pertama yang berkolaborasi dengan Sorare.

Perusahaan telah dilisensikan untuk memproduksi NFT oleh sebagian besar dari 100 klub sepak bola teratas di dunia, termasuk Juventus, AC Milan, Liverpool FC, Paris Saint-Germain FC, Real Madrid,  dan lain sebagainya.

NFT Bukan Hal Baru di Olahraga

Sorare hanyalah salah satu dari banyak cara di mana industri sepak bola memanfaatkan NFT, token unik secara kriptografis yang dapat digunakan untuk mewakili konten digital seperti karya seni atau barang koleksi.

Di A.S., Major League Soccer telah memilih karya seni NFT yang  mewakili pemain sebagai NFT, sementara tim Liga Premier Ukraina Dynamo Kyiv telah meluncurkan tiket pertandingan NFT di pasar pertukaran crypto Binance.

Olahraga lain juga menggunakan NFT, contohnay adalah platform koleksi video berbasis NFT NBA Top Shot telah menghasilkan penjualan lebih dari $500 juta sejak awal.

Sementara dalam beberapa bulan terakhir saja, perusahaan stake olahraga DraftKings, pertukaran crypto FTX dan quarterback bintang NFL Tom Brady semuanya telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan pasar NFT .

Tapi NFT bukan satu-satunya teknologi blockchain yang digunakan oleh industri sepak bola.

Merek lain yang membuat terobosan antara sepak bola dan koleksi digital adalah Socios. Merek tersebut membuat token penggemar yang sepadan untuk klub sepak bola.

Token tersebut pendukung untuk mengakses hadiah VIP dan eksklusif, dan memberi mereka suara dalam jajak pendapat yang tidak mengikat tentang masa depan klub favorit mereka di situs web Socios.

Beberapa klub sepak bola papan atas Eropa telah menandatangani kesepakatan token penggemar dengan Socios, termasuk Juventus, AC Milan, Barcelona, ​​dan Paris Saint-Germain.

Pemenang Liga Premier Inggris 2020 Manchester City merilis token penggemar CITY  dengan menandatangani kesepakatan dengan Socios.

Tidak puas dengan hanya menjelajahi opsi yang  tersebut, klub juga mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan perusahaan game blockchain Animoca untuk mengembangkan koleksi NFT.

Di masa depan bukan tidak mungkin semakin banyak klub olahraga yang meluncurkan NFT mereka sendiri, sebab fans olahraga menyukai barang koleksi. Maka, tidak mengherankan jika klub-klub top dunia beralih ke blockchain dan NFT untuk menciptakan koleksi virtual generasi berikutnya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency