Siaran Pers · 6 min read

3 Proyek Blockchain di Inkubator EGG Web3 Tezos

Proyek blockchain di Tezos

Pada tanggal 15 September, TZ APAC memulai EW3I di mana 23 tim dari 8 negara dipilih karena potensi luar biasa mereka untuk menciptakan solusi Web3 dunia nyata.

Dalam prosesnya Tezos menghadirkan waktu demo untuk proyek, di waktu ini para pendiri proyek berpartisipasi, di mana mereka akan diberi waktu 3 menit untuk mempresentasikan presentasi mereka kepada beberapa mentor dan investor top industri yang berpartisipasi.

Baca juga: TZ APAC Kenalkan Ragam Proyek Baru di Inkubator EGG Web3

Melalui hari demo dari Tezos, ada tiga proyek blockchain yang dianggap mampu memberikan solusi untuk masalah perubahan iklim, pendanaan bagi game indie, hingga mengubah lanskap industri pembuatan konten.

Ketiga proyek itu adalah VChained, Acxyn, dan MagicNFTy. Berikut adalah ulasan singkat mengenai ketika proyek tersebut. 

Vchained – Atasi Masalah Perubahan Iklim

Memerangi perubahan iklim membutuhkan perbaikan rantai pasokan, yang bertanggung jawab atas 60% dari semua emisi karbon di dunia. Namun, jejak karbon tidak mungkin dilacak dan regulasi pada tingkat tertentu telah gagal. Misalnya, India telah memberlakukan persyaratan pelaporan ESG untuk semua perusahaan pada tahun 2030, tetapi perusahaan bahkan tidak memiliki akses ke teknologi tersebut. 

VChained memelopori masa depan yang berkelanjutan untuk industri rantai pasokan, membantu perusahaan mencapai emisi nol bersih melalui data yang diverifikasi blockchain.

VChained
VChained

Antarmukanya yang sederhana dan tanpa kode rumit memberi perusahaan dan konsumen keterlacakan produk secara menyeluruh, jejak karbon, dan wawasan data cerdas. Ini juga sangat dapat disesuaikan, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membangun backend mereka sendiri, mengaktifkan alur dan logika kustom.

Dengan menggunakan blockchain dan digitalisasi tidak ada risiko kehilangan data, korupsi, atau gangguan data. Dengan VChained, entri data membuat blok, yang ditambahkan secara on-chain dan dapat diakses hanya dengan memindai kode QR. Ini sangat meningkatkan rantai pasokan dengan keamanan tingkat berikutnya; efisiensi operasional, dan pengurangan biaya.

Selain apa yang dapat diperiksa oleh database (harga, bahan baku), VChained juga dapat melacak parameter lain seperti kualitas produk, pengiriman, faktur dan bahkan jejak karbon. 

Secara tradisional, sistem bersifat silo, yang berarti banyak sistem yang berbeda digunakan untuk melacak produk pada berbagai tahapan siklus hidupnya. 

VChained menyediakan interkonektivitas di industri, sementara produk lain fokus pada satu industri tertentu, VChained kompatibel lintas industri, menyatukan semua ini dalam satu solusi akhir.Teknologi VChained memberikan kemudahan melalui integrasi yang mudah.

Solusi yang ada dapat diintegrasikan langsung dengan API mereka, yang berarti migrasi penuh tidak diperlukan. Otomatisasi aliran dan perangkat IOT terhubung, menghilangkan kebutuhan untuk entri manual dan memungkinkan pemicu melalui teks sederhana, panggilan telepon, atau sensor.

Pada 2021, VV bersaing dengan 500 perusahaan rintisan untuk memenangkan program Microsoft Century yang disampaikan oleh TZ APAC dan Tezos India, yang dirancang untuk mengidentifikasi solusi blockchain yang siap digunakan perusahaan untuk kasus penggunaan khusus industri.

Setelah memenangkan dan menerima hibah, VChained pun direalisasi. Hari ini, Produk Layak Minimum (MVP) keluar dengan versi beta pun telah tersedia. Informasi selengkapnya dapat ditemukan di situs VChained. 

Acxyn – Berdayakan Developer Game

Acxyn adalah start-up GameFi yang bertujuan untuk memberdayakan pengembang game dengan manfaat seperti data baru yang kompatibel lintas game dan strategi monetisasi modal.

Acxyn
Acxyn

Dengan visi yang kuat untuk masa depan industri game, Acxyn berkomitmen untuk menyediakan alat Web3 yang dibutuhkan developer game agar berhasil. Platform pertama dari jenisnya, Acxyn berpotensi merevolusi industri game senilai $235,7 miliar.

Acxyn menggunakan teknologi Web3 untuk memberi pengembang data cerdas, yang digunakan untuk secara otomatis memberi token pada ekonomi game dan kekayaan intelektual.

Baca juga: Memahami Web 3.0, Evolusi Internet, dan Efek untuk Crypto

Dengan infrastruktur Plug n’ Play mereka, pengembang game tidak memerlukan pengetahuan apa pun tentang blockchain untuk mendapatkan semua manfaat yang diberikan Acxyn.

Proyek ini menawarkan alat data bertenaga AI dan komerisialisasi kekayaan intelektual yang akan menentukan nilai total permainan selama negosiasi M&A/pembelian, atau untuk pelaporan keuangan. Ini juga penting selama perjanjian lisensi, ketika game, acara, atau film lain ingin membayar pengembang game untuk menggunakan IP mereka. 

Acxyn tidak hanya menangani pendaftaran legal IP untuk pengembang game, tetapi juga menempatkan nilai token di dalamnya berdasarkan Algoritma Penilaian Kepemilikan.

Terakhir, game indie dapat memperoleh manfaat dari lisensi IP  yang merupakan pendorong keuntungan, ini uga mengubah permainan untuk pengembang dengan memungkinkan pinjaman dan pinjaman tanpa jaminan, dan mengamankan pembiayaan melalui menjaminkan IP sebagai jaminan.

Baca juga: 3 Situs Data GameFi Terbaik untuk Berburu Token Game Terbaru

MagicNFTy 

MagicNFTy adalah alat manajemen komunitas tanpa kode, yang memungkinkan influencer untuk memanfaatkan teknologi blockchain dengan mudah.

MagicNFTy
MagicNFTy

Dengan MagicNFTy, pembuat konten dapat dengan mudah membuat token merek, menandai konten mereka, dan mengelola komunitas mereka.

Ini memberikan tingkat kontrol dan transparansi baru bagi pembuat konten dan memastikan bahwa mereka mendapat kompensasi yang adil atas pekerjaan mereka, dan memberi mereka kepemilikan penuh atas konten mereka.

Baca juga: Perbedaan Metaverse dan NFT yang Penting Dipahami

MagicNFTy menggunakan teknologi NFT, dan kontrak cerdas royalti untuk memungkinkan pembuat konten memonetisasi konten mereka secara langsung.

Pembuat konten dapat membangun “tembok” untuk memamerkan kreativitas atau produk mereka. Di sinilah semua konten diposting dan keterlibatan terjadi. MagicNFTy memudahkan kreator untuk menjual produk seperti merchandise atau tiket, tanpa meninggalkan platform.

Melalui teknologi NFT, kreator dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi kepada semua penggemarnya. NFT yang berbeda akan memberikan tingkat akses yang berbeda ke pembuatnya.

Kreator pun dapat mengelola keterlibatan komunitas dengan mudah dan tetap terhubung melalui hal-hal seperti airdrop dan platform obrolan.

Pembuat konten dapat memberikan penghargaan kepada komunitasnya atas keterlibatan mereka dengan cara yang berdampak dan autentik.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.