Prediksi Altcoin yang Akan Meroket 2022

Anisa Giovanny

1st January, 2022

Cryptocurency meraih pencapain luar biasa, dengan banyak rekor tercipta. 2021 crypto pun alami pergerakan naik dan turun yang tidak terduga, namun pada akhirnya masih bertahan dan terus kedatangan investor baru.

Melihat hal tersebut, jelas jika crypto masih aka menjadi bahasan hangat tahun 2022.

Apa saja crypto yang akan bertahan dan patut diperhatikan tahun 2022? Coinvestasi merangkumnya dalam prediksi altcoin berikut ini.

Ethereum (ETH)

Prediksi altcoin pertama adalah, Ethereum. Vijay Valecha, kepala investasi di perusahaan konsultan keuangan Century Financial, mengatakan kinerja Ethereum yang kuat didukung oleh dua faktor utama.

Pertama, eter memiliki potensi penggunaan nyata tingkat tinggi. Ini adalah cryptocurrency asli dari blockchain ethereum, yang merupakan platform utama untuk kontrak pintar dan segmen cryptoverse yang tumbuh cepat.

Ethereum diperkirakan akan terus memegang pangsa terbesar dari pasar kontrak pintar, yang diproyeksikan mencapai US$345 juta pada tahun 2026.

Kedua, peningkatan ethereum baru-baru ini, yang dikenal sebagai peningkatan Altair, telah diterima dengan baik oleh investor, karena membuat jaringan lebih terukur dan aman.

Peningkatan ini merupakan tambahan dari keberhasilan implementasi “hard fork London” ethereum beberapa bulan yang lalu.

Upgrade London Hardfork adalah langkah signifikan dalam transisi ethereum dari model proof-of-work (POW) yang lebih intensif energi ke model proof-of-stake (PoS) yang hemat energi, yang dijadwalkan selesai pada 2022.

Penggunaan blockchain dalam aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) juga akan membantu meningkatkan harga eter.

“Kasus penggunaan Ethereum sangat luas, termasuk menyediakan aplikasi inovatif dalam keuangan terdesentralisasi, token dan game yang tidak dapat dipertukarkan,” bantah Valecha.

Harga mata uang kripto terbesar kedua di dunia telah tumbuh lebih dari 500% sepanjang tahun ini, naik menjadi US$4.498, melampaui kenaikan 103% bitcoin untuk periode yang sama.

Solana (SOL)

Solana telah menjadi pemain top pada tahun 2021, dengan kapitalisasi pasar US$65 miliar, yang raih kenaikan harga lebih dari 10.000% naik dari US$1,61 menjadi US$214. Pada periode yang sama, ethereum telah meningkat 543%.

Solana dikembangkan untuk membantu mendukung kasus penggunaan keuangan terdesentralisasi, aplikasi terdesentralisasi, dan kontrak pintar.

Ini berjalan pada model proof-of-stake dan proof-of-history yang memungkinkan pemrosesan transaksi yang cepat dan aman. 

Banyak yang menyebut Solana adalah saingan terdekat Ethereum sebab blockchainnya menawarkan biaya yang lebih murah dan cepat. Jika banyak proyek crypto terbaru yang lebih memilih Solana sebagai pondasi , besar kemungkinan Solana mampu menyalip Ethereum di masa depan.

Polkadot (DOT)

Dengan kemampuan unik untuk mengintegrasikan banyak blockchain yang berbeda dengan membuat jaringan cryptocurrency yang menghubungkan mereka untuk bekerja secara bersamaan, Polkadot telah berkembang pesat.

Polkadot akan meluncurkan slot tambahan parachain yang ijadwalkan berlangsung pada 23 Desember dengan pemenang lelang akan diberikan pada 11 Maret 2022.

Setiap proyek yang ingin mengikuti lelang ini perlu memberikan jumlah token DOT yang banya agar bisa menang dalam lelang. Untuk memenuhi syarat itu tak jarang proyek akan membeli DOT atau mengadakan crowdloan. Dengan mekanisme ini diprediksi akan banyak DOT yang dibeli dan bisa mendorong harganya naik tahun depan.

Dikutip dari Yahoo Finance, banyak ahli memperkirakan bahwa Polkadot akan naik rata-rata sekitar $66.01 pada akhir tahun 2022 dan $146.80 pada akhir tahun 2025.

Menurut analis terkemuka Benjamin Cowen, DOT bisa berada dikisaran kisaran $50 hingga $60. Namun ia berharap tren naik akan berada di pihak DOT dan bisa membubuhkan harga tertinggi sepanjang masa di 2022.

Sandbox (SAND)

Metaverse telah menjadi topik hangat selama beberapa bulan terakhir, terutama dengan Mark Zuckerberg  yang mengganti nama Facebook menjadi meta.

Melihat trend ini token-token yang mengusung metaverse diprediksi akan naik, salah satunya adalah The Sandbox yang telah naik 5.000% tahu ini, Adidas bahkan bergabung dengan  The Sandbox yang membuatnya semakin dikenal.

Berdasarkan roadmap, game lengkap The Sandbox akan dirilis tahun depan, dengan perilisan ini banyak yang mengantisipasi harga Sand yang mungkin saja meroket dan melebihi kenaikannya tahun ini.

Kemudian di 2023 proyek ini berharap memiliki  5000 game yang tersedia, dan akan membuat The Sandbox DAO yang akan memungkinkan pengguna untuk berperan dalam pengambilan keputusan untuk platform.

Saat artikel ini ditulis harga SAND berada dikisaran $6.24,menurut Coinpriceforecast harga token tersebut bisa mencapai mencapai $10 pada pertengahan tahun 2022 dan kemudian $20 pada akhir tahun 2024.

Sandbox akan naik menjadi $25 pada tahun 2026 dan $50 pada tahun 2031. Sedangkan menurut Wallet Investor memiliki prediksi harga tahun 2025 sebesar $31,14. Prediksi ini mewakili kenaikan 413%.

Polygon (Matic)

Prediksi altcoin lainnya adalah, Polygon dengan asetnya Matic yang telah lebih dari 10.000% dalam satu tahun.

Dengan mengatasi masalah skalabilitas di beberapa blockchain, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan cryptocurrency di seluruh dunia.

Ada beberapa hal yang membuat Matic diprediksi akan melesat tahun 2020, diantaranya adalah pertumbuhan yang terus berlangsung termasuk untuk sektor game, NFT, DAO, DeFi yang membuat Matic berada di posisi 20 besar kapitalisasi pasar.

Tahun ini proyek juga berhasil meningkatkan sistem dengan membawa proyek metaverse yang menjanjikan dan juga MATIC Plasma Chain yang terintegrasi.

Dengan peningkatan ini, Polygon dapat meningkatkan skalabilitas jaringannya dan dapat memasukkan lebih banyak proyek dalam beberapa dekade mendatang.  

Proyek ini juga berhasil mengintegrasikan aset ke BigQuery Google Cloud. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses Kumpulan Data Blockchain Polygon yang sekarang tersedia di Google BigQuery, meningkatkan aksesibilitas dan pemosisiannya.

Saat ini Polygon telah mendaftarkan 250+ aplikasi, lebih dari 60 juta transaksi, dan 700.000 pengguna unik dalam waktu singkat.

Dikutip dari Trading Education, para ahli crypto percaya bahwa bahkan jika Ethereum 2.0 keluar, Polygon masih akan mendapatkan bunga karena biayanya masih akan jauh lebih rendah untuk memindahkan crypto di Ethereum.

Digitalcoinprice.com, misalnya, memprediksi harga MATIC sebesar $3,64 selama 12 bulan ke depan. Ini menunjukkan peningkatan sebesar 82%.


Itu dia prediksi altcoin yang akan melesat tahun depan, artikel ini hanya berupa informasi dan edukasi bukan merupakan ajakan untuk investasi. Semua keputusan pembelian crypto dilakukan oleh masing-masing investor dengan mengetahui keuntungan dan risikonya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency