Polkadot Sentuh Harga Tertinggi! Kapitalisasi Pasarnya Cetak Rekor

Naufal Muhammad

14th January, 2021

Harga Koin DOT dari jaringan Protokol Polkadot dikabarkan telah naik menyentuh harga tertinggi. Hasilnya kapitalisasi pasarnya saat ini mencetak rekor terbaru dan mengalahkan beberapa mata uang crypto utama.

Polkadot Sentuh Harga Tertinggi

DOT dikabarkan telah mengalami apresiasi sejak kemarin sebesar hampir 50,5% untuk menyentuh harga tertingginya pada $12 pada bursa Bitfinex. Apresiasi ini merupakan lanjutan dari akhir Desember 2020 walau di awal Januari 2021 mengalami koreksi.

Saat ini, walau mulai terkoreksi, harganya masih dapat bertahan di atas $11,90 yang merupakan pencapaian untuk koin Protokol Polkadot ini. Apresiasi ini terlihat terjadi dengan pergerakan Bitcoin yang berhasil menembus kembali batas atasnya dan sedang menuju $40.000.

Baca juga: Semakin Luas, Polkadot Luncurkan Aliansi DeFi dengan Chainlink

Sehingga belum ada penyebab khusus mengapa DOT bisa naik menyentuh harga tertinggi kecuali akibat dari dorongan pasar. Hal ini juga disebabkan oleh keseluruhan pasar crypto yang saat ini mendapatkan dorongan positif dari apresiasi Bitcoin.

Sentimen di sekitar pasar crypto juga masih terlihat positif akibat mulai bertambahnya jumlah kepercayaan terhadap fundamental dari crypto sendiri. Hasilnya, walau sebelumnya mengalami koreksi, masih banyak pihak yang tertarik terhadap crypto dengan melakukan alokasi dana investasinya.

Kapitalisasi Pasar Mencetak Rekor Terbaru

Hasilnya koin seperti DOT juga ikut terdampak mengingat pergerakannya juga masih terus positif sejak berdiri. Akibat dari apresiasi harganya sejak kemarin, kapitalisasi pasar DOT mencetak rekor terbaru.

Kapitalisasi pasar DOT berhasil menembus $10 Miliar saat apresiasi ke harga tertingginya terjadi. Pencapaian tersebut merupakan pergerakan pertama kali sejak DOT diciptakan, walau tekanan pengambilan keuntungan telah mendorong kapitalisasinya turun, namun masih berada di atas $10 Miliar saat ini.

Baca juga: Polkadot (DOT) Diharapkan Jadi Blockchain 3 Teratas

Saat ini DOT masih berdiri kuat di peringkat kelima dalam kapitalisasi pasar. Pencapaian ini membuat DOT berhasil mengalahkan Litecoin yang sebelumnya mengalahkan posisi DOT dan XRP.

Saat ini DOT berada di bawah XRP dan masih terlihat akan menetap di posisi kelima tersebut. Secara sejarah, DOT memang memiliki pertumbuhan yang cepat dimana dalam tiga hingga empat bulan pertamanya kapitalisasi pasarnya telah mencapai sepuluh besar dan saat ini berhasil mencapai lima besar.

DOT Terus Berkembang

Dalam waktu yang singkat di masa awalnya, Dot telah berhasil mencapai kapitalisasi pasar sebesar $5 Miliar. Saat ini angkanya telah terlihat naik dua kali lipat dalam jangka waktu kurang dari enam bulan.

Hingga saat ini Polkadot masih tergolong sebagai pendatang baru dalam jaringan blockchain. DOT sendiri diciptakan dalam kepemimpinan Gavin Wood dan Jutta Steiner dari Parity Technologies yang pada masa awal Polkadot juga sibuk mengerjakan proyek berbasis Ethereum.

Pada Desember 2019, Parity Technologies menyatakan bahwa mereka akan fokus ke Polkadot dan meninggalkan proyek lainnya. Namun walaupun begitu, Polkadot diciptakan bukan menjadi saingan dari Ethereum namun sebagai penguat Ethereum.

Baca juga: Apa itu Polkadot? Panduan Lengkap untuk Pemula dalam 3 Menit!

Polkadot diciptakan untuk menyambungkan beberapa blockchain agar dapat dioperasikan secara bersamaan. Sejak berdiri pada Bulan Mei, Polkadot telah menarik pengembangan dari beberapa proyek seperti Moonbeam dan KILT.

Hingga saat ini DOT sendiri masih terus mengalami perkembangan akibat banyak pihak yang ingin ikut serta mengembangkan protokolnya. Sehingga ke depannya kemungkinan besar DOT akan terus mendapatkan sentimen positif yang juga akan terus mendorong harga serta kapitalisasi pasarnya.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.