Perusahaan Kredit Rumah Terbesar Kedua di Amerika Mulai Terima Crypto

Naufal Muhammad

19th August, 2021

United Wholesale Mortgage (UWM), perusahaan kredit perumahan terbesar kedua di Amerika, dikabarkan mempublikasi rencana adopsi crypto.

Publikasi tersebut dilakukan melalui CEO Mat Ishbia, yang menyatakan rencananya pada rapat hasil kinerja kuartal kedua perusahaan.

United Wholesale Mortgage Adopsi Kredit Crypto

Dikabarkan bahwa UWM berencana untuk mengadopsi crypto sebagai salah satu alat pembayaran dan juga jaminan dalam kreditnya.

Dari kabar yang beredar, tercatat bahwa UWM akan mengadopsi Bitcoin sebagai langkah awal menuju adopsi crypto secara menyeluruh.

Kabar ini beredar setelah CEO UWM, Mat Ishbia, menyatakan bahwa perusahaannya telah memiliki kinerja yang baik, dan berencana mengadopsi crypto.

Hanya di kuartal kedua 2021 saja, perusahaan ini telah berhasil mencatat keuntungan sebesar $138,7 Juta atau Rp1,99 Triliun.

Kondisi positif ini membuat CEO nampaknya mulai berani untuk keluar dan menjelajahi inovasi baru, dan nampaknya crypto menjadi tujuannya. CEO menyatakan,

“Kami sangat antusias untuk mengeksekusi rencana adopsi crypto sebelum ada pihak lain yang melakukannya di negara ini. Kami akan mulai dengan Bitcoin, namun kami juga mempelajari Ethereum dan beberapa crypto lainnya.”

Menurut pernyataannya, UWM akan mulai mengadopsi crypto kemungkinan besar di sekitar akhir kuartal ketiga atau awal kuartal keempat 2021.

UWM memastikan bahwa adopsi tidak akan dilakukan dengan tergesa-gesa namun mereka memastikan bahwa perusahaannya akan tetap memimpin inovasi di bidangnya.

Crypto Meluas Menuju Properti

Walau belum ada kepastian lanjutan, kabar ini telah membuktikan potensi crypto untuk digunakan di berbagai sektor perekonomian.

Dengan adopsi oleh UWM, crypto akan mulai masuk ke ranah properti dengan sangat mudah, mengingat kondisi perusahaannya yang masih sangat baik.

UWM saat ini merupakan perusahaan pemberi kredit properti terbesar kedua di Amerika dengan jumlah pinjaman kredit melebihi 500 ribu pinjaman.

Kurang lebih nilai pinjaman perusahaan kepada masyarakat ritel dan secara keseluruhan berada di nilai sekitar lebih dari $180 Miliar atau Rp2.588 Triliun.

Namun penggunaan crypto di sektor properti sudah pernah dilakukan sebelumnya dan UWM bukan menjadi yang pertama.

Sebelumnya, BitPay telah mempermudah penjualan properti senilai $1,6 Juta atau Rp23 Miliar dalam bentuk Bitcoin di Tahun 2014.

Tapi, UWM menjadi perusahaan kredit properti pertama di Amerika yang akan mengadopsi crypto, sehingga langkahnya cukup signifikan.

Sayangnya UWM bukan yang pertama di dunia, karena pada April 2021, Matrix Mortgage Global, perusahaan pinjaman properti di Kanada telah mendahuluinya.

Pada saat itu, perusahaan tersebut mengumumkan bahwa jasa pinjamannya resmi menerima Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash dan beberapa Stablecoins.

Pembayaran tersebut dilakukan melalui BitPay dan dapat digunakan untuk membayar pinjaman dan juga menjadikannya jaminan saat meminjam.

Untuk saat ini nampaknya pertumbuhan crypto di sektor properti akan tumbuh cepat dengan adanya beberapa perusahaan negara yang melakukan hal serupa.

Oleh karena itu, ke depannya, kemungkinan besar crypto akan semakin besar di ranah properti, dan pasar akan mulai melihat proyek-proyek crypto baru terkait properti.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.