Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Jangan Tertukar! Ini Beda Bitcoin dan Bitcoin Cash

Serupa tapi tak sama, itulah kata yang bisa ditawarkan pada dua aset kripto bernama mirip yakni Bitcoin dan Bitcoin Cash.

Keduanya memiliki nama depan yang serupa namun untuk soal ketenaran, kapitalisasi pasar hingga harga Bitcoin memang lebih unggul dari pada Bitcoin cash yang muncul belakangan. 

Di artikel ini kita akan mencoba mengetahui perbedaan Bitcoin dan Bitcoin cash, mana yang lebih unggul?  

Mengenal Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat pada Januari 2009. Ini mengikuti ide-ide yang ditetapkan dalam whitepaper oleh Satoshi Nakamoto yang misterius.

Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional dan, tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah, Bitcoin dioperasikan oleh otoritas yang tersentralisasi.

Bitcoin adalah jenis mata uang kripto. Tidak ada Bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh semua orang secara transparan. Semua transaksi bitcoin diverifikasi oleh sejumlah besar daya komputasi.

Bitcoin tidak diterbitkan atau didukung oleh bank atau pemerintah mana pun, juga bukan bitcoin individu yang berharga sebagai komoditas.

Meskipun tidak menjadi alat pembayaran yang sah di sebagian besar dunia, bitcoin sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, yang secara kolektif disebut sebagai altcoin. Bitcoin biasanya disingkat sebagai “BTC.”

Mengenal Bitcoin Cash

Bitcoin Cash (BCH) adalah cryptocurrency yang memiliki banyak karakteristik yang sama dengan Bitcoin (BTC) namun juga mengintegrasikan sejumlah perubahan dan fitur yang membedakannya.

Ini dianggap sebagai ‘Fork’ Bitcoin, meskipun para pendukung berpendapat bahwa Bitcoin Cash lebih dekat dengan visi asli untuk menciptakan sistem uang elektronik peer-to-peer sebagaimana tercantum dalam white paper 2008 yang ditulis oleh pendiri protokol, seseorang atau kelompok dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Bitcoin Cash dapat memproses transaksi lebih cepat daripada jaringan Bitcoin, yang berarti bahwa waktu tunggu lebih singkat dan biaya pemrosesan transaksi cenderung lebih rendah.

Jaringan Bitcoin Cash dapat menangani lebih banyak transaksi per detik daripada jaringan Bitcoin.

Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash

Setelah mengenal Bitcoin cash, berikut ini adalah perbedaan kedua aset tersebut.

Ukuran blok maksimum

Bitcoin Cash memiliki ukuran blok maksimum yang lebih besar (32MB) daripada Bitcoin (1MB). Ukuran blok yang lebih besar meningkatkan volume transaksi yang dapat diproses oleh jaringan Bitcoin Cash secara berantai.

Sementara Bitcoin biasanya memproses antara 3-7 transaksi per detik. Bitcoin Cash memiliki kapasitas untuk memproses sebanyak 200 transaksi per detik.

Ini membantu mengurangi biaya per transaksi dan meningkatkan kecepatan dan keandalan transaksi. Transaksi Bitcoin Cash biasanya berharga kurang dari satu sen.

Sebagai perbandingan, media biaya transaksi Bitcoin (BTC) on-chain telah berada di kisaran $1-15 sejak tahun 2020.

Dukungan kontrak pintar

Pengembang Bitcoin Cash dapat menggunakan bahasa kontrak pintar seperti Cashscript untuk mengaktifkan fungsi yang lebih kompleks daripada transaksi dasar yang mungkin dilakukan di Bitcoin.

Hal ini menciptakan kemungkinan aplikasi ‘keuangan terdesentralisasi’ seperti perdagangan derivat sintetis. Kasus penggunaan lainnya termasuk pembayaran pribadi dengan alat seperti CashShuffle dan CashFusion. Ini juga memungkinkan untuk ‘penerbitan token’ (lihat di bawah).

Penerbitan token

Dengan menggunakan Simple Ledger Protocol, pengembang dapat mengeluarkan token baru yang hidup di blockchain Bitcoin Cash mirip dengan bagaimana token ERC-20 hidup di blockchain Ethereum.

Misalnya, Tether, penerbit stablecoin USD terbesar, telah mengeluarkan token USDT yang hidup di rantai Bitcoin Cash.

Ini memungkinkan orang untuk mengirim dan menerima USDT untuk uang per transaksi menggunakan dompet digital non-penahanan seperti Dompet Bitcoin.com.

NFT

Simple Ledger Protocol juga mendukung Non-Fungible Tokens (NFT), serupa fungsinya dengan standar ERC-721 Ethereum. Fitur utama NFT adalah bahwa mereka adalah token digital yang dapat dibedakan satu sama lain.

Hal ini memungkinkan berbagai kasus penggunaan potensial, dari pasar karya seni digital hingga item dalam game yang dapat diperdagangkan.

Tidak ada ‘replace-by-fee’

Replace-by-fee pada Bitcoin (BTC) memungkinkan transaksi dibatalkan/dibelanjakan ganda saat belum dikonfirmasi. Kurangnya biaya penggantian dalam protokol Bitcoin Cash (BCH) membuat Bitcoin Cash lebih aman, karena transaksi yang belum dikonfirmasi tidak dapat diubah. Ini juga memungkinkan transaksi hampir instan dalam jumlah kecil.

Dengan peningkatan protokol Bitcoin Cash Mei 2021, batas transaksi berantai yang belum dikonfirmasi yang sebelumnya ditetapkan pada 50 telah dihapus dan tes pengeluaran ganda diperkenalkan. Ini semakin meningkatkan utilitas Bitcoin Cash sebagai solusi pembayaran di mana volume tinggi transaksi bernilai kecil harus diproses dalam waktu singkat.

Schnorr signatures

Ini adalah skema tanda tangan digital yang memungkinkan kemampuan penandatanganan yang lebih kompleks. Transaksi yang mengadopsi tanda tangan Schnorr menghabiskan lebih sedikit ruang, membuatnya lebih murah.

Meskipun saat ini didukung oleh protokol Bitcoin Cash,  signature Schnorr belum diadopsi secara luas oleh penyedia dompet. Ketika adopsi  Schnorr tersebar luas.

Ia memiliki potensi untuk meningkatkan privasi jaringan dengan meningkatkan kesepadanan token (secara efektif membuat semua transaksi tampak bagi pengamat pihak ketiga lebih mirip satu sama lain).


Itu dia penjelasan dan perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash di berbagai aspek memang Bitcoin cash lebih unggul, sebab keberadaannya memang untuk memperbaiki dan melengkapi hal yang belum ada di Bitcoin.

Walau begitu tidak bisa dipungkiri jika Bitcoin hingga kini masih jadi aset kripto terbesar dengan kapitalisasi, pamor hingga jumlah pengguna. 

Top exchange
Pintu
14 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar