Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 5 min read

Pasokan Bitcoin Kuno Mulai Bergerak, 139 BTC Dipindah

Holder Bitcoin

Wallet Bitcoin (BTC) dengan alamat 1H1Ab6  yang diam selama 12 tahun kembali bergerak pada Kamis 11 Mei 2023 dengan memindahkan 139 BTC ke alamat baru.

Pemilik wallet “kuno” itu diketahui membeli Bitcoin pada Juni 2011 saat harga aset itu masih berkisar US$250. Jika mengacu pada harga saat ini, kurang lebih harga BTC tersebut bernilai Rp54 miliar. 

Bitcoin yang dipindah ke alamat baru itu termasuk ke dalam pasokan kuno, sebutan untuk BTC yang dibeli setidaknya 7 tahun yang lalu, beberapa analis menggunakan waktu 5 tahun sebagai angka dasarnya.

Pergerakan whale, sebutan untuk pemilik aset kripto dalam jumlah banyak dengan BTC tua yang mereka miliki bukan hal baru yang terjadi tahun ini.

Pada bulan April, ada whale yang memindahkan 400 keping BTC senilai hampir US$11 juta dengan harga saat ini setelah tidak bertransaksi selama hampir 12 tahun. Whale itu memindahkan 360 BTC (US$9,8 juta) ke satu wallet sementara 40 BTC sisanya dipindah ke berbagai wallet.

Pada bulan Februari, alamat BTC lama yang tidak bergerak selama 11 tahun melakukan transaksi dengan memindahkan BTC senilai US$9,6 juta atau sekitar 417 keping BTC jika mengacu pada harga BTC di leveL US$23.000 pada waktu tersebut.

Koin-koin tersebut telah untung 120.000.000% selama bertahun-tahun, karena investor itu termasuk pemilik awal Bitcoin ketika harga aset ciptaan Satoshi Nakamoto itu hanya bernilai US$8. 

Menurut platform analitik, Glassnode, ada 3.200 BTC kuno yang dihidupkan kembali, 1.100 di antaranya sudah ada sebelum tahun 2013. Data dari Glassnode menunjukkan jumlah Bitcoin yang disimpan dalam jangka panjang telah tumbuh sebesar 100.000 BTC per bulan.

Baca juga: Bitcoin Reli Awal Tahun, Ini Temuan Menarik dari Glassnode!

Tujuan Whale Tidak Dapat Ditebak

Glassnode menyebutkan koin yang tidak aktif menjadi semakin tidak mungkin untuk dijual setelah 155 hari, walau tetap ada kemungkinan perubahan keyakinan pemiliknya yang memutuskan untuk menjual Bitcoin lama yang dimiliki.

Tak ada yang tahu pasti mengapa para investor besar ini mulai kembali mengaktifkan asetnya. Hal tersebut bisa saja untuk dijual atau hanya sebagai bentuk diversifikasi aset.

Mengingat sifat anonimitas Bitcoin yang tidak mencatut nama pemiliknya dengan gamblang, maka akan sulit untuk mengetahui siapa saja pemilik Bitcoin kuno dan apa yang ingin mereka lakukan. 

Menurut penelitian whale menjadi investor paling sukses karena Bitcoin naik sebesar 40.000% dalam 10 tahun terakhir. Para investor BTC jangka panjang juga diketahui menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan investor ritel yang menjual kripto dalam jangka pendek.

Baca juga: Arus Keluar Stablecoin Berangsur Turun dan Tunjukkan Sinyal Bullish

Harga Bitcoin Hari Ini

Harga Bitcoin (BTC) Minggu, 14 Mei 2023 pukul 19.17 WIB tercatat diperdagangkan di harga Rp26.082, turun 0,14% dalam 24 jam terakhir. Bitcoin di pekan ini memang diperdagangkan dalam kondisi sideway.

Saat ini harga aset kripto populer ini tengah berjuang untuk kembali mendapatkan kenaikan harga. BTC diprediksi masih akan mengalami penurunan terlebih dulu ke support di harga US$25.000 dan rebound kembali menuju resistance di rentang harga US$30.000 – US$32.000.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Level Support, Ini Analisisnya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.