Berita Altcoins · 8 min read

Arus Keluar Stablecoin Berangsur Turun dan Tunjukkan Sinyal Bullish

Arus Keluar Stablecoin

Pergerakan stablecoin seringkali dijadikan acuan untuk mengetahui sentimen pasar. Dalam beberapa bulan terakhir arus keluar stablecoin menunjukan penurunan yang dapat menjadi tanda tren bullish.

Baca Juga: Relevansi Stablecoin di Pasar Keuangan Global

Netflow Surplus

Glassnode menunjukkan arus keluar berangsur menurun sejak keruntuhan Terra Luna yang sempat meningkatkan arus keluar bulanan sebesar US$8,6 miliar.

Sementara itu netflow stablecoin pada 13 Mei menurut data Cryptoquant menunjukan tren positif dengan arus masuk lebih banyak dibandingkan arus keluar. Netflow surplus sebesar US$64.557.639.

Netflow stablecoin adalah hasil dari pengurangan arus masuk (inflow) dan arus keluar (outflow). Semakin besar angka inflow stablecoin maka semakin bagus dan dapat menjadi sinyal tren bullish. Sebaliknya, semakin tinggi outflow stablecoin bisa menjadi pertanda negatif karena investor menarik dana mereka dari pertukaran yang menjadi pertanda bearish.

Gambar netflow stablecoin. Sumber: Cryptoquant.
Gambar netflow stablecoin. Sumber: Cryptoquant.

Kendati arus keluar sudah mengalami penurunan tren, namun belum ada jaminan harga kripto akan masuk ke tren bullish. Sebab, arus keluar dan masuk stablecoin hanya sedikit dari faktor yang dapat dijadikan indikator menentukan trend pasar.

Sementara itu harga Bitcoin juga berangsur pulih sejak tanggal 13 Mei yang berada di level harga US$26.000 dan telah naik ke level US$27.000 dan kini sedang berjuang untuk mendapatkan angka US$30.000.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Level Support, Ini Analisisnya

USDT Memimpin

Pada 16 Mei 2023, kapitalisasi pasar Tether (USDT) memimpin di jajaran aset stablecoin dengan nilai pasar mencapai US$82,8 miliar. Selain itu, volume perdagangan USDT juga menunjukkan performa mengesankan yaitu sebesar US$20,7 miliar, melonjak 25% dalam 24 jam.

Sementara itu, USD Coin (USDC) menempati posisi kedua dengan kapitalisasi pasar hampir US$29,8 miliar dan volume perdagangan US$2,9 miliar, mencatat kenaikan 9,95% dalam 24 jam.

Baca Juga: Binance Alami Arus Keluar Stablecoin Tertinggi Sepanjang Sejarah

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.