Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang NFT Doodle

Hanya dalam beberapa bulan saja, NFT Doodle telah berubah menjadi salah satu proyek paling berpengaruh dan digemari. Doodle NFT memiliki beragam gambar NFT, misalnya kucing, alien, lumba-lumba dan lain-lain.

Gambar dari NFT tersebut pun berhasil menempati peringkat tinggi dalam daftar koleksi PFP (gambar profil) hal popularitas dan volume penjualan.

Koleksi NFT Doodle

Simak artikel berikut untuk informasi lengkapnya!

Apa itu koleksi NFT Doodle?

Kumpulan 10.000 NFT generatif yang disebut Doodle diciptakan oleh Evan Keast, Scott Martin, dan Jordan Castro. Tim menggunakan ‘working aliases‘ dan masing-masing dikenal sebagai Tulip, Burnt Toast, dan Poopie.

Kreator NFT Doodle meluncurkan koleksi ini pada 17 Oktober 2021, yang awalnya bernilai 0,123 ETH per mint.

Keast dan Castro bukan pemain baru di NFT, sebelumnya mereka terlibat daalam proyek NFT legendaris CryptoKitties pada 2017 silam.

Awal pembuatannya, Martin menampilkan Doodle sebagai seni orisinal yang menghasilkan ratusan ciri visual unik untuk koleksi tersebut. Namun, proyek ini akhirnya mengikuti jejak pendahulunya seperti CryptoPunks, Bored Apes, dan Cool Cats dengan mencampur dan mencocokkan karakter yang melekat pada masing-masing serial.

Sementara itu, sebagai salah satu proyek paling populer, NFT Doodle dengan cepat menjadi inspirasi bagi banyak proyek serupa yang bisa mengarah kepada penipuan.

Melihat hal itu, Keast dan tim Doodle dengan cepat mengantisipasi masalah ini dengan menerapkan semacam ‘sistem persetujuan’ dalam Discord. Pengembang diberi insentif untuk mengajukan proposal resmi untuk membuat proyek yang mengambil inspirasi dari koleksi Doodle utama.

Ruang peringatan penipuan juga diterapkan di server Doodles, mempromosikan semacam aturan ‘see something, say something‘ untuk mengaksesnya.

Sejumlah besar akun dan proyek penipuan dilaporkan telah banyak diusut di sana hingga saat ini, dan tampaknya saluran tersebut telah membantu mengurangi sejumlah tiruan NFT Doodle yang tidak disetujui.

Komunitas NFT Doodle

Selama peluncuran proyek, Doodle mencoba sesuatu yang tampaknya belum pernah dilakukan oleh proyek PFP sebelumnya. Sekitar sebulan sebelum proyek dirilis, tim Doodle menutup Discord ketika jumlah keanggotaan telah mencapai lebih dari 1.000.

Hal ini membuat tidak ada anggota baru yang dapat bergabung, menciptakan tingkat eksklusivitas ekstra dalam komunitas proyek.

Keputusan ini menerima tinjauan yang beragam, karena secara efektif memberikan akses whitelist (pencetakan prioritas) ke beberapa orang terpilih.

Namun, ketika tanggal pembuatan Doodle semakin dekat, pengikut proyek terus bertambah, dan keputusan untuk menutup Discord mulai dilihat sebagai cara inovatif untuk memberi penghargaan kepada pendukung awal proyek NFT ini.

Tak lama setelah stok Doodle terjual habis, server Discord pun kembali dibuka. Hal ini membawa banyak kolektor dan penggemar baru ke dalam komunitas membludak.

Pada bulan-bulan berikutnya, sederet influencer NFT dan selebritas terkenal juga dikabarkan bergabung dengan NFT Doodle sebagai kolektor, yang semakin memperkuat proyek ini sebagai salah satu komunitas NFT PFP terpanas tahun ini.

Ekosistem NFT Doodle

Sementara itu, seluruh ekosistem Doodle pada dasarnya adalah satu DAO, dan setiap pemilik Doodle memiliki hak suara atas apa yang dilakukan DAO tersebut.

Baca juga: Apa Itu DAO (Decentralized Autonomous Organization)?

Sejak awal, Keast telah menjelaskan bagaimana perbendaharaan DoodleDAO akan bekerja, dengan menyatakan bahwa 1 Doodle = 1 Vote terhadap setiap dan semua keputusan terkait DoodleBank.

Sejauh ini, anggota dalam komunitas Doodle dapat memilih proposal untuk penskalaan tim Doodle, live event dalam proyek Doodle, mendanai proyek Doodle 3D, dan banyak lagi.

Cara Unik Tim Doodle Meningkatkan Pembelian

Meskipun harga dasar Doodle tetap berada di antara 1-5 ETH selama berbulan-bulan setelah peluncuran, namun harganya kini telah meningkat menjelang awal tahun 2022.

Sekitar waktu ini, Keast dan kru Doodle lainnya mulai merilis animasi pendek yang menggoda sesuatu yang baru di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan lonjakan penjualan sekunder dan beberapa penjualan NFT Doodle terbesar hingga saat ini.

Namun, peningkatan cepat dalam pembelian dan perdagangan biasanya dialami ketika sebuah proyek membuat pengumuman besar, seperti ketika Nike mengakuisisi RTFKT atau meluncurkan hadiah kolektor.

NFT Doodle sendiri berhasil menjaga momentum tersebut dengan peluncuran serial ‘Space Doodle’.

Space Doodle merupakan koleksi yang akan terhubung langsung dengan proyek Doodles utama. Meskipun tim telah melihat peluncuran Cool Pets, Bored Ape Kennel Club, KingFrogs, dan banyak lagi yang membantu proyek populer memanfaatkan permintaan dan semakin memperluas basis kolektor mereka, Space Doodle terlihat sedikit berbeda.

Alih-alih meluncurkan koleksi NFT baru untuk melengkapi koleksi aslinya, tim Doodle justru akan menerapkan mekanisme yang memungkinkan pemilik Doodle untuk menukar NFT mereka dengan yang baru bertema pesawat luar angkasa tersebut.

Hanya dapat diklaim oleh pemegang Doodle, Space Doodle telah dikatakan oleh Castro sebagai ‘konten diperpanjang non-dilutif untuk Doodles.’

Intinya adalah bahwa pemilik Doodle akan dapat mengklaim rekanan pesawat ruang angkasa dari Doodle asli mereka, dan dalam prosesnya, mengirim NFT asli mereka ke brankas Doodle untuk diamankan. Utas Twitter Castro bahkan menguraikan semua detail teknis.

Masa depan NFT Doodle

Mengingat Doodle diluncurkan kurang dari satu yang lalu, sungguh luar biasa melihat pertumbuhan dan pencapaian yang dicapai oleh proyek ini dan ketiga pendirinya.

Saat ini, koleksi tersebut telah mengumpulkan sekitar 80.000 ETH (hampir 250 juta Dollar) dalam bentuk sekunder.

Doodle bahkan telah dianggap sebagai pesaing baru dalam PFP NFT yang saat ini dipegang oleh Bored Ape Yacht Club yang telah menghasilkan lebih dari 390.000 ETH (lebih dari 1,2 miliar Dollar).

Selain potensi pertumbuhan, harus diakui bahwa pasar crypto dan NFT tidak stabil. Selain itu, mungkin perlu waktu sebelum Doodle atau merek NFT apa pun, benar-benar menjadi arus utama.

Tentu saja, itu dengan asumsi bahwa seseorang pernah melakukannya. Namun, ratusan ribu pengguna telah bergabung dengan ekosistem NFT. Dan untuk saat ini, sektor tersebut terus bertambah.

Masa depan Doodle pun terlihat cerah dengan awal yang memukau ini. Jika sudah seumur Bored Ape, bisa saja koleksi ini mengalahkannya.

Top exchange
Lihat semua

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin