Berita Blockchain · 6 min read

Meningkatnya Ketertarikan Proyek Ini Bikin SSD Langka

Ketertarikan terhadap Chia Network nampaknya terus meningkat walau tokennya belum dapat diperdagangkan di bursa crypto mana pun.

Bahkan, hingga saat ini valuasi dari token Chia, XCH, masih belum ada sehingga harga token hasil penambangannya juga belum tersedia.

Walaupun begitu, ketertarikan untuk menambangnya terlihat tidak berhenti dan saat ini akibat Chia Network, mulai terjadi kelangkaan SSD atau Solid State Drive.

Ketertarikan Chia Menyebabkan Kelangkaan SSD

Kelangkaan tersebut terlihat terjadi di Benua Asia, terutama di Asia Tenggara, yang menyebabkan kelangkaan dan meningkatnya harga SSD.

Menurut laporan situs berita teknologi di Hong Kong bernama HKEPC, investor saat ini terlihat membeli sistem penyimpanan untuk menambang Chia sebanyak-banyaknya.

Pembelian ini menyebabkan kelangkaan pada beberapa penjual besar di Asia dengan beberapa darinya telah meningkatkan harga untuk memaksimalkan keuntungan.

Menurut laporan, di salah satu pusat produksi terbesar Hong Kong, harga SSD 4 Terabyte hingga 16 Terabyte telah naik tiga kali lipat.

Jiahe Jinwei, Perusahaan Manufaktur SSD di Cina, menyatakan kepada MyDrivers bahwa mayoritas produk SSD utamanya telah terjual habis.

Baca juga: Mengenal Chia Network yang Diprediksi Jadi Penerus Bitcoin

Jiahe saat ini ingin membatasi penambang Chia untuk membeli lagi dan disaat yang bersamaan tetap kembali meningkatkan produksi, untuk meratakan ketersediaan.

Untuk saat ini, nampaknya dominasi di pasar SSD masih dimiliki oleh para penambang Chia Network, yang membuat terus meningkatnya kelangkaan.

Memiliki Perbedaan dan Keunggulan Tinggi

Ketertarikan terhadap Chia meningkat akibat tujuannya untuk memberikan blockchain yang lebih ramah lingkungan dengan sistem Proof of Space and Time (PoST).

Jaringan ini menggunakan ruang kosong yang ada di perangkat penambang untuk mengukur imbal hasil yang didapatkan untuk para penambang.

Namun, Chia Network memastikan kesetaraan dalam penambangan karena validator terus bergantian. Saat terpilih, dari situlah penghitungan ruang kosong baru dimulai.

Akibat adanya kesetaraan tersebut, kesempatan manipulasi oleh penambang besar yang memonopoli jaringan menjadi hilang.

Tapi perlu diingat kembali dengan semakin banyaknya ruang kosong, maka semakin besar kesempatan untuk terpilih sebagai validator, walau tetap bergantian.

Oleh karena itu, minat terhadap SSD menjadi semakin tinggi akibat semakin banyak ruang kosong maka semakin untung.

Baca juga: Benarkah Bitcoin Habiskan Banyak Energi dan Jadi Penjahat Lingkungan?

Namun, sistem ini menggunakan energi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem Proof of Work (PoW) yang dimiliki oleh Bitcoin.

Selain itu Chia Network juga memiliki biaya yang lebih rendah dalam enambangannya, sehingga memiliki ketertarikan yang tinggi di sekitarnya.

Chia Network memiliki ketertarikan tinggi akibat memiliki dampak kesetaraan dan juga dampak lingkungan yang baik akibat lebih hemat energi.

Mayoritas pelaku pasar crypto juga menyatakan bahwa Chia Network akan menjadi hal yang besar, sehingga mendorong ketertarikan yang tinggi terhadapnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.