Berita Altcoins · 8 min read

Melacak Transaksi Ratusan Juta Stablecoin Milik Justin Sun

Stablecoin Justin Sun

Setelah BUSD bermasalah dengan SEC, Justin Sun muncul dengan transaksi sebesar Rp4,1 triliun atau setara 270 juta USDC.

Munculnya Justin Sun dengan transaksi stablecoin dalam jumlah besar ketika ada isu yang menerpa dunia kripto, bukan pertama kalinya.

Berikut transaksi besar yang pernah dilakukan Justin Sun pada berbagai isu di dunia kripto.

Transfer 100 Juta USDC Saat Kontroversi PoR Binance

Pertengahan Desember 2022 lalu, Binance sempat diterpa isu proof of reserve yang diragukan karena menggunakan firma audit Mazars.

Binance mengalami arus penarikan yang tinggi, akan tetapi Justin Sun melakukan transfer 100 juta USDC dari Circle menuju Binance. Tindakan Sun ini dinilai untuk menenangkan keadaan komunitas kripto yang saat itu masih diselimuti FUD.

Gambar: Rekam transfer Justin Sun

Tarik 100 Juta dalam Stablecoin Saat Masalah Huobi

Pada awal Januari 2023, kali ini exchange milik Justin Sun, Huobi, diterpa FUD tentang karyawan yang di layoff dan menurut data Nansen, terdapat lonjakan penarikan yang terjadi pada Huobi.

Justin Sun melakukan penarikan setara US$100 juta dalam bentuk 50 juta USDC dan 50 juta USDT dari Binance menuju Huobi.

Transfer ini dilakukan Sun diduga untuk membantu Huobi dalam memproses penarikan yang melonjak serta meningkatkan tingkat kepercayaan pada Huobi.

Baca juga: Diterpa FUD, Ada Apa dengan Exchange Huobi?

Justin Sun Transfer 270 Juta USDC

Justin Sun dengan wallet ‘0x3ddfa8‘ melakukan penarikan 270 juta USDC dari Circle yang terbagi menjadi dua transaksi: 80 juta USDC pada 15 Februari 2023, 21 jam yang lalu, serta 190 juta USDC pada 15 Februari 2023, 18 jam yang lalu.

wallet justin sun
Gambar: Rekam transaksi USDC pada wallet Justin Sun

Dari dua transaksi tersebut, total 270 juta USDC atau sekitar Rp4,1 triliun kemudian ditransfer menuju Binance dengan wallet perantara ‘0x678247‘.

Transfer ini masih berdekatan dengan kasus Paxos dan stablecoin BUSD dengan SEC yang masih berlanjut. Kasus ini disinyalir menyebabkan market kripto sempat mengalami koreksi, terlihat BTC sempat menyentuh US$21.400.

Dengan waktu transfer yang dilakukan Justin Sun menuju Binance pada 15 Februari 2023 pukul 19.30 WIB, waktu ini adalah tepat sebelum market kripto mengalami rebound dari kapitalisasi market US$985,8 miliar ke US$1,079 triliun.

Ada kemungkinan USDC ini digunakan untuk membeli aset kripto lain sebelum rebound.

Gambar: Waktu transfer Justin Sun disesuaikan dengan grafik kapitalisasi kripto

Tindakan Justin Sun dalam melakukan transfer jumlah besar bisa dikatakan wajar sebab ia adalah salah satu wajah pebisnis di dunia kripto. Karena wallet miliknya yang terlihat ke publik, maka pergerakan aliran dana miliknya dapat diketahui publik sehingga lebih transparan.

Per 16 Februari 2023, wallet Justin Sun memiliki total aset setara US$58,8 juta dimana hampir setengah asetnya adalah stablecoin USDD sebanyak 28,5 juta USDD.

Baca juga: Justin Sun Sebut Stablecoin Solusi Terbaik untuk Masyarakat Asia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.