Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Mengenal Proof of Reserves Sebagai Bukti Transparansi Bursa Kripto

Runtuhnya platform seperti FTX, Celsius, BlockFi, Voyager Digital, dan Hodlnaut telah memberikan sentimen negatif pada bursa terpusat, untuk memenangkan kembali hati investor bursa terpusat pun berbondong-bondong memberikan proof of reserves atau bukti cadangan dana yang mereka miliki.

Dalam artikel ini akan diulas lebih dalam soal Proof of Reserves dan kenapa bukti ini menjadi sangat penting untuk dipublikasikan. 

Apa itu Proof of Reserves

Proof of Reserves (PoR) atau bukti cadangan dana adalah upaya untuk memberikan transparansi publik terhadap cadangan mata uang kripto terpusat melalui praktik audit yang dapat diverifikasi. PoR menunjukkan kemampuan institusi/pertukaran untuk menerima penarikan dari platformnya setiap saat. 

Secara umum, ini terdiri dari dua bagian yaitu catatan deposit token pelanggan saat ini (dikenal sebagai liabilitas), dan kumpulan token yang disimpan dalam satu set alamat pertukaran (juga dikenal sebagai aset).

Sebagai lembaga keuangan kustodian, bursa terpusat tidak seharusnya menggunakan dana pelanggan untuk tujuan lain, sehingga aset dan liabilitas harus sesuai.

Ada banyak cara agar Proof of Reserve dapat dicapai, industri blockchain telah menemukan cara on-chain, kepercayaan yang diminimalkan untuk mencatat bukti-bukti tersebut secara on-chain, dan dapat diverifikasi oleh siapa saja.

Pertukaran dapat menyajikan laporan aset dalam penjagaan institusi dan memetakan aset ini ke akun individu, dan menyimpan sebagian dari informasi ini secara on-chain.

Dengan cara ini, pengguna individu, atau pihak ketiga, dapat benar-benar memverifikasi bahwa institusi benar-benar memegang aset spesifik yang sesuai dengan saldo akun tertentu, tanpa benar-benar mengungkapkan identitas pengguna.

Pentingnya Proof of Reserves

Proof of Reserves menjadi kepentingan bagi bursa dan pengguna. Berikut ini ulasannya. 

Kepentingan Investor

Sarana untuk memverifikasi hak asuh aset

Tujuan utama Proof of Reserves adalah untuk memungkinkan pelanggan memverifikasi aset yang dipegang oleh institusi mereka.

Investor dapat menggunakan aplikasi ini untuk melacak perubahan yang dilakukan pada akun masing-masing untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang bagaimana dana mereka ditangani dari waktu ke waktu dan menuntut kejelasan setiap tindakan dari institusi mereka.

Uji tuntas Bursa

Alat Proof of Reserves adalah cara yang bagus untuk memulai. Dengan konsep yang berkembang pesat ini, investor akan diberikan alat untuk mendapatkan data yang relevan tentang bagaimana institusi tertentu menjaga aset klien mereka, dan melakukan penelitian mereka sendiri sebelum menyerahkan aset ke institusi.

Investor juga dapat memodifikasi atau menarik investasi mereka untuk meminimalkan kerugian, jika mereka merasa bahwa praktik kustodian platform menjadi terlalu berisiko dari waktu ke waktu.

Sajikan catatan transaksi langsung

Proof of Reserves mempresentasikan keuangan suatu institusi secara transparan. Ketika dilakukan dengan baik, pengguna platform dapat melacak transaksi pribadi mereka. Pengguna dapat melihat aktivitas mereka sendiri dan membuat keputusan berdasarkan informasi dan memverifikasi bahwa transaksi dicatat secara akurat.

Kepentingan untuk Bursa

Kepercayaan Pengguna

Institusi bereputasi dapat memperoleh kembali kepercayaan yang hilang ini dengan mengembangkan fasilitas Proof of Reserves yang baik dan menyediakannya bagi pelanggan mereka.

Berfungsi sebagai sumber kebenaran

Terlepas dari berapa banyak upaya yang dilakukan untuk memastikan keakuratan sistem pencatatan internal bursa, kesalahan masih mungkin terjadi, atau bahkan celah yang lebih buruk yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku jahat. Namun, jika ini direkam dan dapat diverifikasi secara on-chain, harapannya adalah lebih banyak pasang mata yang akan memeriksa keakuratan catatan tersebut.

Bagaimana audit dilakukan?

Audit Proof of Reserves membuat studi lebih dalam untuk menyusun total aset yang dimiliki oleh institusi dan membuktikan bahwa pengguna sebagian dari aset tersebut. Proses ini menggunakan Merkle Tree

Merkle Tree

Merkle Tree adalah pendekatan penataan data yang menjunjung tinggi verifikasi data yang disimpan dan menyederhanakan upaya untuk mengakses data ini.

Ilustrasi Merkle Tree.
Ilustrasi Merkle Tree. Sumber: Coingecko

Merkle Tree dirancang untuk mempartisi data terkait sedemikian rupa sehingga dapat diakses secara individual tanpa melalui setiap cabang data.

Sesuai namanya, Merkle Tree berisi data berbeda yang dikelompokkan ke dalam cabang-cabang otonom tetapi terhubung ke satu akar; ini dikenal sebagai Merkle root. 

Root Merkle adalah titik koneksi tunggal untuk cabang data dan memastikan bahwa informasi yang benar disimpan di setiap cabang data.

Ini memberikan satu titik verifikasi untuk seluruh pohon data. Ini juga menyediakan sistem perlindungan yang seragam untuk data yang disimpan, memastikan bahwa data yang disimpan di cabang tidak dapat dimanipulasi atau dirusak.

Merkle Tree sudah menjadi metode manajemen data utama dan komponen inti untuk blockchain, digunakan untuk melacak kumpulan data yang terus berkembang yang dihasilkan oleh pengguna jaringan. 

Karena setiap blok yang ditambahkan ke rantai diidentifikasi dengan hash, Merkle Tree menyediakan sistem penyimpanan dan identifikasi yang menyimpan data sesuai dengan hashnya, bukan keseluruhan rantai.

Data dalam blok karenanya dapat diverifikasi menggunakan hash blok dan menghilangkan kebutuhan untuk menghitung seluruh blok dalam jaringan. 

Audit Proof of Reserve

Selama audit, auditor pihak ketiga mendapatkan bukti cadangan dengan mengambil snapshot saldo pengguna yang dianonimkan. Mereka biasanya dihitung dengan hashing saldo akun pengguna dengan ID unik mereka.

Auditor kemudian menggabungkannya ke dalam Merkle Tree kriptografi yang menghasilkan Merkle Root— hash kriptografi yang secara unik mewakili kombinasi semua saldo pengguna.

Merkle Tree memungkinkan untuk memverifikasi keakuratan semua saldo hanya dengan memeriksa silang beberapa saldo anonim dengan yang diverifikasi.

Misalnya, setiap pengguna dapat memverifikasi apakah saldo akun mereka yang sebenarnya sudah termasuk dalam hierarki, dengan menggunakan Hash saldo akun dan ID unik mereka dan

Mencarinya di Merkle Tree. Serangkaian verifikasi ini kemudian dapat digunakan untuk membuktikan keakuratan keseluruhan tree, tanpa memeriksa satu per satu.

Langkah terakhir adalah mendapatkan tanda tangan digital dari kustodian yang membuktikan bahwa mereka mengontrol alamat on-chain yang menyimpan aset.

Jika saldo pada tanda tangan digital terkait cocok dengan yang diperoleh dari Merkle Tree auditor dapat memverifikasi bahwa platform mempertahankan cadangan semua aset klien.


Sebagai buntut dari kejatuhan FTX, Proof of Reserves kini menjadi sangat penting bagi bursa kripto dan investor.

Kamu bisa mengakses beberapa poof of reserves yang sudah diluncurkan beberapa bursa kripto di situs resmi mereka, di antaranya adalah Binance, Kraken, Gate.io, Deribit, KuCoin, OKX dan lain-lain, kamu juga bisa mengakses proof of reserves bursa yang tersedia di platform analisis kripto seperti Coingecko dan Nansen. 

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin