Berita Altcoins · 7 min read

Kalahkan ETH, LUNA Jadi Jaringan Terbesar Kedua dalam Staking Value

LUNA Salip ETH Jadi Jaringan Terbesar Kedua dalam Staking Value

Menurut data yang dilansir Staking Rewards, Terra (LUNA) berhasil membalikan posisi Ethereum (ETH) dalam hal staking value. Data tersebut mencatat LUNA telah mengunci nilai sebesar $29,5 miliar, sementara ETH hanya $25,9 miliar saja.

Staking Rewards juga melaporkan bahwa ada 226.325 staker LUNA pada saat artikel dimuat. Jumlah tersebut membawa LUNA ke posisi kedua sebagai aset crypto yang paling banyak di-staking. Sementara di posisi pertama ada Solana dengan staking value senilai $35 miliar.


5 jaringan teratas berdasarkan staking value

Staking Value di LUNA Lampaui Ethereum, Tapi…

Penyedia data Staking Rewards kemudian menyoroti flippening (ketika suatu aset menyalip aset lain) pada staking value di LUNA yang telah melampaui Ethereum.

Data tersebut menunjukkan kejanggalan dengan sejumlah pengguna yang memiliki catatan data berbeda dengan yang dilansir DeFi Llama.

Menurut lampiran DeFi Llama, Ethereum melampaui para pesaingnya dalam hal nilai total yang terkunci (TVL) sebesar $111,4 miliar, dibandingkan dengan TVL yang dicatat LUNA yang hanya bernilai $23,35 miliar. 

Namun, angka-angka tersebut telah menggabungkan agunan yang dikunci di seluruh protokol DeFi, bukan hanya jumlah ETH yang di-staking dalam Beacon Chain, oleh karena itu akumulasinya perbedaannya. 

Staking Rewards kemudian mengklarifikasi bahwa staking value dan metrik TVL itu kedua hal yang sangat berbeda, oleh karena itu datanya pun berbeda.

Meski begitu, terdapat satu tren yang telah dikonfirmasi oleh kedua agregator data, yaitu minat terhadap LUNA yang sama-sama menunjukkan kenaikan akhir-akhir ini. 

Tercatat, sudah tujuh hari terakhir TVL LUNA telah meningkat 26,905% dan berada jauh di atas Binance Smart Chain (BSC) yang berada di posisi ketiga dengan TVL senilai $12,03 miliar.

Sementara untuk harga LUNA sendiri, telah naik 78,4% selama 30 hari terakhir menjadi sekitar $92,84 pada saat penulisan dengan kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai $34,5 miliar.

Pemulihan bullish terhadap aset berasal dari protokol Terra yang membakar 29 juta token LUNA senilai ($2,57 miliar) akhir bulan lalu.

Langkah ini bertepatan dengan pasokan TerraUSD (UST), stablecoin yang didukung oleh LUNA, meningkat lebih dari 14,5% menjadi 12,92 juta token.

Baca Juga: Terra Kumpulkan 1 Miliar Dollar untuk Cadangan Bitcoin Darurat

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.