Kalahkan ETH, LUNA Jadi Jaringan Terbesar Kedua dalam Staking Value

Rossetti Syarief

5th March, 2022

Menurut data yang dilansir Staking Rewards, Terra (LUNA) berhasil membalikan posisi Ethereum (ETH) dalam hal staking value. Data tersebut mencatat LUNA telah mengunci nilai sebesar $29,5 miliar, sementara ETH hanya $25,9 miliar saja.

Staking Rewards juga melaporkan bahwa ada 226.325 staker LUNA pada saat artikel dimuat. Jumlah tersebut membawa LUNA ke posisi kedua sebagai aset crypto yang paling banyak di-staking. Sementara di posisi pertama ada Solana dengan staking value senilai $35 miliar.


5 jaringan teratas berdasarkan staking value

Staking Value di LUNA Lampaui Ethereum, Tapi…

Penyedia data Staking Rewards kemudian menyoroti flippening (ketika suatu aset menyalip aset lain) pada staking value di LUNA yang telah melampaui Ethereum.

Data tersebut menunjukkan kejanggalan dengan sejumlah pengguna yang memiliki catatan data berbeda dengan yang dilansir DeFi Llama.

Menurut lampiran DeFi Llama, Ethereum melampaui para pesaingnya dalam hal nilai total yang terkunci (TVL) sebesar $111,4 miliar, dibandingkan dengan TVL yang dicatat LUNA yang hanya bernilai $23,35 miliar. 

Namun, angka-angka tersebut telah menggabungkan agunan yang dikunci di seluruh protokol DeFi, bukan hanya jumlah ETH yang di-staking dalam Beacon Chain, oleh karena itu akumulasinya perbedaannya. 

Staking Rewards kemudian mengklarifikasi bahwa staking value dan metrik TVL itu kedua hal yang sangat berbeda, oleh karena itu datanya pun berbeda.

Meski begitu, terdapat satu tren yang telah dikonfirmasi oleh kedua agregator data, yaitu minat terhadap LUNA yang sama-sama menunjukkan kenaikan akhir-akhir ini. 

Tercatat, sudah tujuh hari terakhir TVL LUNA telah meningkat 26,905% dan berada jauh di atas Binance Smart Chain (BSC) yang berada di posisi ketiga dengan TVL senilai $12,03 miliar.

Sementara untuk harga LUNA sendiri, telah naik 78,4% selama 30 hari terakhir menjadi sekitar $92,84 pada saat penulisan dengan kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai $34,5 miliar.

Pemulihan bullish terhadap aset berasal dari protokol Terra yang membakar 29 juta token LUNA senilai ($2,57 miliar) akhir bulan lalu.

Langkah ini bertepatan dengan pasokan TerraUSD (UST), stablecoin yang didukung oleh LUNA, meningkat lebih dari 14,5% menjadi 12,92 juta token.

Baca Juga: Terra Kumpulkan 1 Miliar Dollar untuk Cadangan Bitcoin Darurat

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.