Korea Selatan Investasikan 187 Juta Dollar dalam Proyek Metaverse

Rossetti Syarief

3rd March, 2022

Pemerintah Korea Selatan sepertinya telah menyiapkan langkah signifikan untuk berkembang menjadi masa depan metaverse. Menurut sebuah laporan, Kementerian TIK, Sains, dan Perencanaan Masa Depan Korea Selatan telah menjanjikan 223,7 miliar won Korea atau setara dengan 186,7 juta Dollar untuk mendukung proyek metaverse di negara tersebut.

Kementerian menulis dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Minggu (27/03) bawha “dana 186,7 juta Dollar akan dihabiskan untuk menyelesaikan metaverse all-inclusive yang dijuluki ‘Dunia Virtual yang Diperluas’.”

Ini akan memungkinkan ekspansi virtual kota, inisiatif pendidikan, dan media berada di dalam proyek metaverse tersebut. Kementerian juga mengatakan jika mereka kini akan lebih meningkatkan konten digital dan merangsang pertumbuhan perusahaan.

Korea Selatan Bangun Proyek Metaverse

Instansi pemerintah Korea Selatan bermaksud menggunakan metaverse-nya sebagai platform untuk memperluas pertumbuhan industri virtual kota, pendidikan, dan media.

Pembuat konten akan menikmati dukungan di berbagai bidang untuk menarik bakat yang tepat guna membantu membangun platform. Kementerian mengatakan bahwa itu akan menjadi tuan rumah kegiatan kreatif berorientasi komunitas, kontes pengembang metaverse dan hackathon.

Simon Kim selaku CEO Hashed menunjukkan bahwa platform metaverse baru memiliki fokus khusus untuk meningkatkan ekspansi komersial dengan memberikan dukungan keuangan bagi para peserta. 

“Ini masalah regulasi yang harus lebih diperhatikan pemerintah. Di Korea, penerbitan game NFT dilarang, dan penerbitan token juga dilarang.”

Sementara Hashed sendiri merupakan venture capital dan inkubator ekosistem crypto Korea Selatan yang telah berinvestasi dalam proyek metaverse seperti Decentraland dan The Sandbox.

Selain Simon, Jason Ye yang merupakan salah satu pendiri akselerator ekosistem multichain DeSpread, juga menyebut pendanaan baru ini sebagai “sinyal positif“. 

“Perusahaan luar biasa yang membangun ekonomi digital di metaverse akan dapat berkembang dengan dukungan pemerintah Korea.”

Sementara itu, Pemerintah kota Seoul juga telah menjajaki opsi mengenai ruang metaverse publik sejak tahun lalu. November lalu, rencana tentatif untuk “Metaverse 120 Center” diumumkan.

Baca Juga: Metaverse Dinodai Kasus Pelecehan Seksual

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.