Kandidat Presiden Korea Selatan Gunakan NFT untuk Kampanye

Rossetti Syarief

5th January, 2022

Seorang kandidat presiden di Korea Selatan bernama Lee Jae Myung berencana untuk menggalang dana kampanyenya dengan menggunakan NFT. 

Pernyataan tersebut dilansir oleh Yonhap News dengan mengatakan strategi sang kandidat bersifat finansial dan mewakili masyarakat millennial.

“Karena generasi muda berusia 20-an dan 30-an tertarik pada teknologi yang berkembang saat ini, termasuk aset virtual, NFT, dan Metaverse, jenis penggalangan dana ini dapat menarik bagi mereka,” Kim Nam-kook, seorang pejabat kampanye Lee, mengatakan kepada Yonhap News.

Sementara itu, partai Demokrat yang mengusung Lee Jae Myung sebagai presiden tersebut akan mengeluarkan NFT yang menyertakan citra Lee.

Tim dibalik partai juga akan mengeluarkan ‘janji-janji pemilu’ kepada warga setempat yang menyumbang untuk kampanyenya. Pemilihan sendiri telah dijadwalkan berlangsung pada 9 Maret.

“Sudah saatnya kami melakukan eksperimen inovatif untuk meningkatkan pemahaman kami tentang teknologi masa depan ini dan mengubah persepsi mata uang digital dan NFT,” tambah Lee.

Bagaimana Cryptocurrency Diberlakukan di Korea

Pada bulan Maret tahun lalu, Korea Selatan memperkenalkan aturan pelaporan yang baru untuk perusahaan crypto. 

Peraturan tersebut lebih meng-highlight pada rezim anti pencucian uang negara tersebut. Ketidakpatuhan dalam menjalankan peraturan dapat mengakibatkan denda hingga $44.000 atau bahkan hukuman penjara lima tahun.

Pada bulan November, regulator keuangan Korea Selatan juga mengisyaratkan gagasan bahwa pemerintah dapat segera mengenakan pajak NFT.

Jadi bisa dikatakan, masyarakat dan pemerintahan setempat memang telah mendukung sektor ini.

Baca Juga: Korea Selatan Secara Resmi Menerima Cryptocurrency

NFT dan politisi

Sementara itu, penggunaan NFT untuk ranah politik sebenarnya bukan hal yang asing, karena kampanye Lee Jae Myung bukan yang satu-satunya.

Pada Oktober tahun lalu, mantan kandidat presiden Amerika Serikat Andrew Yang ikut merilis kolaborasi NFT dengan Bankless.

Yang meyakini hasil dari penjualan NFT yang ia berikan pada Forward Party terbarunya akan memperbaiki kebuntuan politik di negara tersebut.

Di Arizona, calon Senat Blake Masters menawarkan kepada para donatur NFT ‘Zero to One’ berdasarkan sampul awal bukunya, Zero to One.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.