Berita Industri · 7 min read

5 Kegunaan Web3 yang Perlu Kamu Tahu!

kegunaan web3

Web3 merupakan kemajuan dari internet Web2 yang saat ini sedang kita alami, di Web2 pengguna dimungkinkan untuk membuat dan mempublikasikan konten. Namun, perusahaan teknologi yang lebih besarlah yang memiliki konten itu, mereka menerima pendapatan iklan yang dihasilkan konten tersebut.

Di Web2 perusahaan memiliki data pribadi pengguna yang memberi mereka wawasan unik yang mereka monetisasi, dan mereka mengontrol siapa yang memiliki akses ke platform mereka.

Sedangkan di Web3 data akan menjadi lebih terdesentralisasi dan memungkinkan pembuat konten untuk memiliki konten dan memonetisasi konten mereka dengan lebih leluasa. 

Untuk mewujudkan Web3 ini internet akan diatur untuk didukung oleh blockchain tanpa izin. Alih-alih mengandalkan akun yang disediakan oleh perusahaan, web3 akan mengandalkan akun non-kustodial yang disebut dompet kripto.

Baca juga: Memahami Web 3.0, Evolusi Internet, dan Efek untuk Crypto

Melalui gateway yang membuka akses blockchain ini, pengguna dapat mengontrol aset mereka dan menyebarkannya di tempat yang mereka inginkan. Beberapa contoh kasus penggunaan Web3 yang dapat kita gunakan dan rasakan manfaatnya di antaranya adalah sebagai berikut. 

Metaverse

Metaverse menyiratkan penggabungan virtual dari dunia nyata, berlapis di atas dunia fisik tempat seseorang masuk dengan kacamata VR, sebagai salah satu contoh paling umum.

Di web3, internet menjadi tempat virtual yang terhubung lebih mulus dengan menghubungkan beberapa jaringan ke dalam jaringan meta. Untuk menikmati ini akan membutuhkan dompet digital yang nantinya bisa saja menggunakan blockchain, menggunakan mata uang digital atau NFT, memiliki perangkat pendukung dan lain sebagainya. 

Baca juga: Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Mas Depannya

Blockchain Gaming

Game Blockchain secara intrinsik terkait dengan konsep metaverse. Game blockchain juga menciptakan industri yang berdekatan guild game P2E.

Karena beberapa game blockchain memerlukan NFT yang dapat dimainkan untuk mulai bermain, platform web3 ini (YGG, Avocado DAO, GGG) meminjamkan dana yang diperlukan pemain.

Pemain hanya perlu menghubungkan dompet digital mereka untuk meminjam koin atau NFT. Pada gilirannya, pemberi pinjaman menerima hasil setelah gamer P2E mulai mendapatkan dana kripto dengan memainkan game.

Inilah sebabnya mengapa banyak game blockchain menggabungkan keuangan dan game secara lebih eksplisit yang disebut sebagai GameFi baru.

Dikutip dari Beincrypto, jam video game yang dihabiskan terus meningkat, dengan rata-rata 16,5 jam per minggu pada tahun 2021, game blockchain adalah aplikasi web3 yang paling cepat untuk menunjukan perkembangannya.

Karena itu bisa disebut bahwa game blockchain adalah pendorong utama Web3. Tidak hanya menggabungkan keuangan dengan permainan, tetapi gamifikasi pengalaman membuat metaverse lebih menarik.

Baca juga: 5 Game Berbasis Blockchain Terbaik!

DAO

DAO adalah Decentralized Autonomous Organization, merupakan suatu perusahaan atau organisasi yang dijalankan oleh sistem yang terdapat pada program, semua keputusan dikontrol oleh pemegang saham bukan pemerintah pusat. 

Dalam prosesnya DAO ini memiliki aturan yang dikodekan dalam kontrak pintar dan digunakan di blockchain. Smart contract DAO mengumpulkan token dari pemegang token.

Token ini kemudian merupakan dana yang akan digunakan untuk proyek tertentu dan berfungsi sebagai bobot voting proporsional. 

DAO juga dapat digunakan sebagai alat crowdsourcing untuk membuat platform Web3 dan mungkin saja platform ini akan menjadi akan ramai digunakan di era Web3 nanti, karena sifatnya yang lebih transparan dan terdesentralisasi.

Perbaikan di Media Sosial 

Di Web2 jika pengguna menghasilkan pendapatan iklan yang besar, hampir semua penghasilan di atur oleh platform media sosial yang mereka gunakan.

Lebih buruk lagi, model bisnis itu sendiri dapat menjadi titik kerentanan karena perusahaan periklanan dapat menekan platform untuk menghapus akun, model bisnis terpusat ini juga rentan terhadap peretasan atau bahkan manipulasi data. Di era Web3 ada solusi untuk menghilangkan kerentanan media sosial yang terpusat, contoh awal adalah Lens Protocol  dari AAVE. 

Lens menggunakan NFT dan kontrak pintar untuk membuat alat untuk mengembangkan jaringan media sosial. Dengan Lens pembuat konten dapat menyesuaikan jejak media sosial mereka sendiri, memonetisasinya, dan mengontrolnya dari atas ke bawah, tanpa campur tangan perusahaan.

Seperti platform blockchain tanpa izin lainnya, pengguna  Lens akan memanfaatkan dompet non-penahanan sebagai titik masuk untuk tata kelola mandiri ini. 

Cara kerja Lens ini sesuai dengan sifat Web3 yang terdesentralisasi, dan jika era internet baru ini semakin masif bukan tidak mungkin kita akan melihat platform media sosial akan menerapkan konsep yang digunakan Lens.

Di tahap awal Web3 ini pun beberapa platform media sosial Web2 seperti Instagram dan Twitter pun sudah mulai memasukan NFT ke dalam platformnya. 

Web3 juga dapat mulai dilihat di Reddit yang  telah memanfaatkan NFT avatar dan token dengan baik untuk menghargai kualitas komentar. 

Baca juga: Yuk! Mengenal Apa itu NFT

DeFi

Keuangan terdesentralisasi (DeFi) mungkin dikenal sebagai pondasi web3, dihosting di jaringan blockchain dan digunakan oleh kontrak pintar. Aplikasi desentralisasi (DApps) DeFi mencakup seluruh jajaran keuangan tradisional, tetapi tanpa bank atau pembuat pasar.

DApps seperti Aave atau Curve memberi pengguna pinjaman otomatis, asalkan pengguna menyetor agunan dalam kontrak pintar terlebih dahulu.

DApps yang didukung oleh Blockchain bahkan dapat mentokenisasi derivatif saham, mata uang fiat, dan komoditas seperti emas dan perak.

Misalnya, Synthetix melakukan ini dengan menghubungkan nilai dasarnya dengan bantuan Chainlink (LINK), sehingga membuatnya tersedia untuk perdagangan on-chain.

Ini berarti bahwa orang-orang di negara berkembang bisa masuk ke investasi keuangan tinggi. Selain game P2E yang disebutkan di atas, DeFi dapat mengubah pengguna menjadi pembuat pasar.

Baca juga: Apa itu DApps (Decentralized Applications) dan Cara Membuatnya

Itu dia berbagai kegunaan yang akan dibawa Web3, dengan kemajuan internet ini masyarakat akan memiliki kuasa atas data mereka dan kebebasan dalam melakukan berbagai hal.

Salah satunya adalah menggunakan layanan keuangan yang dibawa oleh DeFi, game blockchain pun akan memberikan pengalaman menarik yang membuat pemainnya bisa terkoneksi dengan berbagai hal dari crypto, NFT, dan lain sebagainya. Siap menantikan perkembagan dan manfaat dari Web3 lainnya?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.