Berita Exchange · 7 min read

Harga Kripto Positif, Korea Selatan Hadapi Fenomena Kimchi Premium

kripto korea lebih mahal

Bitcoin mengalami lonjakan yang signifikan ke level harga US$44.000. Level itu menjadi tertinggi terbaru sepanjang tahun 2023 di level. Kenaikan harga BTC pun menciptakan fenomena Kimchi Premium di Korea Selatan.  

Baca juga: Harga Bitcoin US$44 Ribu, Valuasi Kalahkan Meta dan Berkshire

Kimchi Premium adalah fenomena saat aset kripto di Korea Selatan diperdagangkan lebih tinggi dibandingkan dengan harga global. Saat artikel ini dirilis, harga Bitcoin secara global diperdagangkan di level US$43.500. Sedangkan, di pertukaran kripto negeri ginseng seperti Upbit, Bithumb, dan Coinone, harga BTC diperdagangkan di level US$45.000 atau lebih tinggi, yaitu US$1.500 lebih tinggi daripada harga global.

Tren premium ini tidak hanya terjadi pada Bitcoin. Ethereum dan Solana juga diperdagangkan dengan harga lebih tinggi di Korea Selatan. Misalnya, Ethereum, dengan harga rata-rata global US$2.268, diperdagangkan di Upbit pada US$2.237. Demikian pula, harga Solana secara global sebesar US$63 sedangkan di Upbit berada di US$65. 

Baca juga: Harga Solana (SOL) Melambung Usai Dipuji Cathie Wood

Dominasi Korea Won Salip Dolar AS

Perbedaan harga kripto secara global dengan Korea Selatan tak lepas dari dominasi Korea Won (KRW) dalam perdagangan mata uang kripto, melampaui Dolar Amerika Serikat sebagai pasangan perdagangan fiat teratas. KRW menurut laporan Bloomberg, menyumbang 42,8% dari aktivitas perdagangan fiat Bitcoin pada bulan November, melampaui USD. 

Sementara itu, temuan CCData mengungkapkan peningkatan substansial dalam pangsa pasar pertukaran kripto yang berbasis di Korea Selatan, meningkat menjadi 12,9% pada bulan November dibandingkan dengan 5,2% pada awal tahun.

Platform seperti Upbit telah memberikan kontribusi signifikan terhadap lonjakan aktivitas perdagangan di bursa terpusat di negara Asia Timur.

Lonjakan aktivitas perdagangan sejalan dengan peningkatan yang lebih luas dalam volume perdagangan secara keseluruhan sepanjang bulan Oktober dan November.

Baca juga: Trader Korea Selatan Dorong Lonjakan Volume Aset Kripto Global

Peluang Kimchi Premium untuk Arbitrase

Fenomena ‘Kimchi Premium’ menggarisbawahi dinamika pasar yang unik di Korea Selatan. Hal ini mencerminkan tingginya permintaan dan sentimen bullish di kalangan investor Korea Selatan terhadap mata uang kripto.

Di sisi lain, Kimchi Premium dapat menjadi cara untuk mendapatkan keuntungan melalui proses arbitrase. Investor bisa membeli mata uang kripto dengan harga lebih tinggi di Korea Selatan, didorong oleh terbatasnya pasokan dan tingginya permintaan.

Cara untuk mendapatkan keuntungan, investor mentransfer asetnya ke exchange luar negeri dengan harga lebih murah. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan manajemen risiko tinggi. 

Arbitrase berbeda negara ini juga masih menghadapi sejumlah tantangan seperti hambatan peraturan, biaya transaksi, dan masalah translasi mata uang, serta risiko inheren berupa volatilitas pasar dan perubahan peraturan.

Baca juga: Mengenal Arbitrase Kripto

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.